Sejarah Harga Per Unit Investasi Bolasalju 2010-2017

Kinerja Investasi

Kinerja Ide Bolasalju

Kinerja Ide Bolasalju per November 2018 (termasuk dividen)
Kinerja Ide Bolasalju per November 2018 (termasuk dividen)

Baca pengantar kinerja Ide per November 2018.

Kinerja Investasi Bolasalju 2010-2017

Sebagai pelaku investasi nilai (value investing), kami punya kepercayaan, keyakinan, dan kenyamanan bahwa inilah gaya investasi yang tepat buat kami. Agar apa yang kami yakini bisa terukur, berikut adalah rekaman kinerja investasi Bolasalju selama 8 tahun terakhir.

Bagaimana kinerja investasi Bolasalju? Investasi Bolasalju adalah dana investasi saham keluarga yang saya kelola sejak akhir 2010. Untuk 2017, kinerja investasi Bolasalju turun -9.56% dibandingkan IHSG yang mengalami kenaikan 19,99%.

Perbandingan Kinerja Investasi Bolasalju dan IHSG 2010-2017
Perbandingan Kinerja Investasi Bolasalju dan IHSG 2010-2017

Seluruh kinerja investasi selama 8 tahun diperoleh dengan cara investasi biasa dan langsung, biasanya dalam posisi jangka panjang, tanpa menggunakan dana pinjaman dan margin. Beberapa posisi investasi bahkan masih dalam kelolaan hingga saat ini sejak 2011.

Sejarah Kinerja Dihitung Dengan Metode Unit Reksadana sejak 2010

Sejarah Harga Per Unit Investasi Bolasalju 2010-2017

Sejarah Harga Per Unit Investasi Bolasalju 2010-2017Metode penghitungan kinerja investasi memakai model reksadana dengan basis awal indeks di angka 1.000. Indeks akan dimutakhirkan setiap bulan mengikuti nilai aktiva bersih periode tersebut.

Kinerja Investasi Portofolio Anak dan Reksadana Indeks 2017

Portofolio Anak: Sejak 2017 saya memisahkan rekening investasi dari tabungan anak dan kami pantau kinerjanya secara terpisah. Portofolio anak kami tampilkan karena perlakukan investasi ini kami lakukan secara berbeda, yaitu: secara pasif dengan pengelolaan mendekati seperti investasi berkala. Anak tidak tentu dapatkan uangnya, selain dari uang saku ketika hari raya, uang saku bulanan, atau dari honor yang saya kasih kalau dia bantu menggambar ilustrasi. Selama dia ada dana dan ingin disetor ke rekening saham (kadang saya paksa, daripada nganggur), maka akan kami tambahkan. Untuk pilihan sahamnya dia sendiri yang memilih dari beberapa perusahaan yang saya sodorkan dan terbukti punya kinerja bagus dalam jangka panjang. Kita pantau portofolio ini untuk membuktikan premis bahwa investasi pasif pun bisa menghasilkan perolehan yang lumayan.

Silakan buka portofolio anak untuk informasi lebih detail

Reksadana Indeks: Untuk membuktikan premis bahwa berinvestasi di reksadana indeks juga punya kinerja yang lumayan dibandingkan investasi aktif tanpa paradigma yang tepat, saya menempatkan Rp100.000 di sebuah reksadana indeks sejak 4 Mei 2017 lalu. Reksadana indeks dipilih karana biayanya murah, 0%, baik jual atau beli. Murah sekali. Selain itu reksadana indeks punya harapan kinerja mendekati indeks yang diikutinya. Saya mencari reksadana yang sudah beroperasi selama 10 tahun dengan kinerja mirip atau mendekati indeks yang diikutinya. Hanya reksadana indeks ini yang bisa saya peroleh melalui sebuah pialang reksadana online. Reksadana indeks punya saya ini menginduk pada indeks IDX30, beberapa perusahaan besar yang lebih ramping lagi daripada LQ45. Saya sebenarnya mencari indeks berbasis IHSG, tapi mau gimana lagi.

Silakan buka portofolio reksadana indeks untuk informasi lebih detail

Kinerja Portofolio Anak dan Reksadana Indeks
Kinerja Portofolio Anak dan Reksadana Indeks

Pemutakhiran terakhir: 3 Januari 2018

*Kinerja investasi 2010 disertakan karena hasil investasi saya negatif sementara IHSG positif pada tahun itu. Kalau data 2010 tidak disertakan, hasil perolehan majemuk IHSG jauh lebih rendah. Semoga keputusan ini cukup adil.