Per 5 Desember 2023, kami telah meng-update Aturan Portofolio Carstensz ke versi 3.0. Apa tujuan adanya aturan investasi seperti ini? Apa manfaatnya buat Anda para pembaca budiman?

Isi Aturan Portofolio Carstensz

Untuk membaca isi aturannya, silakan cek Aturan Portofolio Carstensz terakhir atau cek arsipnya. Arsip story IG.

Apa Tujuannya?

Setiap portofolio investasi yang dilakukan untuk berinvestasi jangka panjang seyogyanya punya aturannya sendiri. Yang membuat aturan adalah pengelola dan pemiliknya.

Sebuah aturan investais yang baik dapat menjaga kegiatan investasi berjalan dalam koridor yang baik dan berjalan lancar. Kami punya dua portofolio, masing-masing punya aturan yang berbeda.

Secara ringkas, tujuan adanya aturan Portofolio Carstensz adalah:

  • Menunjukkan kepada khalayak publik apa dan bagaimana Carstensz itu dan cara kerjanya. Detail seperti modal awal, penambahan dana, zakat, dan strateginya, semua dijelaskan di sana.
  • Menjaga kegiatan investasi berjalan lancar dengan aturan tentang: pilihan saham, strategi pemilihan dan batasannya, kriteria transaksi, prioritas transaksi, kondisi peringatan untuk menjual, evaluasi, batas rasio turnover, dan ekspektasi return kami, serta lama operasi investasi per saham.
  • Memberitahu khalayak bagaimana kami melakukan pencatatan, pelaporan, pemberitahuan kinerja, preferensi pribadi, dan pilihan pribadi.
  • Dan terakhir, bagaimana aturan ini membatasi wilayah gerak saya.

Ribet? Pertanyaan pentingnya, kenapa harus seribet itu?

Ingat prinsip dasar ini: musuh manusia adalah dirinya sendiri. Salah satu cara menjadi terbaik adalah mengalahkan diri sendiri.

Tapi ada prinsip lain: dengan segala kelemahannya, manusia cenderung mencari cara termudah agar bisa menghindari kesalahannya.

Menurut saya, di situlah fungsi aturan ini.

Apa Manfaatnya bagi Anda?

Per November 2023 lalu, Portofolio Carstensz yang diatur dengan aturan seperti menghasilkan perolehan kumulatif 6,75% setelah hampir tiga tahun operasi investasi berlangsung. Anda yang terlatih dengan kegiatan trading atau investasi jangka pendek pasti tidak merasakan sesuatu yang berarti. Cuman segitu?

Tapi perubahan dan perjalanan seperti ini penting. Karena kita berhadapan dengan masa depan yang belum pasti. Memangnya di masa mendatang akan bagaimana? Ya, kami tidak tahu. Biarkan waktu berbicara.

Oke, begini aja. Lalu apa manfaatnya bagi Anda, baik pelanggan atau non pelanggan ketika melihat aturan investasi seperti ini?

Pertama, aturan-aturan untuk Portofolio Carstensz ini bisa Anda pelajari untuk membuat aturan bagi Anda sendiri. Ya, silakan ditiru, dimodifikasi, disesuaikan dengan personalitas Anda, dan terus perbaiki.

Silakan pakai aturan kami sebagai basis atau dasar. Lalu sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sesuaikan dengan keterbatasan Anda. Sesuaikan dengan modal Anda. Sesuaikan dengan kapasitas pengetahuan investasi Anda. Sesuaikan dengan data Anda. Dan banyak opsi lainnya.

Atau cari inspirasi dari aturan-aturan itu. Manfaatkan.

You can thank me later. Setalah jalan 5 tahun, jalan 10 tahun, kalau Anda puas punya aturan investasi sendiri yang ternyata bermanfaat. Saya akan senang mendengar cerita Anda. Semoga kita semua diberi Tuhan karunia panjang umur.

Kedua, aturan-aturan ini merupakan perjalanan itu sendiri. Kami memanfaat aturan ini untuk menjelaskan, mengkomunikasi, dan menunjukkan bagaimana cara kami mengelola investasi jangka panjang kami. Baik untuk pelanggan Riset Bolasalju atau pembaca umum, saya yakin aturan ini akan bermanfaat dalam jangka panjang.

Jika Anda mendapat manfaat, jangan lupa berbagi ke teman, sahabat, dan keluarga tentang aturan ini.


Batasan penggunaan aturan investasi kami adalah untuk penggunaan pribadi. Jika ada institusi/lembaga atau personalia di sebuah lembaga yang ingin membuat aturan investasi dan banyak terpengaruh dengan aturan kami, hal itu sudah di luar batasan penggunaan. Kami percaya institusi Anda perlu aturan main sendiri. We know how human behave, including ourself. Jika Anda perlu bantuan untuk merancang dokumen seperti ini berdasarkan kondisi Anda/lembaga, drop us an inquiry at info @ bolasalju.com. Kami akan senang jika bisa membantu Anda.


Diterbitkan: 20 Dec 2023Diperbarui: 24 Sep 2024