Ide Bolasalju

Ide Bolasalju adalah rekomendasi investasi siap eksekusi yang dipilih memakai paradigma investasi nilai (value investing) berdasarkan analisa fundamental komprehensif. Kami percaya ide-ide kami berisi saham-saham yang murah, aman, berisiko rendah, mempunyai potensi menguntungkan dan berkelanjutan.

Kinerja

Kinerja Jangka Panjang Terpantau

Membuat kinerja terseleksi saham-saham yang positif harian, mingguan, atau bulanan, itu gampang. Dari 10 saham pasti ada yang naik. Tapi juga ada yang turun. Apa yang turun ditampilkan? Bagaimana pula bobot investasi? Itu jelas berpengaruh terhadap kinerja. Itu pun kinerja jangka pendek. Ada lagi yang hanya menyoroti kinerja masa lalu satu atau dua saham yang MEMANG telah naik.

Yang tidak mudah adalah kinerja akumulasi hanya dari saham-saham yang sudah terseleksi. Anggota Premium bisa mengecek bukti transaksi dan efek terhadap kinerjanya saat analisa terbit.

Kinerja Ide Bolasalju per September 2019
Kinerja Ide Bolasalju per September 2019

Baca pengantar kinerja Ide Bolasalju: September, Agustus, Juli, Juni, Mei, April, Maret, FebruariJanuari 2019, Desember 2018NovemberOktoberSeptemberAgustusJuliJuni, dan Mei 2018 (mulai).

Ide

Ide Beli

Analisa hanya bisa bisa diakses oleh Anggota Premium ?. Silakan daftar atau masuk jika sudah berlangganan.

Analisa

Daftar Analisa Terkait Ide Bolasalju

Analisa hanya bisa bisa diakses oleh Anggota Premium ?. Silakan daftar atau masuk jika sudah berlangganan.

Mekanisme

Sekilas Ide Investasi Bolasalju

Pada 15 Mei 2018 Bolasalju meluncurkan Ide Investasi Bolasalju yang menjadi tonggak sejarah penting setelah 8 tahun berdiri.

Bolasalju menerbitkan beragam analisa emiten: dari yang mau IPO, emiten baru, atau lama. Tidak semua analisa berisi ide investasi. Ide kami adalah rekomendasi investasi siap eksekusi berorientasi jangka panjang yang dipilih memakai paradigma investasi nilai berdasarkan analisa fundamental komprehensif. Setiap ide kami pantau rekam jejak kinerjanya.

Tidak setiap analis merekam kinerja rekomendasi mereka. Saya berharap hal ini tidak membuat kami terlihat bodoh jika hasilnya buruk. Meski kami punya keyakinan penuh. Kami memantau kinerja ide agar jika ada kesalahan bisa segera mengevaluasi; jika ada kesuksesan, semoga pelanggan bisa menikmatinya. Kami pelaku walk the talkdengan rekam jejak 8 tahun yang bisa dipantau setiap saat. Tak ada salahnya menambah satu pantauan kinerja lagi.

Setiap analisa Bolasalju akan menyampaikan secara terbuka apa yang baik dan buruk. Begitu pula saat materi ada kekurangan atau kekeliruan kami akan sampaikan dan merevisi secepatnya. Kami berusaha mengurangi kekeliruan dalam analisa dengan menyajikan argumen dan data komprehensif. Bolasalju akan mencari peluang investasi terbaik sebagaimana saya meriset ide investasi untuk diri sendiri.

Kami menjunjung integritas karena ini adalah masa depan Anda dan kami. Saya berharap kita bisa tumbuh bersama.

Mekanisme Pemantauan Kinerja Ide Investasi Bolasalju

  • Setiap analisa investasi berisi ide akan tampil di halaman Ide. Notifikasi ide akan dikirim via email ke pelanggan
  • Setiap terbit analisa berisi ide investasi beli, kita akan mensimulasikan dengan berinvestasi senilai Rp10 juta rupiah di saham itu. Karena sifat simulasi, maka jumlah saham bisa dalam pecahan dan tidak selalu mengikuti aturan lot di bursa. Simulasi pembelian senilai rupiah yang sama memberi kesempatan adil bagi saham berharga murah atau mahal.
  • Satu saham bisa mempunyai satu atau lebih ide investasi beli setelah melalui perkembangan tertentu, yaitu: harganya yang turun atau kinerja perusahannya lebih bagus.
  • Saham dari ide beli akan dijual (keluar) saat: 1) target harga tercapai; atau, 2) jika ada rekomendasi baru berdasarkan perkembangan di masa depan. Simulasi keluar investasi adalah penjualan seluruh unit saham itu berapapun nilai terakhirnya.
  • Jika posisi keluar investasi terjadi lebih dari satu tahun, maka kinerja ide saham itu akan terekam sebagai perkembangan nilai investasi yang terus berjalan. Jika ada kinerja rugi akan menjadi pengurang kinerja total.
  • Selisih nilai pasar saham-saham ide akan dihitung sebagai laba/rugi investasi
  • Laba investasi akan terus dibawa sebagai hasil ide. Contoh modal awal investasi Rp30 juta, saat akhir keluar ide tersebut sudah senilai Rp42 juta, maka Rp12 juta adalah laba investasi yang akan terus dihitung dalam kinerja Ide.
  • Hasil dari dividen juga akan terus dibawa sebagai tambahan hasil investasi.
  • Kinerja Ide adalah agregat nilai pasar semua sahamnya ditambah laba investasi dan dividen. Hasil kinerja investasi disajikan dalam persentase. Pemantauan kinerja dimulai sejak Mei 2018.
  • Agar kinerja Ide rasional, kebijakan kami (mulai Mei 2019): a) saat masuk investasi, kami akan memakai angka indeks yang lebih besar di antara indeks per akhir bulan sebelunya dibandingkan saat ide keluar; b) saat menjual, kami akan memakai harga saham terakhir saat keluar dan kalkulasi laba dihitung akhir bulan.
  • Kinerja dicatat dalam model reksadana.

Beberapa Perbedaan dengan Pelaksanaan Investasi Nyata oleh Investor

  • Ide Investasi Bolasalju bisa terdiri dari dua hingga lebih dari puluhan saham. Dalam langkah nyata investor bisa fokus hanya di beberapa saham yang mereka suka.
  • Kami akan keluar investasi saat target harga atau rekomendasi jual terbit. Dalam langkah nyata investor bisa tetap memegang investasi seterusnya jika saham masih prospektif sehingga keuntungannya masih bisa bertambah lebih besar.
  • Kinerja diukur dari selisih nilai akhir dan nilai awal investasi, bukan dari rata-rata persentase hasil investasi setiap ide. Saham berkinerja 30%, 22%, dan 11% rata-ratanya adalah 21%. Hasilnya akan sama jika diukur dengan model reksadana.
  • Kelebihan model reksadana jika langkah keluar investasi terjadi lebih dari 1 tahun, maka kita pun bisa mengukurnya secara adil, sementara kinerja rata-rata tidak bisa. Model reksadana juga bisa menghitung hasil tambahan dari dividen.
  • Kinerja ide bisa lebih kecil atau lebih besar dibanding langkah investasi nyata investor yang memilih beberapa saham.

Sumber asalMekanisme Pemantauan Kinerja Ide Investasi Bolasalju

Jadilah Anggota Premium, Tumbuh Bersama Ide Bolasalju

  • Akses Ide Bolasalju — selama beroperasi telah terbit 10 ide, 9 ide masih layak investasi hingga sekarang.
  • Dapatkan analisa fundamental (baik ide atau bukan), minimal 3 kali sebulan. Fokus kami bukan jumlah, tapi kualitas dan kinerja.
  • Akses Pantauan (Watchlist)
  • Akses Catatan Investasi
  • Potensi hasil investasi mengikuti kinerja Ide. Mari tumbuh bersama.
  • Anda seperti mendapat jasa konsultan investasi yang terjangkau dan dekat.
  • Ikut dukung edukasi investasi berkualitas.

Target Tercapai

Ide Bolasalju #06 (BTPS) keluar per 25/4/2019
Ide Bolasalju #06 (BTPS) keluar per 25/4/2019

#06. BTPS: Rp1.925 (3/1/2019) target harga Rp2.417 (+25,56%)—keluar per 25/4/2019 di harga Rp2.420[S]
PT BTPN Syariah Tbk—Perbankan/Bank Syariah

  • Total return +52,97%. Rata-rata keuntungan +42,51%
  • Analisa 4 Januari 2019 (UPGRADE): Rp1.925—P/E 14,9x (versus 15,29x)— 3,6x nilai buku (stabil) — tanpa dividen—aset Rp11,66 triliun—ekuitas Rp3,8 triliun—kapitalisasi pasar Rp14,02 triliun.
  • Baca: Catatan dari Investor Summit 2018 sesi BTPS ?
  • Analisa 27 Juli 2018 (UPGRADE): Rp1.620—P/E 15,29x—3,62x nilai buku— tanpa dividen—aset Rp10,73 triliun—ekuitas Rp3,44 triliun—kapitalisasi pasar Rp12,47 triliun
  • Analisa 12 Juli 2018 (INITIATE) : Rp1.580—P/E 15,46x —3,62x nilai buku— tanpa dividen—aset Rp10,37 triliun—ekuitas Rp3,36 triliun—kapitalisasi pasar Rp12,17 triliun

Unduh Contoh Analisa BTPS
(Daftar akun Bolasalju.com sebelum membeli gratis)


Disclaimer/penyangkalan: Semua informasi yang terkandung di sini diperoleh oleh Bolasalju dari sumber-sumber yang dipercaya akurat dan dapat diandalkan. Namun, informasi tersebut disajikan “sebagaimana adanya,” tanpa jaminan apa pun, dan Bolasalju, khususnya, tidak membuat pernyataan atau jaminan, tersurat maupun tersirat, mengenai keakuratan, ketepatan waktu, atau kelengkapan informasi tersebut atau sehubungan dengan hasil yang akan diperoleh dari penggunaannya. Bolasalju memiliki kebijakan ketat yang melarang penggunaan informasi orang dalam. Semua ungkapan pendapat dapat berubah tanpa pemberitahuan, dan Bolasalju tidak berkewajiban memperbarui atau melengkapi laporan ini atau informasi apa pun yang terkandung di sini. Anda harus menganggap bahwa tim Bolasalju masuk/berinvestasi ke dalam transaksi sekuritas yang dibahas dalam laporannya sebelum dan sesudah waktu yang ditetapkan Bolasalju untuk mengeluarkan laporan. Kinerja masa lampau tidak menjamin kinerja di masa depan. Ide dan rekomendasi tidak menjamin harga saham akan naik. Bolasalju tidak bertanggungjawab terhadap hasil investasi orang lain.

Pembaca tunduk pada Disclaimer dan dianggap menyetujui pernyataan ini dan mengikat.

Hak Cipta 2019 Bolasalju (Arif R. Widianto)
Lisensi penggunaan materi ini adalah untuk perorangan atau pribadi pelanggan. Dilarang menyebarkan dokumen ini dalam bentuk apa pun, digital, cetak, presentasi, suara, melalui media apa pun.


Pemutakhiran terakhir: 6 Oktober 2019
Penerbitan: 15 Mei 2018, halaman awal

Daftar Emiten di BEI: AALI, ABDA, ABMM, ACES, ACST, ADES, ADHI, ADMF, ADMG, ADRO, AGII, AGRO, AGRS, AHAP, AIMS, AKPI, AKRA, AKSI, ALDO, ALKA, ALMI, AMAG, AMFG, AMIN, AMRT, ANJT, ANTM, APIC, APII, APLN, APOL, ARGO, ARII, ARNA, ARTA, ASBI, ASDM, ASGR, ASII, ASJT, ASMI, ASRI, ASRM, ASSA, ATIC, AUTO, BABP, BACA, BAJA, BALI, BAPA, BAYU, BBCA, BBHI, BBKP, BBLD, BBMD, BBNI, BBNP, BBRI, BBRM, BBTN, BBYB, BCAP, BCIP, BDMN, BEKS, BEST, BFIN, BGTG, BHIT, BIKA, BIMA, BINA, BIPP, BIRD, BISI, BJBR, BJTM, BKDP, BKSL, BKSW, BLTA, BLTZ, BMAS, BMRI, BMSR, BMTR, BNBA, BNBR, BNGA, BNII, BNLI, BOGA, BOLT, BPFI, BPII, BRAM, BRMS, BRNA, BRPT, BSDE, BSIM, BSSR, BSWD, BTON, BTPN, BUDI, BUKK, BULL, BUMI, BUVA, BVIC, BWPT, BYAN, CASA, CASS, CEKA, CENT, CFIN, CINT, CITA, CLPI, CMNP, CMPP, CNKO, COWL, CPIN, CSAP, CTBN, CTRA, CTTH, DART, DAYA, DEFI, DGIK, DILD, DKFT, DLTA, DMAS, DNAR, DNET, DOID, DPUM, DSFI, DSNG, DSSA, DUTI, DVLA, DYAN, ECII, EKAD, ELSA, EMDE, EMTK, EPMT, ERAA, ERTX, ESSA, ESTI, EXCL, FAST, FASW, FISH, FMII, FORU, FPNI, FREN, GAMA, GDST, GDTX, GDYR, GEMA, GEMS, GGRM, GIAA, GJTL, GMTD, GOLD, GOLL, GPRA, GSMF, GWSA, GZCO, HADE, HDFA, HERO, HITS, HMSP, HOME, HOTL, HRUM, IATA, IBFN, IBST, ICBP, ICON, IDPR, IGAR, IIKP, IKAI, IMAS, IMJS, IMPC, INAI, INCF, INCI, INCO, INDF, INDR, INDS, INDX, INDY, INKP, INPC, INPP, INRU, INTA, INTD, INTP, IPOL, ISAT, ISSP, ITMG, JAWA, JECC, JGLE, JIHD, JKON, JKSW, JPFA, JPRS, JRPT, JSMR, JSPT, JTPE, KAEF, KARW, KBLI, KBLV, KBRI, KDSI, KIAS, KICI, KIJA, KINO, KKGI, KLBF, KOBX, KOIN, KONI, KOPI, KPIG, KRAS, KREN, LAPD, LEAD, LINK, LMSH, LPCK, LPGI, LPKR, LPLI, LPPF, LPPS, LRNA, LSIP, LTLS, MAIN, MAMI, MAPI, MARI, MASA, MAYA, MBAP, MBSS, MBTO, MCOR, MDIA, MDKA, MDLN, MEDC, MEGA, MERK, META, MFIN, MFMI, MGNA, MICE, MIDI, MIKA, MIRA, MITI, MKNT, MKPI, MLBI, MLPL, MLPT, MMLP, MNCN, MPMX, MPPA, MRAT, MREI, MSKY, MTDL, MTLA, MTRA, MTSM, MYOH, MYOR, MYTX, NAGA, NELY, NIKL, NIRO, NISP, NOBU, NRCA, OASA, OCAP, OMRE, PADI, PALM, PANR, PANS, PBSA, PDES, PEGE, PGAS, PGLI, PICO, PJAA, PKPK, PLAS, PLIN, PNBN, PNBS, PNIN, PNLF, PNSE, POLY, POOL, POWR, PPRO, PRAS, PRDA, PSAB, PSKT, PTBA, PTIS, PTRO, PTSN, PTSP, PUDP, PWON, PYFA, RAJA, RALS, RANC, RBMS, RDTX, RICY, RIGS, RIMO, RMBA, RODA, ROTI, RUIS, SAME, SCBD, SCCO, SCMA, SDMU, SDPC, SDRA, SGRO, SHID, SHIP, SIAP, SIDO, SILO, SIMA, SIMP, SIPD, SKBM, SKLT, SMAR, SMBR, SMDM, SMDR, SMGR, SMMA, SMMT, SMRA, SMRU, SMSM, SOCI, SONA, SPMA, SRAJ, SRIL, SRSN, SRTG, SSIA, SSMS, STAR, SULI, SUPR, TALF, TARA, TAXI, TBIG, TBLA, TBMS, TCID, TELE, TFCO, TGKA, TIFA, TINS, TIRT, TKIM, TLKM, TMAS, TMPI, TOBA, TOTL, TOWR, TPIA, TPMA, TRAM, TRIL, TRIM, TRIS, TRST, TRUS, TSPC, TURI, ULTJ, UNIC, UNIT, UNTR, UNVR, VICO, VINS, VIVA, VOKS, VRNA, WEHA, WICO, WIIM, WIKA, WINS, WOMF, WSBP, WSKT, WTON, dan YPAS.