Berikut ini adalah laporan kinerja Model Portofolio Riil Bolasalju untuk bulan Desember 2023 atau Tahun 2023. Ikuti perjalanan portofolio Carstensz dan Alpen.

Ringkasan Kinerja Portofolio Bolasalju Tahun 2023

Mulai tahun 2023, kami memperkenalkan dua model portofolio Bolasalju yang bernama Alpen dan Carstensz. Portofolio Alpen dimulai pada Januari 2023 dan tahun ini sudah diperoleh kinerja penuhnya. Portofolio Carstensz telah berjalan tiga tahun.

Portofolio Bolasalju merupakan rekening investasi riil yang didanai dari dana pribadi pengelola. Melalui kedua model portofolio inilah kami bisa mengajarkan risiko dan potensi investasi di pasar modal dengan mengetahui perjalanan kinerjanya: apakah naik, turun, rugi, atau untung.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang mewakili kinerja Bursa Efek Indonesia memperoleh kinerja sebesar 6,16% tahun ini. Indeks LQ45 yang mewakili performa saham-saham keping biru dan berkapitalisasi besar memperoleh kinerja 3,56% pada tahun 2023 ini. Performa reksadana saham yang diwakili oleh sebuah Indeks Reksadana Saham (yang tidak bisa kami sebut namanya) memperoleh kinerja -5,21% untuk tahun 2023.

Portofolio Carstensz memperoleh kinerja sebesar -12,05% untuk tahun 2023 ini versus positif 12,84% untuk tahun sebelumnya. Kinerja kumulatif tercapai sebesar 6,52% jika dihitunga sejak model portofolio ini dimulai pada awal 2021.

Portofolio Alpen akhirnya sudah berusia setahun. Model portofolio riil yang kami sediakan untuk pembelajaran strategi investasi pasif ini memperoleh kinerja setahun 3,74%.

Performa model portofolio Carstensz pada periode tahunan ini kalah fatal dibanding IHSG dan LQ45. Kami tidak perlu berpanjang lebar untuk membela kinerja ini. Meski kami sudah berusaha konservatif, namun pada akhirnya strategi konsentrasi tetap mengundang risiko. Kini Anda sudah mengetahuinya. Strategi konsentrasi selalu punya korelasi yang besar, baik untuk kinerja positif atau negatif. Kami sempat menikmati kinerja di atas IHSG pada Agustus 2023 dengan kinerja kumulatif 25,53% vs IHSG 16,29% terhadap perjalanan investasi yang sama sejak awal 2021. Tapi apa daya, kali ini strategi konsentrasi itu menyapa kami dengan memberi return negatif yang sangat lumayan.

Kami tetap akan memelihara strategi yang ada saat ini karena menurut hemat kami semuanya masih dalam koridor yang bisa dipahami.

Member Klub (tidak ada lagi) atau pelanggan Riset Bolasalju bisa mempelajari posisi dan transaksi yang ada di model portofolio tersebut (tergantung paket), sebagai referensi untuk membuat keputusan investasi mandiri.

Disclaimer: Pelaporan ini adalah edukasi, bukan ajakan jual/beli saham. Setiap investor berbeda kondisi permodalan, psikologi, waktu, dan peluangnya.


Ringkasan Kinerja Desember 2023

Portofolio Bolasalju merupakan rekening investasi riil yang didanai dari dana pribadi pengelola. Melalui kedua model portofolio inilah kami bisa mengajarkan risiko dan potensi investasi di pasar modal dengan mengetahui perjalanan kinerjanya: apakah naik, turun, rugi, atau untung.

Kinerja portofolio investasi Bolasaljus selama Desember ini dilaporkan turun parah dibanding IHSG. Hal ini terjadi karena ada posisi beberapa saham yang turun lebih parah dibanding tingkat penurunan IHSG dan LQ45. Padahal saham tersebut membentuk konsentrasi yang lebih besar dibanding emiten lainnya.

Kinerja Portofolio Bolasalju Desember 2023
Kinerja Portofolio Bolasalju Desember 2023

Kedua portofolio kami dipantau secara independen oleh pelanggan Riset Bolasalju.

Portofolio Carstensz

Portofolio Carstensz adalah model portofolio investasi riil yang didanai sebesar Rp132,7 juta dari dana pribadi pengelola Bolasalju, tidak ditambah, dan telah dimulai sejak Januari 2021.

Carstensz didesain sebagai edukasi model portofolio riil bagi investor serius yang ingin mengejar performa lebih besar dan siap dengan risiko fluktuasi yang lebih tajam.

Kinerja Portofolio Carstensz per 31/12/2023
Kinerja Portofolio Carstensz per 31/12/2023

Statistik Kinerja Model Portofolio Riil Carstensz Bolasalju
Statistik Kinerja Model Portofolio Riil Carstensz Bolasalju

Portofolio Carstensz (sebelumnya bernama Portofolio Bolasalju) mempunyai tujuan menghasilkan perolehan di atas IHSG dalam jangka panjang. Untuk mencapai hal itu, maka kami akan berinvestasi dalam perusahaan dengan keunggulan kompetitif dan/atau harganya punya batas aman dibanding nilai intrinsik jangka panjangnya.

Portofolio Alpen

Portofolio Alpen adalah model portofolio investasi riil yang didanai dengan dana awal sebesar Rp10 juta dari dana pribadi pengelola Bolasalju, akan ditambahkan sebesar Rp1 juta per bulan hingga total aset mencapai Rp100 juta.

Alpen didesain sebagai edukasi model portofolio riil untuk investor umum, karyawan, atau mereka yang sibuk agar bisa menemukan strategi investasi yang tepat bagi mereka sendiri.

Kinerja Portofolio Alpen per 31/12/2023
Kinerja Portofolio Alpen per 31/12/2023

Statistik Kinerja Model Portofolio Riil Alpen Bolasalju
Statistik Kinerja Model Portofolio Riil Alpen Bolasalju

Tujuan kami membuat Portofolio Alpen adalah untuk menghasilkan perolehan positif sedikit di atas IHSG dalam jangka panjang. Untuk mencapai hal itu, maka kami akan berinvestasi di perusahaan besar, berisiko rendah, pertumbuhan stabil hingga tinggi, dengan harga yang masuk akal.


Informasi lebih lanjut, silakan pelajari: Portofolio Bolasalju dan Riset Bolasalju.

Anda tunduk pada Disclaimer.


Diterbitkan: 2 Jan 2024Diperbarui: 24 Sep 2024