Kinerja Akhir Tahun 2019

Kinerja Akhir Tahun 2019

Posted on Tulis Komentar

Inilah kinerja akhir tahun 2019 kegiatan investasi Bolasalju. Baca juga laporan publikasi dan perubahan Ide Bolasalju mulai 2020 ini.

Pengantar

Kami tidak pernah meng-highlight kinerja saham individual. Menurut kami itu tidak relevan.

Misalnya: saham AAAA naik 10% setelah seminggu, saham BBBB naik 3% setelah 1 hari, saham CCCC naik 40% dalam 3 bulan. Kami pernah meraih kinerja saham jangka pendek dari puluhan persen hingga 500% dalam waktu kurang dari setahun. Kinerja seperti itu adalah jangka pendek. Ikuti terus penjelasan kami agar tahu alasannya.

Kami percaya yang lebih penting adalah keputusan investasi dalam kinerja jangka panjang.

Membuat kinerja individual saham yang positif dalam jangka pendek itu sangat gampang. Dari 10 saham dalam sebuah daftar, pasti ada yang harganya naik dalam jangka pendek. Padahal, pasti ada saham-saham lain yang turun. Tanyakan kepada mereka yang menunjukkan kinerja temporer itu, apa yang turun ditampilkan?

Bagaimana pula bobot investasi? Seseorang punya saham A sebanyak 10% dari seluruh portofolio investasinya. Di saham B ia hanya punya 5%. Di saham C dan lainnya ia punya antara 1-2%. Kinerja ratusan persen saham C tidak banyak mempengaruhi kinerja portofolio. Bobot akan mempengaruhi kinerja investasi. Konyolnya ada yang hanya menyoroti kinerja masa lalu satu atau dua saham yang MEMANG telah naik. Buat apa menunjukkan kinerja masa lalu dari saham-saham yang sengaja dipilih sudah naik ribuan atau belasan persen?

Kami adalah value investor. Kami fokus untuk meraih kinerja jangka panjang terbaik. Kami hanya mengevaluasi kinerja jangka panjang.

Yang tidak mudah adalah kinerja akumulasi hanya dari saham-saham yang sudah terseleksi. Itulah yang kami lakukan. Pelanggan bisa mengecek masing-masing transaksi. Semua kami lakukan sebagai evaluasi, bukti, dan sekaligus agar bisa menjadi sarana belajar dan inspirasi untuk pelanggan. Sejak 2010, kami secara terbuka membuka kinerja jangka panjang karena kami melakukan apa yang kami ucapkan (walk the talk).

Kinerja Bolasalju Desember 2019

Kinerja Bolasalju Akhir Tahun 2019
Kinerja Bolasalju Akhir Tahun 2019

Kinerja Bulanan

IHSG sebagai ukuran kinerja bursa di Indonesia mengalami kinerja positif 4,79% dari 6.011,83 menjadi 6.299,54. Bandingkan kinerja keputusan investasi kami dan ide relatif terhadap kinerja IHSG.

Ide Bolasalju memperoleh juga memperoleh kinerja positif 4,12% dari 1.115,5817 menjadi 1.161,5734. Ide adalah fasilitas dari layanan Keanggotaan Premium. Ide Bolasalju akan dimulai ulang mulai 1 Januari 2020 ini, baca detail atau lihat videonya di Kilas Balik 9 Tahun Bolasalju.

Portofolio Keluarga bulan ini memperoleh kinerja positif lebih besar yaitu 6,50% dari 6.204,18 menjadi 6.607,45. Hal ini disebabkan oleh kenaikan pesat beberapa saham dengan bobot lebih besar relatif terhadap keseluruhan portofolio.

Portofolio Kemitraan adalah beberapa portofolio investasi yang kami kelola dalam skema kemitraan terbatas (kami tidak menawarkan layanan ini). Kinerja Portofolio Kemitraan naik 6,24% dari 929,40 menjadi 987,40. Kegiatan ini baru dimulai sejak Juli 2019, baru berjalan enam bulan. Kinerja akumulatif masih negatif -1,26%.

Perbedaan kinerja antara ide, portofolio keluarga, dan portofolio kemitraan adalah karena konsentrasi saham yang memang berbeda. Ide sebagai portofolio rekomendasi tanpa perubahan komposisi aktif akan selalu menunjukkan kinerja rata-rata. Sementara itu portofolio keluarga dan kemitraan mempunyai strategi terpisah, dengan konsentrasi portofolio yang berbeda antara keduanya.

Detail Kinerja

Untuk mempelajari kinerja bulanan lebih detail, silakan ikuti informasinya di bagian bawah ini.

Ide

Kinerja Ide Bolasalju

Kinerja Ide Bolasalju Desember 2019
Kinerja Ide Bolasalju Desember 2019

Baca selengkapnya di halaman Ide Bolasalju.

Kemitraan

Berikut ini adalah kinerja portofolio Kemitraaan yang dimulai sejak Juli 2019.

Kinerja Kemitraan Desember 2019
Kinerja Kemitraan Desember 2019

Keluarga

Kinerja Investasi Keluarga 2010-2019

Investasi Bolasalju kini bernama Investasi Keluarga, yaitu dana investasi saham keluarga yang saya kelola sejak akhir 2010. Tidak ada penambahan/pengurangan dana selama bulan ini.

Kinerja Portofolio Keluarga Desember 2019
Kinerja Portofolio Keluarga Desember 2019

Anda tunduk pada Disclaimer

Laporan Publikasi Desember 2019

Di bulan terakhir pada 2019 ini kami menerbitkan 3 analisa terproteksi, 5 artikel, dan 2 episode podcast.

Selama 2019 kami telah menerbitkan 65 artikel, termasuk artikel ini. Jumlah yang masih sedikit, mengingat beberapa artikel bersifat pengumuman. Kami akan memperbaiki kuantitas, kualitas, serta fokus publikasi artikel sehingga lebih bermanfaat dengan tema lebih menarik.

Pada akhir bulan salah satu ide telah lolos dari target harganya. Kami bersyukur bisa mengumumkan hal ini. Semoga pelanggan menikmatinya.

Perubahan Ide Bolasalju Mulai 2020

Kami mengubah konsep Ide Bolasalju mulai 1 Januari 2020. Ke depan ide akan makin banyak tanpa keputusan investasi terkait ide. Sebagai tambahan akan hadir Porto Virtual yang akan memberi inspirasi dan langkah kegiatan investasi yang dilakukan di hari tersebut. Baca detail atau lihat videonya di Kilas Balik 9 Tahun Bolasalju.

Tinggalkan Balasan