Kinerja Investasi Juli 2020

Posted on Tulis Komentar

Berikut adalah ringkasan kinerja investasi kami pada Juli 2020.

Kinerja Bolasalju Juli 2020

Ringkasan Kinerja Bolasalju Juli 2020—Lihat kinerja individu di bawah (klik untuk versi lebih besar)
Ringkasan Kinerja Bolasalju Juli 2020—Lihat kinerja individu di bawah (klik untuk versi lebih besar)
Kinerja Juli 2020

IHSG sebagai ukuran kinerja bursa di Indonesia mengalami kenaikan 4,98% (-18,25% YTD) pada bulan ini dari 4.905 menjadi 5.149,63.

Kinerja Bulanan: Kinerja Portofolio Virtual (Ide) Bolasalju naik sebesar 5,75% (9,89% YTD) dari 1.207,01 menjadi 1.276,44. Porto Virtual adalah fasilitas dari layanan Klub Investor Bolasalju sebagai contoh dan inspirasi operasi investasi jangka panjang mengaplikasikan paradigma value investing. Portofolio Investasi Keluarga per bulan ini naik sebesar 10,77% (-7,8% YTD) dari 5.499,68 menjadi 6.091,78.

Apa sebab kinerja bulan ini dan beberapa bulan sebelumnya lebih baik dibanding IHSG?

Pertama, sebab utamanya adalah beberapa saham terapresiasi harganya dengan cukup baik. Kenyataan ini juga mengejutkan kami karena menyangka recovery bursa mungkin masih berjalan lebih lambat. Tapi dari dulu kami tidak pernah ingin menebak pasar saham. Posisi kami sejak Maret dan April tidak keluar dari bursa. Masih fully invested. Baru setelah beberapa saham naik, kami menjual posisi dan menggantinya dengan beberapa posisi lain yang kami harapkan bisa lebih untung, baik dari dividen dan capital gain.

Kedua, meski IHSG pada umumnya naik tapi kenapa kinerja kami punya selisih lebih baik? Ada dua sebab, dalam bobot dan dalam mencari potensi peluang capital gain.Bobot pertama aset, sejak crash, saya memutuskan menempatkan seluruh investasi di saham. Ini untuk portofolio virtual dan portofolio lainnya. Bobot kedua adalah kami mengatur beberapa saham lebih besar bobotnya dibandingkan saham lain untuk mengejar peluang capital gan dan kombinasi dividen. Peringatan: alokasi bobot ini punya risiko besar, baik potensi upside yang besar dan juga potensi downside yang besar. Itulah kenapa kami memposisikan alokasi bobot di portofolio virtual lebih moderat konservatif atau merata. Kami tidak ingin menunjukkan posisi pribadi karena khwatir jika ada investor mengikutinya dan mereka tidak siap, maka berbahay bagi kesehatan investasi dan pribadi investor tersebut. Penting untuk bertanya kepada diri Anda tujuan investasi Anda apa?

Ketiga, keputusan alokasi kapital. In imenjawab pertanyaan kenapa kinerja portofolio virtual kenapa jauh lebih bagus? Ada dua komponen. Pertama, bobot. Ada penekanan saham tertentu yang lebih besar, tapi masih moderat. Kedua, ada taking profit. Beberapa saham dijual (transaksi jual) setelah mencapai return seperti: +47,06%, 0%, dan 68,33%. Kenapa ada yang 0% dijual? Karena kami mengambil keputusan kurang nyaman di sektor ini. Jadi, ini suatu keputusan penilaian atau analisa dan juga keputusan alokasi kapital melihat situasi.

Sementara itu di sisi lainnya, berbicara posisi aktual alokasi, di portofolio virtual ada saham yang masih minus -1,5% hingga -34%. Juga ada yang menghasilkan perolehan temporer 24,75% hingga 56,95%. Kami masih memutuskan tidak menjual mereka karena kami percaya kualitas perusahaan. Entah apakah akan dijual dalam jangka panjang atau tidak. Who knows? Selama bagus ya silakan saja.

Pengumuman: Mulai Juli 2020 kami tidak akan melaporkan kinerja kemitraan investasi ke publik untuk alasan etis. Ada pandangan kode etik pemasaran produk pasar modal bahwa mengumumkan ke publik dianggap memasarkan layanan. Sejak 2019 hingga sekarang Bolasalju tidak punya layanan ini serta tidak pernah menawarkannya. Maka, demi kebaikan bersama kami putuskan tidak meneruskannya.

Detail Kinerja

Untuk mempelajari kinerja bulanan lebih detail, silakan ikuti informasinya di bagian bawah ini.

Semua kinerja portofolio dihitung memakai model reksadana menimbang nilai bersih aset: a) investasi (kas dan nilai pasar saham), b) menyertakan realisasi keuntungan/kerugian; c) dan hasil dividen.

Virtual

Kinerja Portofolio Virtual (Ide) Bolasalju

Kinerja Portofolio Virtual dari Ide Bolasalju Juli 2020 (klik untuk versi lebih besar)
Kinerja Portofolio Virtual dari Ide Bolasalju Juli 2020 (klik untuk versi lebih besar)

Kami sekarang menampilkan detail bulanan dan tahun. Semoga lebih mudah dipahami untuk membaca kinerja kami.

Baca selengkapnya di halaman Ide Bolasalju.

Keluarga

Kinerja Portofolio Investasi Keluarga

Investasi Bolasalju kini bernama Investasi Keluarga, yaitu dana investasi saham keluarga yang saya kelola sejak akhir 2010. Tidak ada penambahan/pengurangan dana selama tahun ini dan 2019 lalu.

Kinerja Portofolio Keluarga Juli 2020 (klik untuk versi lebih besar)
Kinerja Portofolio Keluarga Juli 2020 (klik untuk versi lebih besar)

Anak (Berkala)

Kinerja Portofolio Investasi Anak

Portofolio investasi ini dikelola menggunakan paradigma lebih mendekati kegiatan investasi berkala.

Kinerja Portofolio Anak Juli 2020 (klik untuk versi lebih besar)
Kinerja Portofolio Anak Juli 2020 (klik untuk versi lebih besar)

Anda tunduk pada Disclaimer.

Tinggalkan Balasan