Pasar saham yang diwakili Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun -0,69% dari 6.018,46 menjadi 5.976,55. Bagaimana kinerja Ide Bolasalju per September 2018?

Pada kesempatan ini, saya ingin bercerita tiga hal: kinerja September, diskusi tentang kegiatan operasional investasi saham, dan permintaan maaf.

Ide Bolasalju selama September naik 1,1% dibanding indeks bulan sebelumnya. Kinerja ini diperoleh dari terapresiasinya beberapa saham hingga menorehkan hasil positif. Namun karena ada dua saham lain masih turun hingga di bawah -8%, akhirnya kinerja tergerus hingga hanya memperoleh satu persen saja.

Kegiatan operasional investasi menurut saya ada tiga bagian yang tidak terpisah: memilih perusahaan yang bagus, menghitung nilai perusahaan itu, dan melakukan kegiatan investasi. Tiga kegiatan ini terpisah, tapi sangat terkait.

Seorang investor bisa sangat akurat memilih perusahaan bagus tapi jika ia salah kalkulasi nilainya, maka ia bisa tidak tertarik dengan perusahaan itu, atau di sisi lain berharap terlalu besar pada perusahaan itu. Ada perusahaan bagus, tapi investor kurang tepat dalam kegiatan investasi, maka hasilnya juga tidak bagus. Kegiatan investor adalah menggabungkan tiga kegiatan operasional investasi tersebut. Investor yang sukses adalah mereka yang bisa menggabungkan ketiganya secara pas.

Dengan menjadi pelanggan Bolasalju, investor paling tidak sudah dibantu dalam melakukan dua kegiatan operasional investasinya, yaitu memilih dan menilai. Saya berusaha selalu hati-hati dalam memilih, dan saya akan selalu mengevaluasi secara berkala. Dalam penilaian, saya berusaha sekonservatif mungkin, agar nilainya tidak terlalu tinggi.

Dalam kegiatan investasi, kita bisa benar dalam ketiga hal itu, atau bisa salah di salah satu. Seperti yang saya lakukan dalam valuasi Ide #07 yang terbit bulan lalu. Ada perbedaan target harga saham antara +133,1% di edisi awal menjadi +45,28% saat direvisi. Harga saham saat ini masih punya potensi lumayan +38,54%. Angka target terlalu besar muncul karena model yang terlalu agresif, penilaian jadi terlalu tinggi. Saya mohon maaf kepada pelanggan, target harganya harus diturunkan. Seandainya target harga itu saya pakai untuk diri sendiri, mungkin tak ada masalah kalau saya punya alasan rasional. Tapi Bolasalju ditargetkan untuk investor umum, maka saya harus meralat angka tersebut.

Kinerja Ide Bolasalju bisa diikuti pembaca seperti memantau kinerja investasi saya selama 8 tahun terakhir. Pemantauan kinerja Ide Bolasalju disajikan terbuka. Anggota Bolasalju bisa meneliti setiap transaksi, pendapatan dividen, dan kalkulasi kinerja melalui lembar kerja yang disediakan di halaman Ide Bolasalju.

Kinerja Ide Investasi Bolasalju per September 2018

[caption id="attachment_14085" align="alignnone" width="1156"]Kinerja Ide Bolasalju per September 2018 (beserta hasil dividen) Kinerja Ide Bolasalju per September 2018 (beserta hasil dividen)[/caption]

Pemantauan kinerja menggunakan metode panduan ini: Mekanisme Pemantauan Kinerja Ide Investasi Bolasalju.


Diedit oleh YW—Anda tunduk pada Disclaimer


Diterbitkan: 1 Oct 2018Diperbarui: 18 Feb 2022