Selama liburan ada kesempatan untuk berdiskusi tentang Bolasalju dengan banyak orang. Terima kasih atas masukan dan informasinya. Disamping itu ada waktu untuk melihat jejak kegiatan Bolasalju setengah tahun terakhir. Saya mengevaluasi perkembangan, perubahan, layanan baru, produk baru, produk/layanan dalam rencana, dan perbaikan-perbaikan. Hal-hal tadi berakhir menjadi rencana kerja Bolasalju, yang sekilas akan kita diskusikan di artikel ini.

Jumlah investor di Indonesia masih sangat rendah, sekitar dari 0,25% dari jumlah penduduk dewasa. Sedikit sekali. Ada banyak hal yang perlu dikelola, misalnya kepercayaan publik akan dunia investasi. Masyarakat teredukasi dengan investasi yang baik juga perlu dibangun. Masyarakat investor yang baik harus didukung oleh infrastruktur, sarana, dan iklim ekonomi yang baik. Mana yang lebih dahulu, kita tak bisa berharap. Kita semua harus punya peran di sini. Bolasalju ingin memberi kontribusi positif bagi dunia investasi di Indonesia. Bagaimana caranya? Kita kilas balik dahulu.

Prinsip dasar investor nilai adalah berinvestasi di sebuah perusahaan bagus yang dikelola manajemen bagus dan sahamnya masih dijual lebih murah dibanding nilai intrinsiknya.

Prinsip ini membawa kita pada tiga hal pragmatis: 1) apa dan bagaimana menentukan perusahaan atau usaha yang bagus?; 2) bagaimana menentukan murah/tidaknya saham sebuah perusahaan; 3) menentukan rencana investasi, setelah kita punya dua hal di atas.

Untuk menjawab sebagian dari tiga hal di atas, kami merumuskan menjadi tiga bidang yang menjadi program kerja kami ke depan: edukasi, riset/analisa, dan data.

Bolasalju menyediakan konten edukasi investasi sejak 2010. Tentu masih banyak kekurangan, dan itu menjadi catatan. Kami akan meningkatkan kualitas, kuantitas, dan ragam kanalnya.

Bagaimana dengan analisa dan riset? Di bidang ini kami mulai dengan konsep keanggotaan melalui Langganan Konten. Kami mendapat banyak masukan dari pelanggan, calon pelanggan, dan banyak orang lainnya yang tidak bisa kami sebut semua. Terima kasih untuk masukannya. Beberapa hari ke depan kami akan menguraikan bagaimana usaha kami meningkatkan layanan ini.

Terakhir adalah data. Masyarakat investor yang maju didukung oleh data yang kaya, berkualitas, dan kredibel. Sebagai investor independen, saya belum menemukan penyedia data yang bisa memenuhi seluruh hal di atas. Menyediakan data dengan tiga kriteria tadi saya kira harus ada langkah panjang, marathon kerja lintas tahun, serta sumber daya besar. Investor nilai harus sabar.

Kami percaya bisa melakukan program kerja di atas dengan menjadi kegiatan usaha yang dikelola secara profesional dan mempunyai visi jangka panjang. Jika kami memberi nilai tambah di bidang investasi, masyarakat dan khususnya pelanggan mendapat manfaatnya, kita bisa tumbuh bersama-bersama memajukan Indonesia. Semoga kita diberi Tuhan umur, kesehatan, dan kesempatan yang baik untuk bekerja.


Diterbitkan: 10 Jul 2017Diperbarui: 9 Feb 2022