Posted on 8 Komentar

Kinerja Investasi Bolasalju 2017

Selamat Tahun Baru 2018. Sepertinya 2017 memberi makna positif buat investor karena semuanya sepertinya naik. Lalu bagaimana kinerja investasi kami? Mari kita tengok kinerja investasi: IHSG, reksadana saham, campuran, investasi bolasalju, reksadana indeks, dan portofolio anak selama 2017 lalu.

Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 2017

  • IHSG pada akhir 2016: 5296,71
  • IHSG pada akhir 2017: 6355,65

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada 2017 ini menunjukkan perolehan 19,99% dibanding posisi akhir 2016.

Kinerja Reksadana Saham dan Campuran di Indonesia pada 2017

Dari seluruh reksadana saham di Indonesia, ada 26 reksadana saham yang perolehannya lebih besar dari kinerja IHSG, mulai dari 20,07% hingga yang terbesar 370,17%.

Sementara itu, kawan seiringnya, ada 4 reksadana campuran yang melampaui kinerja IHSG, dengan perolehan dari 20,13% hingga terbesar 27,22%.

Kinerja Investasi Bolasalju 2010-2017

Sebagai pelaku investasi nilai (value investing), kami punya kepercayaan, keyakinan, dan kenyamanan bahwa inilah gaya investasi yang tepat buat kami. Agar apa yang kami yakini bisa terukur, berikut adalah rekaman kinerja investasi Bolasalju selama 8 tahun terakhir.

Bagaimana kinerja investasi Bolasalju? Investasi Bolasalju adalah dana investasi saham keluarga yang saya kelola sejak akhir 2010. Untuk 2017, kinerja investasi Bolasalju turun -9.56% dibandingkan IHSG yang mengalami kenaikan 19,99%.

Saya bersyukur dengan hasil negatif ini. Pertama, hal ini mengingatkan agar saya tidak jumawa.

Kedua, hal ini adalah akibat dari pilihan keputusan investasi. Pilihan keputusan investasi dipengaruhi oleh pilihan dan kondisi yang tersedia, pada saat itu. Misalnya, ada dua saham dalam portofolio yang sedang turun, -49,75% dan -21,2%, selama setahun. Dari dua saham itu, saya masuk makin banyak di saham pertama. Aksi inilah yang memangkas perolehan tahun ini selain ada kondisi-kondisi lain yang tidak bisa saya ungkap. Saya masih beruntung kinerja tahun ini hanya turun sekitar 10 persen.

Perbandingan Kinerja Investasi Bolasalju dan IHSG 2010-2017
Perbandingan Kinerja Investasi Bolasalju dan IHSG 2010-2017

Seluruh kinerja investasi selama 8 tahun diperoleh dengan cara investasi biasa dan langsung, biasanya dalam posisi jangka panjang, tanpa menggunakan dana pinjaman dan margin. Beberapa posisi investasi bahkan masih dalam kelolaan hingga saat ini sejak 2011.

Sejarah Kinerja Dihitung Dengan Metode Unit Reksadana sejak 2010

Sejarah Harga Per Unit Investasi Bolasalju 2010-2017

Sejarah Harga Per Unit Investasi Bolasalju 2010-2017Metode penghitungan kinerja investasi memakai model reksadana dengan basis awal indeks di angka 1.000. Indeks akan dimutakhirkan setiap bulan mengikuti nilai aktiva bersih periode tersebut.

Kinerja Investasi Portofolio Anak dan Reksadana Indeks 2017

Portofolio Anak: Sejak 2017 saya memisahkan rekening investasi dari tabungan anak dan kami pantau kinerjanya secara terpisah. Portofolio anak kami tampilkan karena perlakukan investasi ini kami lakukan secara berbeda, yaitu: secara pasif dengan pengelolaan mendekati seperti investasi berkala. Anak tidak tentu dapatkan uangnya, selain dari uang saku ketika hari raya, uang saku bulanan, atau dari honor yang saya kasih kalau dia bantu menggambar ilustrasi. Selama dia ada dana dan ingin disetor ke rekening saham (kadang saya paksa, daripada nganggur), maka akan kami tambahkan. Untuk pilihan sahamnya dia sendiri yang memilih dari beberapa perusahaan yang saya sodorkan dan terbukti punya kinerja bagus dalam jangka panjang. Kita pantau portofolio ini untuk membuktikan premis bahwa investasi pasif pun bisa menghasilkan perolehan yang lumayan.

Silakan buka portofolio anak untuk informasi lebih detail

Reksadana Indeks: Untuk membuktikan premis bahwa berinvestasi di reksadana indeks juga punya kinerja yang lumayan dibandingkan investasi aktif tanpa paradigma yang tepat, saya menempatkan Rp100.000 di sebuah reksadana indeks sejak 4 Mei 2017 lalu. Reksadana indeks dipilih karana biayanya murah, 0%, baik jual atau beli. Murah sekali. Selain itu reksadana indeks punya harapan kinerja mendekati indeks yang diikutinya. Saya mencari reksadana yang sudah beroperasi selama 10 tahun dengan kinerja mirip atau mendekati indeks yang diikutinya. Hanya reksadana indeks ini yang bisa saya peroleh melalui sebuah pialang reksadana online. Reksadana indeks punya saya ini menginduk pada indeks IDX30, beberapa perusahaan besar yang lebih ramping lagi daripada LQ45. Saya sebenarnya mencari indeks berbasis IHSG, tapi mau gimana lagi.

Silakan portofolio reksadana indeks untuk informasi lebih detail

Kinerja Portofolio Anak dan Reksadana Indeks
Kinerja Portofolio Anak dan Reksadana Indeks

*Kinerja investasi 2010 disertakan karena hasil investasi saya negatif sementara IHSG positif pada tahun itu. Kalau data 2010 tidak disertakan, hasil perolehan majemuk IHSG jauh lebih rendah. Semoga keputusan ini cukup adil.


Ingin Membuat Laporan Kinerja Investasi Praktis?

Kami menyediakan produk lembar kerja yang bisa digunakan secara langsung untuk mencatat kinerja investasi model reksadana untuk investasi saham Anda dengan membeli produk di bawah ini:

Beli Rp100.000

8 komentar di “Kinerja Investasi Bolasalju 2017

  1. pak mau nanya, kira2 top 10 rd saham di atas, yg 5 besarnya dijual dimana ya pak? terima kasih

    1. Saya tidak bisa jawab satu-satu ya, Bu. Lebih baik digoogle masing-masing reksadana. Misal Cipta Ovo Ekuitas, saya temukan MI-nya Ciptadana Asset Management. Sayang kami tidak temukan informasi agennya di web mereka. (Sayang sekali, Mungkin juga ini produk untuk investor privat, bukan reksadana terbuka)

      Perlu saya ingatkan itu kinerja reksadana setahun ya bu. Sebaiknya dilihat juga kinerja jangka panjangnya masing-masing stabil atau tidak.

      Demikian, semoga membantu.

  2. waduhh.. saham apa itu yang turun sampai -49.5%, dan kenapa masih ditahan pak?

    1. Sahamnya turun karena performa labanya turun tahun 2016 lalu, pak Rachmad. Tapi secara bisnis saya percaya perusahaan ini bakal bagus lagi, naik lagi labanya. Masih hold sejak 2011. Jadi justru saya tambah saja.

      1. boleh tau pa…saham apa yang bapak pegang yang turun sampe 49,5%

        1. PANS pak yono ? Sudah pegang lagi setelah lepas. Saya lepas saat itu karena mau menulis artikel. (Untuk independensi)

  3. saya masih bingung cara mengukur kinerja investasi saya …..terutama berdasarkan indeks…barangkali bapak bisa memberikan penjelasan?

    1. Akan saya jawab di artikel aja ya pak. Biar bisa dibaca bareng-bareng.

Komentar ditutup.