Posted on

Investasi Pendapatan Tetap ORI015 dengan Kupon 8,25% Dijamin Pemerintah

Pemerintah kembali menawarkan investasi pendapatan tetap untuk ritel yang dijamin negara. Karena berbentuk surat utang, namanya adalah Obligasi Negara Ritel 015, kuponnya 8,25%, bisa diperdagangkan setelah dua kali pembayaran bunga.

Apa itu ORI015?

Obligasi Ritel Indonesia 015, disingkat sebagai sebagai ORI015, adalah salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui mitra distribusi melalui pasar perdana. Kali ini instrumen pembiayaan negara ini ditawarkan dalam skema obligasi atau surat utang. Namanya Obligasi Negara Ritel 015 (disingkat ORI015). ORI015 adalah salah satu alternatif investasi yang aman, terjangkau, dan menguntungkan.

Baca juga: Mengenal Obligasi atau Sukuk

Berinvestasi obligasi atau sukuk tidak selalu tersedia atau terjangkau untuk investor kecil. ORI015 adalah salah satu cara berinvestasi di instrumen surat utang yang menjanjikan penghasilan tetap bagi masyarakat umum. Inilah kesempatan baik Anda untuk berinvestasi penghasilan pasti (kupon bunga tetap) dan dijamin oleh pemerintah RI.

ORI015 Tidak Syariah

Sayangnya, jika kamu peduli dengan isu Syariah, ORI015 bukan instrumen investasi yang sesuai akad syariah. Kamu harus sabar nantikan produk Sukuk Tabungan Ritel (STR002) yang sebentar lagi akan diluncurkan oleh pemerintah, atau produk Sukuk Ritel lainnya.

Keuntungan dan Karakter ORI015

Dijamin Oleh Negara, kupon dan pokok dijamin oleh Undang-Undang. Instrumen investasi ini yang menerbitkan adalah negara atau Pemerintah Republik Indonesia. Dana Anda dijamin 100% oleh negara. Bunga dan pokok investasi aman dan pasti.

Minimum Rp1 juta dan kelipatan Rp1 juta — Investor kecil pun bisa mengakses obligasi (surat utang) dijamin pemerintah yang menjanjikan penghasilan tetap. Maksimum Rp3 miliar.

Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN.

Kupon dengan tingkat bunga tetap 8,25% (per tahun) sampai pada waktu jatuh tempo.

Kupon dibayar setiap bulan—bunga dibayar tanggal 14 setiap bulan. Besar bunga per bulan adalah 0,6875% dari investasi, sebelum dipotong pajak penghasilan final.

Tenor atau jatuh tempo: 3 Tahun, 15 Oktober 2021

Dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder, setelah periode pembayaran bunga dua kali (artinya dua bulan), dan setelahnya kamu bisa menjual atau membeli di pasar sekunder, mirip seperti beli saham. Bedanya harga ORI015-nya sudah mengikuti harga pasar, bisa lebih murah atau lebih tinggi dari pokoknya.

Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain.

Masa Waktu Penting ORI015

  • Penetapan Kupon 2 Oktober 2018
  • Launching 4 Oktober 2018
  • Masa Penawaran: 4 Oktober 2018 – 25 Oktober 2018
  • Penjatahan: 29 Oktober 2018
  • Settlemen (penyelesaiaan transaksi obligasi ke tangan investor): 31 Oktober 2018

Mitra Distribusi ORI015

Mitra Distribusi ORI015

Tata Cara / Langkah Mudah Berinvestasi ORI015

  • Mendatangi kantor pusat/cabang Mitra Distribusi yang siap untuk melayani Pemesanan Pembelian ORI015
  • Membuka rekening dana (jika diperlukan) pada salah satu bank umum dan rekening surat berharga (jika diperlukan) pada salah satu Sub-Registry atau Partisipan/Nasabah Sub-Registry
  • Menyediakan dana yang cukup sesuai jumlah pesanan untuk pembelian ORI015 melalui Mitra Distribusi
  • Mengisi Formulir Pemesanan dan menyampaikan Formulir Pemesanan tersebut beserta fotokopi KTP yang masih berlaku dan bukti setor (jika diperlukan) kepada Mitra Distribusi
  • Menerima tanda terima bukti penyerahan dokumen dari Mitra Ditribusi.

Referensi