Posted on

Mekanisme Pemantauan Kinerja Ide Investasi Bolasalju

Ide Investasi Bolasalju

Artikel ini membahas lebih detail mekanisme pemantauan rekam jejak Ide Investasi Bolasalju.

Sekilas Ide Investasi Bolasalju

Ide Investasi Bolasalju
Pada 15 Mei 2018 Bolasalju meluncurkan Ide Investasi Bolasalju yang menjadi tonggak sejarah penting setelah 8 tahun berdiri.

Bolasalju menerbitkan beragam analisa emiten: dari yang mau IPO, emiten baru, atau lama. Tidak semua analisa berisi ide investasi. Analisa yang berisi ide diberi tanda seperti gambar di atas. Ide kami adalah rekomendasi investasi siap eksekusi yang dipilih memakai paradigma investasi nilai berdasarkan analisa fundamental komprehensif. Setiap ide kami pantau rekam jejak kinerjanya.

Tidak setiap analis merekam kinerja rekomendasi mereka. Saya berharap hal ini tidak membuat kami terlihat bodoh jika hasilnya buruk. Meski kami punya keyakinan penuh. Kami memantau kinerja ide agar jika ada kesalahan bisa segera mengevaluasi; jika ada kesuksesan, semoga pelanggan bisa menikmatinya. Kami pelaku walk the talk dengan rekam jejak 8 tahun yang bisa dipantau setiap saat. Tak ada salahnya menambah satu pantauan kinerja lagi.

Setiap analisa Bolasalju akan menyampaikan secara terbuka apa yang baik dan buruk. Begitu pula saat materi ada kekurangan atau kekeliruan kami akan sampaikan dan merevisi secepatnya. Kami berusaha mengurangi kekeliruan dalam analisa dengan menyajikan argumen dan data komprehensif. Bolasalju akan mencari peluang investasi terbaik sebagaimana saya meriset ide investasi untuk diri sendiri.

Kami menjunjung integritas karena ini adalah masa depan Anda dan kami. Saya berharap kita bisa tumbuh bersama.

Saya saat ini bekerja sendiri penuh waktu meriset dan menulis untuk Bolasalju. Di masa depan, kami ingin mempunyai analis-analis kredibel yang menyajikan beragam analisa di berbagai sektor. Seperti seorang Musashi yang berlatih keras menekuni Jalan Pedang untuk menjadi samurai yang baik, saya akan terus belajar, menambah pengetahuan, dan disiplin menerapkannya untuk memperbaiki analisa di Bolasalju sehingga Anda bisa menerima analisa investasi terbaik.

Mekanisme Pemantauan Kinerja Ide Investasi Bolasalju

  • Setiap analisa investasi berisi ide akan tampil di halaman Ide dan diberi tanda khusus.
  • Setiap terbit analisa berisi ide investasi beli, kita akan mensimulasikan dengan berinvestasi senilai Rp10 juta rupiah di saham itu. Karena sifat simulasi, maka jumlah saham bisa dalam pecahan dan tidak selalu mengikuti aturan lot di bursa. Simulasi pembelian senilai rupiah yang sama memberi kesempatan adil bagi saham berharga murah atau mahal.
  • Satu saham bisa mempunyai satu atau lebih ide investasi beli setelah melalui perkembangan tertentu, yaitu: harganya yang turun atau kinerja perusahannya lebih bagus.
  • Saham dari ide beli akan dijual (keluar) saat: 1) target harga tercapai; atau, 2) jika ada rekomendasi baru berdasarkan perkembangan di masa depan. Simulasi keluar investasi adalah penjualan seluruh unit saham itu berapapun nilai terakhirnya.
  • Jika posisi keluar investasi terjadi lebih dari satu tahun, maka kinerja ide saham itu akan terekam sebagai perkembangan nilai investasi yang terus berjalan. Jika ada kinerja rugi akan menjadi pengurang kinerja total.
  • Hasil dividen akan ditambahkan ke hasil investasi, dan akan mempengaruhi hasil investasi.
  • Laba/rugi hasil ide investasi adalah selisih dari total nilai awal dan akhir pada periode tertentu yang akan jadi rekam jejak kinerja Ide Investasi Bolasalju. Kinerja dicatat dalam model reksadana.
  • Hasil kinerja investasi disajikan dalam persentase. Pemantauan kinerja dimulai sejak Mei 2018. Kinerja pertama akan terbit akhir 2018.
  • Agar kinerja Ide rasional, kebijakan kami: a) saat masuk investasi, kami akan memakai angka indeks yang lebih besar di antara indeks per akhir bulan sebelunya dibandingkan saat ide keluar; b) saat menjual, kami akan memakai angka indeks terkecil di antara indeks per akhir bulan sebelunya dibandingkan saat ide keluar.

Beberapa Perbedaan dengan Pelaksanaan Investasi Nyata oleh Investor

  • Ide Investasi Bolasalju bisa terdiri dari dua hingga (nantinya) lebih dari puluhan saham. Dalam langkah nyata investor bisa fokus hanya di beberapa saham yang mereka suka.
  • Kami akan keluar investasi saat target harga atau rekomendasi jual terbit. Dalam langkah nyata investor bisa tetap memegang investasi seterusnya jika saham masih prospektif sehingga keuntungannya masih bisa bertambah lebih besar.
  • Kinerja Ide adalah agregat perolehan semua sahamnya. Kinerjanya bisa lebih kecil atau lebih besar dibanding langkah investasi nyata investor yang memilih beberapa saham.
  • Kinerja diukur dari selisih nilai akhir dan nilai awal investasi, bukan dari rata-rata persentase hasil investasi setiap ide. Saham berkinerja 30%, 22%, dan 11% rata-ratanya adalah 21%. Hasilnya akan sama jika diukur dengan model reksadana.
  • Kelebihan model reksadana jika langkah keluar investasi terjadi lebih dari 1 tahun, maka kita pun bisa mengukurnya secara adil, sementara kinerja rata-rata tidak bisa. Model reksadana juga bisa menghitung hasil tambahan dari dividen.