Kami mendapatkan beberapa hal menarik dari sesi paparan publik yang kami ikuti hari ini. Salah satunya adalah membaca karakter manajemen.

Pak, bukankah pemaparan kinerja biasanya hanya profitabilitas dan presentasi data yang membosankan dan dikesankan bagus saja?

Ada benarnya. Tapi kita juga bisa membaca banyak hal lainnya.

Misal:

  • Bagaimana strategi perusahaan ke depan
  • Ungkapan tantangan untuk menyebut kompetitor yang memang muncul beberapa tahun belakang
  • Menemukan fakta strategi ekspansi besar yang akan dihambat oleh manajemen selama dua tahun ke depan.

Dan ada beberapa hal lain yang secara tersirat meski tidak diucapkan, terungkap between the lines, yang diungkap oleh manajemen saat pemaparan atau menjawab pertanyaan.

Hal-hal seperti itu tidak akan Anda dapatkan dari publikasi emiten baik berupa presentasi, laporan tahunan, atau laporan keuangan.

Jika terlatih dan mengikuti sebuah perusahaan bertahun-tahun, Anda mungkin bisa menangkap beberapa nuansa dari perubahan dan gaya strategi perusahaan. Tapi membuktikannya juga susah.

Membaca karakter manusia seperti manajemen, baik fungsinya sebagai “petugas perusahaan” atau “petugas pemegang saham”, maka mereka pasti ingin menjaga rahasia strateginya agar tidak diketahui oleh kompetitor. Namun, di sisi lain, manajemen akan juga akan bangga jika strategi atau perolehan yang mereka lakukan bisa diapresiasi oleh pihak lain.

Dari situlah kita bisa membaca karakter manajemen.


Diterbitkan: 27 Aug 2024Diperbarui: 27 Aug 2024