Kinerja Ide Bolasalju dan Portofolio Maret 2019

Kinerja Bolasalju Maret 2019

Posted on

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih naik +0,66% dari 6443,348 menjadi 6485,755. Bagaimana kinerja Ide Bolasalju dan Portofolio Bolasalju hingga Maret ini?

Laporan Publikasi Maret 2019

Di bulan Maret telah terbit: 3 artikel umum, 3 analisa terproteksi untuk anggota, dan 2 artikel edukasi. Dua analisa merupakan evaluasi kinerja tahunan emiten yang masuk Ide. Kami juga menerbitkan analisa sektor pakan ternak yang merupakan peringatan untuk investor pada 18 Maret 2019 lalu karena berdasarkan valuasi kami sudah terlalu mahal serta mengantisipasi risiko industri. 

Ada banyak analis yang menulis rekomendasi beli untuk sektor ini terutama buat saham JPFA. Saya tidak sepakat dengan rekomendasi analis-analis tadi. Sejak analisa terbit pada 18 Maret 2019, di akhir Maret 2019 saham CPIN telah turun -17,42%, sementara JPFA telah turun -21,56%. Analisa tersebut kami buka untuk umum disertai bahasan post-factum-nya di Baca Contoh Analisa Kami (pasca 2 minggu dan kinerja tahunan pasca IPO).

Silakan dipelajari agar Anda mengetahui manfaat yang diperoleh pelanggan dengan menjadi Anggota Bolasalju.

Saya pribadi cukup sibuk pada bulan lalu. Ada pindahan markas Bolasalju dari Jepara ke Salatiga. Kesibukan yang cukup menyita waktu dan konsentrasi. Saya berusaha disiplin menjaga komitmen dengan menerbitkan minimal tiga analisa. Semoga ke depan bisa lebih baik.

Kinerja Ide Bolasalju Maret 2019

Di bulan panen laporan keuangan ini, Ide Bolasalju masih menunjukkan kinerja positif naik +0,9% MoM (month over month) dari 1.147,4720 menjadi 1.157,7855. Kinerja akumulasi Ide sejak dimulai adalah 15,78%. Sebagai pembanding, IHSG pada periode sama April 2018-Maret 2019 mencatat kinerja 8,19% (5.994,595 ke 6485,755).

Kinerja Ide Bolasalju per Maret 2019
Keterangan: Kinerja ide diperoleh dari selisih nilai antara harga pasar saham terakhir dengan harga saat terbitnya analisa “BELI” untuk masing-masing saham. Satu saham bisa punya satu hingga beberapa ide BELI.
Untuk informasi lebih lanjut silakan baca di Ide Bolasalju.

Pada bulan ini telah terbit tiga analisa baru. Tidak ada ide yang terbit pada bulan ini.

Ada pemutakhiran. Bila Anda jeli ada perbedaan NAB/UP bulan Februari dengan evaluasi kinerja bulan lalu. Ini hanya masalah kesalahan pengutipan harga saham per bulan itu saja. Kami sudah koreksi dan cek kembali. Data di atas sudah akurat.

Kinerja Portofolio per Maret 2019

Seperti kami bilang pada Februari lalu, kami sudah bisa melakukan sedikit adjustment di portofolio, ini adalah peralihan dari kondisi yang disebut pada tahun lalu. Tidak ada penambahan/pengurangan dana di bulan ini. Saya akan berusaha melaporkan kinerja bulanannya.

Kinerja Portofolio Bolasalju per Maret 2019
Kinerja Portofolio Bolasalju per Maret 2019

Catatan: saya lupa mencatat nilai bersih saham beredar per akhir Maret. Kinerja di atas berdasarkan harga per penutupan 1 April 2019 dicatat pada 2 April 2019.

Tentang Metode Pencatatan Kinerja

Seluruh kinerja kami dipantau memakai metode reksadana dengan basis unit dimulai pada Rp1.000 per unit. Detail mekanisme pemantauan tersedia di halaman Ide Bolasalju. Untuk kinerja portofolio dijelaskan pula di halaman kinerja.

Untuk Ide Bolasalju, Anggota Premium kami bisa memantau rincian transaksi dan kalkulasi ide dengan mengakses tautan ke berkas Google Sheets yang linknya selalu kami perbarui setiap bulannya. Pelanggan juga bisa mengunduh dan memakai kalkulasi tersebut untuk menghitung kinerja mereka. Tampilannya seperti di bawah ini.

Contoh tampilan Sheets Ide per Februari 2019
Sheets bisa diunduh oleh pelanggan Anggota Premium.

Anda tunduk pada Disclaimer