Edukasi

Jumlah investor saham di Indonesia per September 2016 ini baru tembus setengah juta orang. Kenapa investor Indonesia sangat sedikit? Bandingkan dengan investor di Malaysia yang sekitar 18% penduduk. Di Singapura apalagi jauh lebih besar. Salah satu penyebab minimnya investor saya kira faktornya adalah kurangnya konten edukasi, dalam arti edukasi yang benar. Satu contoh salah-didik investasi adalah penggunaan istilah “main saham” yang masih digunakan tokoh/pakar, media, dan buku untuk menjelaskan investasi saham. Bolasalju mengulas hal ini dalam tulisan Main Saham Lagi.

Bolasalju menyedikan konten edukasi sejak awal berdiri pada 2010 lalu. Misi kami mengenalkan investasi saham sebagai sebuah cara memiliki Indonesia dan tumbuh bersama Indonesia. Saham bukan permainan. Saham bukan judi. Saham adalah wahana investasi jangka panjang, dengan potensi keuntungan jauh lebih besar dibanding sarana lain seperti properti (apalagi yang pasif), emas, deposito, dan apalagi bila hanya ditaruh di celengan.

Saya mimpi pada 2036, ketika saya berusia 57-an tahun (semoga diberi Tuhan kesehatan), investor Indonesia bisa minimal 10% dari penduduk atau sekitar 25 juta orang. Saat itulah kita semua bisa tersenyum Indonesia subur, rakyatnya makmur.

Daftar di bawah adalah tulisan terpilih edukasi investasi saham. Semoga bermanfaat!

Catatan: Tanda (+) adalah bacaan rekomendasi.

Tentang Investasi

Konsep Dasar Investasi

Panduan untuk Pemula

Panduan Lanjutan

Laporan Keuangan

Komentar dan Renungan

Studi Kasus Investasi Bolasalju