Inilah cerita Lo Kheng Hong yang diutarakannya dalam forum Investor Summit 2012 di Ritz Carlton, Rabu, 28 November lalu. Berikut kutipannya:

Untuk sukses di pasar modal, Lo Kheng Hong menganut aliran fundamental. Ia hanya memerhatikan kinerja fundamental emiten, yakni kemampuan perusahaan mencetak laba dan prospek usahanya. Perusahaan dijalankan oleh manajemen yang jujur dan berintegritas tinggi.

Untuk memahami kinerja dan prospek emiten, ia membaca prospektus, laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan, juga aksi korporasi. “Selain membuka website BEI, saya juga membaca koran. Saya mengimbau semua pemodal dan calon pemodal untuk mengenal apa yang hendak dibeli dan membeli saham yang sungguh sudah dikenali dengan baik,” papar Lo Kheng Hong.

Syarat lain adalah stamina fisik dan psikologis. Pemodal yang sukses selalu merasa lapar dan bodoh agar terus belajar. Investor yang sukses, kata Lo Kheng Hong, adalah mereka yang memiliki stabilitas emosional. Sabar melihat fluktuasi harga yang acap sangat ekstrem dan tidak mudah stres apalagi terkena depresi.

Silakan dibaca tulisan lengkapnya di Berita Satu.


Diterbitkan: 3 Dec 2012Diperbarui: 9 Feb 2022