Walter Schloss

Profil Walter Schloss

Terbit 2 Komentar

Walter Schloss sering disebut sebagai investor nilai puritan gaya Graham yang sukses dengan perolehan fenomenal, selama 45 tahun ia bisa mengembangkan perolehan 15,3% per tahun. Uang 10 juta akan menjadi 12,3 miliar bila dikelola oleh Schloss.

Profil Walter Schloss

Walter Schloss (28 Agustus 1916 – 19 February 2012) adalah salah seorang murid langsung Graham, juga teman Warren Buffett, dan pernah menjadi karyawan di Graham-Newman fund. Walter Schloss disebut sebagai salah satu super-investor oleh Warren Buffet di penutup buku The Intelliegent Investor dalam esai berjudul The Super Investors of Graham-and-Doddsville.

Tidak pernah kuliah, pada 1934 saat ia berusia 18 tahun, Walter mulai bekerja sebagai runner di Wall Street. Saat itulah Schloss mengambil kursus yang diajarkan Graham di New York Stock Exchange Institute. Setelah itu dia akhirnya bekerja untuk Graham di Graham-Newman Partnership.

Pada 1955 Walter pamit dari Graham dan mendirikan perusahaan investasinya sendiri. Dia mengelola uang untuk 92 investor. Walter tercatat menorehkan rerata pengembalian investasi 21,3% per tahun. Sementara itu dalam versi lain, dengan rentang waktu lebih lama, rerata investasi Schloss adalah 15,3% untuk jangka waktu 45 tahun. Schloss menutup dana kelolaannya pada 2000 dan berhenti aktif mengelola uang orang lain pada 2003.

Gaya Investasi Walter Schloss

Mengutip Bruce Greenwald, keunikan dari manajemen investasi Schloss (yang dikelolah Walter dan anaknya, Edwin Schloss) adalah minimalisme. Kantornya terdiri dari 1 petak kecil ruang kantor yang disewanya. Mereka tidak mengunjungi perusahaan. Mereka jarang bicara pada manajemen. Mereka tidak menggunakan internet. Menurut laporan lain kantor mereka membutuhkan biaya operasional $11.000 padahal manajemen investasi mereka menghasilkan keuntungan 19 juta dolar.

Hal unik lain dari gaya investasi mereka adalah seketika tahu saham yang masih undervalued mereka akan membeli dalam posisi kecil. Lambat laun ketika ada perkembangan menarik mereka akan menambah posisi semakin besar. Schloss juga dikenal memegang lebih dari ribuan saham dalam portfolio mereka.

Referensi:

  • Bruce Greenwald, Value Investing: from Graham to Buffett and Beyond
  • Wikipedia

2 komentar di “Profil Walter Schloss

  1. Sewa pak. Schloss menyewa satu ruang kecil macam cubicle begitu untuk menekan pengeluaran. Kalau return Schloss 21% itu gross, 15% net setelah Schloss ambil keuntungan yang merupakan bagian dia setelah audit tahunan.

    1. Trims, tulisan sudah dimutakhirkan.

Komentar ditutup.