Kinerja Investasi

Kami tidak pernah meng-highlight kinerja saham individual. Menurut kami itu tidak relevan.

Kinerja Bolasalju Akhir Tahun 2019
Kinerja Bolasalju Akhir Tahun 2019

Misalnya: saham AAAA naik 10% setelah seminggu, saham BBBB naik 3% setelah 1 hari, saham CCCC naik 40% dalam 3 bulan. Kami pernah meraih kinerja saham jangka pendek dari puluhan persen hingga 500% dalam waktu kurang dari setahun. Kinerja seperti itu adalah jangka pendek. Ikuti terus penjelasan kami agar tahu alasannya.

Kami percaya yang lebih penting adalah keputusan investasi dalam kinerja jangka panjang.

Membuat kinerja individual saham yang positif dalam jangka pendek itu sangat gampang. Dari 10 saham dalam sebuah daftar, pasti ada yang harganya naik dalam jangka pendek. Padahal, pasti ada saham-saham lain yang turun. Tanyakan kepada mereka yang menunjukkan kinerja temporer itu, apa yang turun ditampilkan?

Bagaimana pula bobot investasi? Seseorang punya saham A sebanyak 10% dari seluruh portofolio investasinya. Di saham B ia hanya punya 5%. Di saham C dan lainnya ia punya antara 1-2%. Kinerja ratusan persen saham C tidak banyak mempengaruhi kinerja portofolio. Bobot akan mempengaruhi kinerja investasi. Konyolnya ada yang hanya menyoroti kinerja masa lalu satu atau dua saham yang MEMANG telah naik. Buat apa menunjukkan kinerja masa lalu dari saham-saham yang sengaja dipilih sudah naik ribuan atau belasan persen?

Kami adalah value investor. Kami fokus untuk meraih kinerja jangka panjang terbaik. Kami hanya mengevaluasi kinerja jangka panjang.

Yang tidak mudah adalah kinerja akumulasi hanya dari saham-saham yang sudah terseleksi. Itulah yang kami lakukan. Pelanggan bisa mengecek masing-masing transaksi. Semua kami lakukan sebagai evaluasi, bukti, dan sekaligus agar bisa menjadi sarana belajar dan inspirasi untuk pelanggan. Sejak 2010, kami secara terbuka membuka kinerja jangka panjang karena kami melakukan apa yang kami ucapkan (walk the talk).

Detail Kinerja

Ide

Kinerja Ide Bolasalju

Kinerja Ide Bolasalju Desember 2019
Kinerja Ide Bolasalju Desember 2019

Baca selengkapnya di halaman Ide Bolasalju.

Kemitraan

Berikut ini adalah kinerja portofolio Kemitraaan yang dimulai sejak Juli 2019.

Kinerja Kemitraan Desember 2019
Kinerja Kemitraan Desember 2019

Keluarga

Kinerja Investasi Keluarga 2010-2019

Investasi Bolasalju kini bernama Investasi Keluarga, yaitu dana investasi saham keluarga yang saya kelola sejak akhir 2010.

Kinerja Portofolio Keluarga Desember 2019
Kinerja Portofolio Keluarga Desember 2019

*Catatan: Kinerja investasi Keluarga Tahun 2010 disertakan karena hasil investasi negatif sementara IHSG positif pada tahun itu. Kalau data 2010 tidak disertakan, hasil perolehan majemuk IHSG jauh lebih rendah. Semoga keputusan ini cukup adil.

Seluruh kinerja investasi selama 9 tahun diperoleh dengan cara investasi biasa dan langsung, biasanya dalam posisi jangka panjang, tanpa menggunakan dana pinjaman dan margin. Beberapa posisi investasi bahkan masih dalam kelolaan hingga saat ini sejak 2011. Investasi ini dikelola memakai paradigma aktif.

Anak & Indeks

Kinerja Investasi Portofolio Anak

Portofolio Saham Anak dan Indeks per 2018 (termasuk dividen)
Portofolio Saham Anak dan Indeks per 2018 (termasuk dividen)

Portofolio Anak: Sejak 2017 saya memisahkan rekening investasi dari tabungan kedua anak dan kami pantau kinerjanya secara terpisah. Portofolio anak kami tampilkan karena kegiatan investasi ini kami lakukan secara berbeda, yaitu: secara pasif dengan pengelolaan mendekati seperti investasi berkala

Silakan buka portofolio anak untuk informasi lebih detail

Metode Pencatatan Kinerja

Tentang Metode Pencatatan Kinerja

Seluruh kinerja kami dipantau memakai metode reksadana dengan basis unit dimulai pada Rp1.000 per unit. Detail mekanisme pemantauan tersedia di halaman Ide Bolasalju. Untuk kinerja portofolio dijelaskan pula di halaman kinerja.

Untuk Ide Bolasalju, Anggota Premium kami bisa memantau rincian transaksi dan kalkulasi ide dengan mengakses tautan ke berkas Google Sheets yang linknya selalu kami perbarui setiap bulannya. Pelanggan juga bisa mengunduh dan memakai kalkulasi tersebut untuk menghitung kinerja mereka. Tampilannya seperti di bawah ini.

Contoh tampilan Sheets Ide per Februari 2019
Sheets bisa diunduh oleh pelanggan Anggota Premium.

Catatan: Kinerja total adalah total akumulasi kinerja (majemuk multi tahun). Kinerja investasi Keluarga Tahun 2010 disertakan karena hasil investasi negatif sementara IHSG positif pada tahun itu. Kalau data 2010 tidak disertakan, hasil perolehan majemuk IHSG jauh lebih rendah. Semoga keputusan ini cukup adil. Mulai Juli 2019 kami juga memantau portofolio kemitraan investasi yang dimulai bulan ini.

Anda tunduk pada Disclaimer


Pemutakhiran terakhir: 1 Oktober 2019