Ide Bolasalju

Ide Bolasalju adalah analisa yang terpilih secara kualitas dan juga mempunyai ruang upside yang lumayan (minimal 25%). Seleksi saham menganut paradigma investasi nilai (value investing) berdasarkan analisa fundamental komprehensif. Kami juga menganut paradigma investasi dalam bisnis berkualitas yang mempunyai pertumbuhan menarik. Kami percaya ide kami berisi saham-saham yang murah, aman, berisiko rendah, dan berpotensi menguntungkan.

Member bisa memanfaatkan Ide Bolasalju untuk belajar, inspirasi, atau mengkonfirmasi analisa pribadi. Kami memanfaatkan saham pilihan dalam Ide Bolasalju untuk menunjang kegiatan investasi pribadi serta mencontohkannya dalam Portofolio Virtual Ide Bolasalju.

Ide

PENTING: Ide Bolasalju dimulai sejak 15 Mei 2018. Konsep Ide Bolasalju kami restart dengan model baru mulai 1 Januari 2020 yang kemudian menghadirkan Porto Virtual Ide Bolasalju. Baca Kilas Balik 9 Tahun Bolasalju. Silakan pelajari di tab Mekanisme.

Dalam menimbang apakah perusahaan layak masuk Ide Bolasalju, kami menggunakan Daftar Cek Analisa Investasi (daftar rutin kami mutakhirkan).

Ide Beli

Analisa hanya bisa bisa diakses oleh Anggota Klub Investor Bolasalju. Silakan masuk jika sudah berlangganan.

Analisa

Daftar Analisa Terkait Ide Bolasalju

Transaksi

Daftar Transaksi Portofolio Bolasalju

Kinerja

Kinerja Jangka Panjang

Kinerja Portofolio Virtual September 2020
Kinerja Portofolio Virtual September 2020 (klik untuk besar)

Baca pengantar kinerja Ide Bolasalju: Agustus 2020, Juli, Juni, Mei, April, Maret 2020, Desember 2019, November, Oktober, September, Agustus, Juli, Juni, Mei, April, Maret, FebruariJanuari 2019, Desember 2018NovemberOktoberSeptemberAgustusJuliJuni, dan Mei 2018 (mulai).


Kami tidak pernah meng-highlight kinerja saham individual. Menurut kami itu tidak relevan. Kami rutin memantau kinerja sebagai pembelajaran dan evaluasi.

Misalnya: saham AAAA naik 10% setelah seminggu, saham BBBB naik 3% setelah 1 hari, saham CCCC naik 40% dalam 3 bulan. Kami pernah meraih kinerja saham jangka pendek dari puluhan persen hingga 500% dalam waktu kurang dari setahun. Kinerja seperti itu adalah jangka pendek. Tapi kami tidak pernah menonjolkan kinerja jangka pendek karena itu semua tidak relevan untuk investasi jangka panjang. Apalagi alasan lain.

Membuat kinerja individual saham yang positif dalam waktu temporer itu gampang. Dari 10 saham dalam sebuah daftar, pasti ada yang harganya naik dalam jangka pendek. Padahal, pasti ada saham-saham lain yang turun. Tanyakan kepada mereka yang menunjukkan kinerja temporer itu, apa yang turun ditampilkan?

Bagaimana pula bobot investasi. Seseorang punya saham A sebanyak 10% dari seluruh portofolio investasinya. Di saham B ia hanya punya 5%. Di saham C dan lainnya ia punya antara 1-2%. Kinerja ratusan persen saham C tidak banyak mempengaruhi kinerja portofolio. Bobot akan mempengaruhi kinerja investasi. Konyolnya ada yang hanya menyoroti kinerja masa lalu satu atau dua saham yang MEMANG telah naik. Buat apa menunjukkan kinerja masa lalu dari saham-saham yang sengaja dipilih sudah naik ribuan atau belasan persen?

Kami adalah value investor. Kami fokus untuk meraih kinerja jangka panjang terbaik. Kami hanya mengevaluasi kinerja jangka panjang.

Yang tidak mudah adalah kinerja akumulasi hanya dari saham-saham yang sudah terseleksi. Itulah yang kami lakukan. Bolasalju membuka kinerja, pelanggan bisa mengecek masing-masing transaksi. Semua kami lakukan sebagai evaluasi, bukti, dan sekaligus agar bisa menjadi sarana belajar dan inspirasi untuk pelanggan. Sejak 2010, kami secara terbuka membuka kinerja jangka panjang karena kami melakukan apa yang kami ucapkan (walk the talk).

Mekanisme

Sekilas Ide Investasi Bolasalju

Ide Bolasalju dimulai sejak 15 Mei 2018 Bolasalju. Konsep Ide Bolasalju kami restart dengan model baru mulai 1 Januari 2020 yang kemudian menghadirkan Porto Virtual Ide Bolasalju.

Mekanisme Ide Bolasalju per 1 Januari 2020

Analisa Ide Bolasalju

  • Analisa hanya bersifat sebuah analisis, bukan analisa untuk mendukung suatu kegiatan investasi. Obyektifnya: (1) kami bisa menerbitkan Ide Bolasalju lebih banyak tanpa harus mengambil posisi investasi. (2) Anggota Klub Investor bisa membaca lebih banyak Ide Bolasalju
  • Setiap analisa yang masuk Ide Bolasalju akan tampil di halaman Ide.
  • Sifat analisa Ide Bolasalju terdiri dari beberapa kategori rekomendasi: BELI, JUAL, HOLD (karena sifat overvalued), dan PERINGATAN. Analisa terproteksi lain tidak mempunyai kategorisasi ini.
  • Karena sifat waktu dan kecepatan, kami bisa menerbitkan analisa ringkas berupa pointer-pointer untuk mendukung argumen Ide Bolasalju.
  • Dalam menimbang apakah perusahaan layak masuk Ide Bolasalju, kami menggunakan Daftar Cek Analisa Investasi ini (daftar akan selalu kami mutakhirkan).

Portofolio Virtual Ide Bolasalju (Portofolio)

  • Portofolio diperlakukan mirip sebuah rekening investasi, dengan ada transaksi pembelian dan penjualan.
  • Portofolio hanya bertransaksi dalam saham-saham yang lolos Ide Bolasalju (analisa di atas). Tidak ada batasan transaksi per saham. Batasan transaksi hanyalah jumlah dana yang ada dalam portofolio virtual.
  • Basis dana awal portofolio sejak 1 Januari 2020 adalah Rp100.000.000 (seratus juta) dan tidak akan ada tambahan dana lagi selamanya agar kinerjanya realistis. Dana sejumlah Rp100 juta diharapkan realistis, tidak terlalu kecil, tapi juga tidak terlalu besar, sehingga beberapa posisi ide diharapkan bisa dilakukan oleh siapa saja.
  • Karena bersifat sebuah transaksi portofolio independen (dibanding daftar Ide Bolasalju), kami akan melaporkan data transaksi pada akhir hari kerja untuk transaksi hari itu. Pelanggan bisa mengecek buktinya di spreadsheet terkait. Setiap laporan transaksi akan dimuat di rubrik portofolio (terproteksi).
  • Tidak ada batasan jumlah saham dalam portofolio, meski kami menyukai posisi minimalis.
  • Laba, dividen (dikurangi pajak 10%), dan biaya (beli/jual + komisi) akan dihitung dalam portofolio. Jadi setiap kerugian, tambahan dana dari dividen, dan keuntungan akan mempengaruhi kinerja portofolio. Basis komisi 0,2% beli dan 0,3% untuk jual, serta akan diupdate mengikuti biaya yang riil.
  • Pelaporan kinerja portofolio dilakukan bulanan. Tidak harus setiap saat ada transaksi. Kinerja dicatat dalam model reksadana.
  • Kalkulasi kinerja portofolio dihitung dengan basis unit Rp1000 per unit. Berhubung Ide Bolasalju sudah mulai sejak Mei 2018, maka kinerja lama akan diselesaikan hingga 31 Desember 2019. Angka basis indeks (NAB/UP) akan dibawa ke kinerja Ide Bolasalju selanjutnya mulai 1 Januari 2020. Misalnya: kinerja indeks per 31 Desember 2019 adalah 1.168,3360, angka ini yang akan dipakai sebagai awal indeks, bukan 1.000. Demikian seterusnya.

Notifikasi Ide dan Transaksi Portofolio Virtual

  • Kami akan mengirim notifikasi via email kepada Anggota aktif setiap terbit analisa baru (baik beli/jual).
  • Kami akan mengirim notifikasi via email kepada Anggota aktif setiap ada transaksi beli/jual saham dalam Portofolio Virtual Ide Bolasalju. Setiap notifikasi akan dikirim pada akhir hari kerja.
  • Notifikasi ide dan transaksi akan dikirim via email ke pelanggan yang terdaftar. Mohon mengecek aturan spam/filter email masing-masing.

Peringatan dan Disclaimer

  • Jika dulu posisi Ide Bolasalju (nanti Portofolio Virtual Ide Bolasalju) bisa berbeda dengan posisi investasi riil, maka dengan perubahan ini, mulai 1 Januari 2020 hal tersebut akan sangat berkurang perbedaannya.
  • Kami tidak menjanjikan posisi Portofolio Virtual sama dengan portofolio kami (keluarga dan kemitraan). Tapi kami selalu menggunakan seluruh Ide Bolasalju (analisa ide) sebagai basis keputusan investasi.
  • Disclaimer: Segala sifat analisa, rekomendasi, dan transaksi dalam Ide Bolasalju dan Portofolio Virtual Ide Bolasalju adalah sebuah opini pribadi dari personil Bolasalju. Anda bisa setuju, tidak setuju, atau menolak seluruh posisi tersebut. Dan itu adalah keputusan Anda sendiri. Anda bertanggungjawab terhadap investasi Anda sendiri.
  • Investasi mempunyai risiko. Mohon selalu diingat hal ini.

Referensi artikel: Perubahan Mekanisme Ide Bolasalju Mulai 1 Januari 2020


Target Tercapai

Ide Bolasalju #06 (BTPS) keluar per 25/4/2019
Ide Bolasalju #06 (BTPS) keluar per 25/4/2019

#06. BTPS: Rp1.925 (3/1/2019) target harga Rp2.417 (+25,56%)—keluar per 25/4/2019 di harga Rp2.420—[S]
PT BTPN Syariah Tbk—Perbankan/Bank Syariah

  • Total return +52,97%. Rata-rata keuntungan +42,51%
  • Analisa 4 Januari 2019 (UPGRADE): Rp1.925—P/E 14,9x (versus 15,29x)— 3,6x nilai buku (stabil) — tanpa dividen—aset Rp11,66 triliun—ekuitas Rp3,8 triliun—kapitalisasi pasar Rp14,02 triliun.
  • Baca: Catatan dari Investor Summit 2018 sesi BTPS ?
  • Analisa 27 Juli 2018 (UPGRADE): Rp1.620—P/E 15,29x—3,62x nilai buku— tanpa dividen—aset Rp10,73 triliun—ekuitas Rp3,44 triliun—kapitalisasi pasar Rp12,47 triliun
  • Analisa 12 Juli 2018 (INITIATE) : Rp1.580—P/E 15,46x —3,62x nilai buku— tanpa dividen—aset Rp10,37 triliun—ekuitas Rp3,36 triliun—kapitalisasi pasar Rp12,17 triliun


Disclaimer/penyangkalanSemua informasi yang terkandung di sini diperoleh oleh Bolasalju (Tim Riset Bolasalju) dari sumber-sumber yang dipercaya akurat dan dapat diandalkan. Namun, informasi tersebut disajikan “sebagaimana adanya,” tanpa jaminan apa pun, dan Bolasalju, khususnya, tidak membuat pernyataan atau jaminan, tersurat maupun tersirat, mengenai keakuratan, ketepatan waktu, atau kelengkapan informasi tersebut atau sehubungan dengan hasil yang akan diperoleh dari penggunaannya. Bolasalju memiliki kebijakan ketat yang melarang penggunaan informasi orang dalam. Semua ungkapan pendapat dapat berubah tanpa pemberitahuan, dan Bolasalju tidak berkewajiban memperbarui atau melengkapi laporan ini atau informasi apa pun yang terkandung di sini. Anda harus menganggap bahwa Bolasalju dan tim masuk ke dalam transaksi sekuritas yang dibahas dalam laporannya sebelum dan sesudah waktu yang ditetapkan Bolasalju untuk mengeluarkan laporan. Kinerja masa lampau tidak menjamin kinerja di masa depan. Ide dan rekomendasi tidak menjamin harga saham akan naik. Portofolio Virtual tidak dimaksudkan sebagai saran investasi, namun sebagai sarana edukasi. Setiap investor bertanggungjawab terhadap hasil dan keputusan investasinya masing-masing. 

Pembaca tunduk pada Disclaimer dan dianggap menyetujui pernyataan ini dan mengikat.

Hak Cipta 2019 Bolasalju (Arif R. Widianto)
Lisensi penggunaan materi ini adalah untuk perorangan atau pribadi pelanggan. Dilarang menyebarkan dokumen ini dalam bentuk apa pun, digital, cetak, presentasi, suara, melalui media apa pun.


Pemutakhiran terakhir: 5 Oktober 2020
Penerbitan: 15 Mei 2018, halaman awal

Daftar Emiten di BEI: AALI, ABDA, ABMM, ACES, ACST, ADES, ADHI, ADMF, ADMG, ADRO, AGII, AGRO, AGRS, AHAP, AIMS, AKPI, AKRA, AKSI, ALDO, ALKA, ALMI, AMAG, AMFG, AMIN, AMRT, ANJT, ANTM, APIC, APII, APLN, APOL, ARGO, ARII, ARNA, ARTA, ASBI, ASDM, ASGR, ASII, ASJT, ASMI, ASRI, ASRM, ASSA, ATIC, AUTO, BABP, BACA, BAJA, BALI, BAPA, BAYU, BBCA, BBHI, BBKP, BBLD, BBMD, BBNI, BBNP, BBRI, BBRM, BBTN, BBYB, BCAP, BCIP, BDMN, BEKS, BEST, BFIN, BGTG, BHIT, BIKA, BIMA, BINA, BIPP, BIRD, BISI, BJBR, BJTM, BKDP, BKSL, BKSW, BLTA, BLTZ, BMAS, BMRI, BMSR, BMTR, BNBA, BNBR, BNGA, BNII, BNLI, BOGA, BOLT, BPFI, BPII, BRAM, BRMS, BRNA, BRPT, BSDE, BSIM, BSSR, BSWD, BTON, BTPN, BUDI, BUKK, BULL, BUMI, BUVA, BVIC, BWPT, BYAN, CASA, CASS, CEKA, CENT, CFIN, CINT, CITA, CLPI, CMNP, CMPP, CNKO, COWL, CPIN, CSAP, CTBN, CTRA, CTTH, DART, DAYA, DEFI, DGIK, DILD, DKFT, DLTA, DMAS, DNAR, DNET, DOID, DPUM, DSFI, DSNG, DSSA, DUTI, DVLA, DYAN, ECII, EKAD, ELSA, EMDE, EMTK, EPMT, ERAA, ERTX, ESSA, ESTI, EXCL, FAST, FASW, FISH, FMII, FORU, FPNI, FREN, GAMA, GDST, GDTX, GDYR, GEMA, GEMS, GGRM, GIAA, GJTL, GMTD, GOLD, GOLL, GPRA, GSMF, GWSA, GZCO, HADE, HDFA, HERO, HITS, HMSP, HOME, HOTL, HRUM, IATA, IBFN, IBST, ICBP, ICON, IDPR, IGAR, IIKP, IKAI, IMAS, IMJS, IMPC, INAI, INCF, INCI, INCO, INDF, INDR, INDS, INDX, INDY, INKP, INPC, INPP, INRU, INTA, INTD, INTP, IPOL, ISAT, ISSP, ITMG, JAWA, JECC, JGLE, JIHD, JKON, JKSW, JPFA, JPRS, JRPT, JSMR, JSPT, JTPE, KAEF, KARW, KBLI, KBLV, KBRI, KDSI, KIAS, KICI, KIJA, KINO, KKGI, KLBF, KOBX, KOIN, KONI, KOPI, KPIG, KRAS, KREN, LAPD, LEAD, LINK, LMSH, LPCK, LPGI, LPKR, LPLI, LPPF, LPPS, LRNA, LSIP, LTLS, MAIN, MAMI, MAPI, MARI, MASA, MAYA, MBAP, MBSS, MBTO, MCOR, MDIA, MDKA, MDLN, MEDC, MEGA, MERK, META, MFIN, MFMI, MGNA, MICE, MIDI, MIKA, MIRA, MITI, MKNT, MKPI, MLBI, MLPL, MLPT, MMLP, MNCN, MPMX, MPPA, MRAT, MREI, MSKY, MTDL, MTLA, MTRA, MTSM, MYOH, MYOR, MYTX, NAGA, NELY, NIKL, NIRO, NISP, NOBU, NRCA, OASA, OCAP, OMRE, PADI, PALM, PANR, PANS, PBSA, PDES, PEGE, PGAS, PGLI, PICO, PJAA, PKPK, PLAS, PLIN, PNBN, PNBS, PNIN, PNLF, PNSE, POLY, POOL, POWR, PPRO, PRAS, PRDA, PSAB, PSKT, PTBA, PTIS, PTRO, PTSN, PTSP, PUDP, PWON, PYFA, RAJA, RALS, RANC, RBMS, RDTX, RICY, RIGS, RIMO, RMBA, RODA, ROTI, RUIS, SAME, SCBD, SCCO, SCMA, SDMU, SDPC, SDRA, SGRO, SHID, SHIP, SIAP, SIDO, SILO, SIMA, SIMP, SIPD, SKBM, SKLT, SMAR, SMBR, SMDM, SMDR, SMGR, SMMA, SMMT, SMRA, SMRU, SMSM, SOCI, SONA, SPMA, SRAJ, SRIL, SRSN, SRTG, SSIA, SSMS, STAR, SULI, SUPR, TALF, TARA, TAXI, TBIG, TBLA, TBMS, TCID, TELE, TFCO, TGKA, TIFA, TINS, TIRT, TKIM, TLKM, TMAS, TMPI, TOBA, TOTL, TOWR, TPIA, TPMA, TRAM, TRIL, TRIM, TRIS, TRST, TRUS, TSPC, TURI, ULTJ, UNIC, UNIT, UNTR, UNVR, VICO, VINS, VIVA, VOKS, VRNA, WEHA, WICO, WIIM, WIKA, WINS, WOMF, WSBP, WSKT, WTON, dan YPAS.