Perubahan Mekanisme Ide Bolasalju Mulai 1 Januari 2020

Posted on Tulis Komentar

Evaluasi dan sedikit perubahan perlakuan Ide Bolasalju yang akan berlaku mulai 1 Januari 2020.

Latar Belakang

Setelah diluncurkan sejak Mei 2018, Ide Bolasalju tidak banyak berubah. Setelah melalui beberapa pertimbangan, kami merasa perlu melakukan evaluasi.

Terima kasih kepada beberapa member yang memberi masukan. Ada beberapa pendapat yang menarik, termasuk di antaranya mengerucut beberapa hal berikut:

  • Posisi Ide tidak berupa posisi investasi riil. Hal ini memang by design, tapi juga bisa menciptakan problem dan keunggulan baginya.
  • Di sisi lain, posisi ide yang berupa analisa mengharuskan kami hanya mengeluarkan ide saat ada alasan di balik analisa. Hal ini juga mengundang problem lain.

Kita akan ulas masing-masing di bawah.

Sebagai referensi, mekanisma awal Ide Bolasalju berasal dari artikel asli di sini yang menjelaskan bagaimana Ide Bolasalju bekerja.

Problem dan Keuggulan dari Sifat Virtual Portofolio ide dan “Posisi Investasi” Berbasis Analisa

  • Hal pertama adalah manfaat. Karena sifat posisi ide adalah virtual, sifat jumlah dana seperti unlimited atau tidak terbatas. Hal ini bisa sangat menguntungkan “porto” Ide Bolasalju karena bisa “berinvestasi” setiap saat, sementara investor riil (dan saya sendiri) bisa menghadapi kesulitan karena keterbatasan dana sebab sudah masuk ke beberapa posisi.
  • Dan selanjutnya problem. Sifat portofolio virtual yang by design terhubungan dengan analisa yang harus rasional, akhirnya mengundang beberapa kelemahan:
    • Kami tidak bisa menaikkan posisi portofolio saat merasa sangat positif di suatu industri karena harus ada analisa terbit;
    • Kami tidak bisa membuat posisi mengurangi atau menjual untuk suatu saham demi melihat alasan temporer negatif suatu industri karena tidak bisa menerbitkan analisa jual jika pandangan kami masih positif akan suatu perusahaan;
    • Kami tidak bisa segera membuat suatu “posisi” Ide Bolasalju jika analisa kami belum lengkap dan komprehensif, meskipun kami saat itu sudah melakukan telaah beberapa lama (bahkan bulanan). Problem lain, tiba-tiba saham sudah naik harganya secara cepat dan kami ketinggalan.
  • Sementara itu, di sisi lain. Kami tidak mau membagikan posisi investasi pribadi sebab hal itu berhubungan gaya investasi dan juga manajemen risiko yang kami pilih. Kami percaya setiap investor punya gaya investasi berbeda-beda. Kami ingin Ide Bolasalju adalah mempunyai bobot gaya di tengah-tengah, yang masih menjaga titik konservatisme lebih besar, sementara bisa mengambil peluang dari posisi nilai. Sebagai contoh, kami bisa mengambil posisi investasi sangat kontrarian, seperti bisa dilihat di catatan portofolio (yang kami buka hingga 10 Januari 2020 untuk member), padahal hal itu bisa berisiko bagi mereka yang tidak tahan menghadapi gejolak atau fluktuasinya. Kami juga kadang memanfaatkan posisi temporer untuk mencari keuntungan tambahan. Selain itu kami percaya posisi investasi adalah unik dan eksklusif.

Mekanisme Ide Bolasalju per 1 Januari 2020

Dengan beberapa pertimbangan alasan di atas akhirnya kami memutuskan mulai 1 Januari 2020 Ide Bolasalju akan berubah. Konsep besar Ide Bolasalju masih mirip, namun karena penyesuaian dengan kondisi portofolio virtual di atas, maka harus ada perubahan mekanisme secara total.

Analisa Ide Bolasalju

  • Analisa hanya bersifat sebuah analisis, bukan analisa untuk mendukung suatu kegiatan investasi. Obyektifnya: (1) kami bisa menerbitkan Ide Bolasalju lebih banyak tanpa harus mengambil posisi investasi. (2) Anggota Premium bisa membaca lebih banyak Ide Bolasalju
  • Setiap analisa yang masuk Ide Bolasalju akan tampil di halaman Ide.
  • Sifat analisa Ide Bolasalju terdiri dari beberapa kategori rekomendasi: BELI, JUAL, HOLD (karena sifat overvalued), dan PERINGATAN. Analisa terproteksi lain tidak mempunyai kategorisasi ini.
  • Karena sifat waktu dan kecepatan, kami bisa menerbitkan analisa ringkas berupa pointer-pointer untuk mendukung argumen Ide Bolasalju.

Portofolio Virtual Ide Bolasalju (Portofolio)

  • Portofolio diperlakukan mirip sebuah rekening investasi, dengan ada transaksi pembelian dan penjualan.
  • Portofolio hanya bertransaksi dalam saham-saham yang lolos Ide Bolasalju (analisa di atas). Tidak ada batasan transaksi per saham. Batasan transaksi hanyalah jumlah dana yang ada dalam portofolio virtual.
  • Basis dana awal portofolio sejak 1 Januari 2020 adalah Rp100.000.000 (seratus juta) dan tidak akan ada tambahan dana lagi selamanya agar kinerjanya realistis. Dana sejumlah Rp100 juta diharapkan realistis, tidak terlalu kecil, tapi juga tidak terlalu besar, sehingga beberapa posisi ide diharapkan bisa dilakukan oleh siapa saja.
  • Karena bersifat sebuah transaksi portofolio independen (dibanding daftar Ide Bolasalju), kami akan melaporkan data transaksi pada akhir hari kerja untuk transaksi hari itu. Pelanggan bisa mengecek buktinya di spreadsheet terkait. Setiap laporan transaksi akan dimuat di rubrik portofolio (terproteksi).
  • Tidak ada batasan jumlah saham dalam portofolio, meski kami menyukai posisi minimalis.
  • Laba, dividen (dikurangi pajak 10%), dan biaya (beli/jual + komisi) akan dihitung dalam portofolio. Jadi setiap kerugian, tambahan dana dari dividen, dan keuntungan akan mempengaruhi kinerja portofolio. Basis komisi 0,2% beli dan 0,3% untuk jual, serta akan diupdate mengikuti biaya yang riil.
  • Pelaporan kinerja portofolio dilakukan bulanan. Tidak harus setiap saat ada transaksi. Kinerja dicatat dalam model reksadana.
  • Kalkulasi kinerja portofolio dihitung dengan basis unit Rp1000 per unit. Berhubung Ide Bolasalju sudah mulai sejak Mei 2018, maka kinerja lama akan diselesaikan hingga 31 Desember 2019. Angka basis indeks (NAB/UP) akan dibawa ke kinerja Ide Bolasalju selanjutnya mulai 1 Januari 2020. Misalnya: kinerja indeks per 31 Desember 2019 adalah 888,88, maka per 1 Januari 2020 Ide Bolasalju memulai kinerjanya dengan basis indeks 888,88 bukan 1.000,00. Demikian seterusnya.

Notifikasi Ide dan Transaksi Portofolio Virtual

  • Kami akan mengirim notifikasi via email kepada Anggota aktif setiap terbit analisa baru (baik beli/jual).
  • Kami akan mengirim notifikasi via email kepada Anggota aktif setiap ada transaksi beli/jual saham dalam Portofolio Virtual Ide Bolasalju. Setiap notifikasi akan dikirim pada akhir hari kerja.
  • Notifikasi ide dan transaksi akan dikirim via email ke pelanggan yang terdaftar. Mohon mengecek aturan spam/filter email masing-masing.

Peringatan dan Disclaimer

  • Jika dulu posisi Ide Bolasalju (nanti Portofolio Virtual Ide Bolasalju) bisa berbeda dengan posisi investasi riil, maka dengan perubahan ini, mulai 1 Januari 2020 hal tersebut akan sangat berkurang perbedaannya.
  • Kami tidak menjanjikan posisi Portofolio Virtual sama dengan portofolio kami (keluarga dan kemitraan). Tapi kami selalu menggunakan seluruh Ide Bolasalju (analisa ide) sebagai basis keputusan investasi.
  • Segala sifat analisa, rekomendasi, dan transaksi dalam Ide Bolasalju dan Portofolio Virtual Ide Bolasalju adalah sebuah opini pribadi dari personil Bolasalju. Anda bisa setuju, tidak setuju, atau menolak seluruh posisi tersebut. Dan itu adalah keputusan Anda sendiri. Anda bertanggungjawab terhadap investasi Anda sendiri.
  • Investasi mempunyai risiko. Mohon selalu diingat hal ini.

Mohon dipahami semua perubahan di atas. Hal ini penting karena akan mengubah sifat layanan Ide Bolasalju secara signifikan.

Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan