Bagi investor jangka panjang, aktivitas investasi itu ternyata banyak yang membosankan. Maka benar adanya bahwa mereka yang sabar dalam berinvestasi akan dikaruniai keberuntungan yang setimpal. Betapa tidak. Aktivitas yang paling menyenangkan dalam berinvestasi bagi saya adalah kegiatan riset perusahaan dan menemukan fakta yang menarik. Risetnya sendiri tentu membosankan.

Saat paling menyenangkan adalah ketika menemukan sebuah perusahaan bagus, dan sahamnya masih murah. Menemukan suatu perusahaan menghasil penjualan yang stabil, wow keren, senang. Lalu diam. Kemudian menemukan bahwa struktur keuangannya konservatif, kas melimpah padahal produksi jalan terus. Kemudian sepi, lalu kita lanjutkan untuk memelototi fakta-fakta lain. Setelah sekian lama mencari bukti dan kelemahan akhirnya kita mempunyai kesimpulan ini adalah perusahaan bagus. Lalu kita hitung harga wajarnya lagi dengan berbagai fakta dan skenario, diturunkan untuk perhitungan konservatif, dinaikkan sedikit untuk proyeksi normal, lalu kita memutuskan membeli sahamnya. Setelah itu harga saham naik. Akhirnya kita tidak ada kegiatan. Bosan lagi. Umpama harga turun, barulah kita ada kegiatan lagi untuk average down, hingga batas lot tercapai seusai rencana dalam manajemen portfolio. Akhirnya kita berhenti lagi, untuk menunggu menemukan perusahaan lain atau terjadi pergerakan harga yang sesuai dengan harapan kita. Selebihnya hanya diam.

Demikianlah, kegiatan investasi itu membosankan. Kecuali Anda memilih menjadi spekulan, atau trader, pasti hidup Anda menyenangkan karena adrenalin terpacu, tak kalah dengan orang-orang yang menghadapi bandar di meja judi. Tapi saya memilih menjadi investor. Makanya, membosankan.


Diterbitkan: 12 Jan 2012Diperbarui: 9 Feb 2022