Beberapa hari yang lalu ada iklan dari Bursa Efek Indonesia tentang dibuka kembali Sekolah Pasar Modal kelas 2011. Tentu ini tawaran menarik buat calon investor dan investor pasar modal di Indonesia untuk belajar tentang pasar modal.

Tawaran dari BEI yang bekerja sama dengan berbagai pihak ini tentu patut kita sambut. Peluang belajar tentang pasar modal secara gratis, bayangkan! Selain dari pihak Bursa Efek Indonesia, kadangkala pihak sekuritas juga menawarkan belajar gratis pasar modal. Pantau saja situs dan update dari sekuritas Anda. Jadi siapa bilang belajar berinvestasi itu mahal?

Menurut saya, yang mahal tentu saja adalah bila kita mengalami kerugian di pasar modal. Rugi uang kita sendiri. Uang beneran, bukan uang main-mainan, kecuali mereka yang dapat uang dari cara mudah hehehehe. Makanya penting belajar sebanyak-banyaknya agar kita siap mental dahulu sebelum terjun ke pasar modal. Kalau mental dan ilmu siap, kita tidak akan mudah panik digoyang berbagai polah yang ada di pasar modal, karena kita sudah tahu tujuan investasi kita.

Pesan saya, buat investor awal yang belum punya rekening di sekuritas, sabar saja ya dengan tawaran sponsor di acara ini, yang kebanyakan adalah sekuritas. Memilih sekuritas itu bukan hanya kemudahan, kecepatan, dan fasilitas, tapi pertimbangkan juga struktur biaya, deposit, keamanana, dan lainnya. Gak usah buru-buru langsung jadi investor setelah sekolah sehari. Maha guru investasi Ben Graham saja bilang kita perlu melatih mental kita paling tidak 1 hingga 2 tahun sebelum terjun ke dunia pasar saham.

Mari, yang belum daftar segera daftar ya!

Salam berinvestasi!


Diterbitkan: 14 Apr 2011Diperbarui: 9 Feb 2022