Happy New Year

Find A New You

Posted on Tulis Komentar

Artikel ini akan mengubah hidupmu dalam mencapai dirimu yang baru.

Setiap awal tahun kita biasa menulis resolusi atau catatan yang ingin kita capai untuk tahun ini. Sering kali setelah resolusi ada, kita lalu melupakannya. Atau gagal mewujudkannya. Akhirnya, setiap tahun menulis resolusi hanya jadi kegiatan rutin tanpa makna.

Saya ingin berbagi sebuah rahasia soal mencapai resolusi secara lebih baik dan menyenangkan.

Hal pertama adalah lupakan resolusi. Lupakan. Buang. Tak usah menulis resolusi.

Cari DIRIMU yang Baru, Dengan Cara Lain

Alih-alih mendaftar 10 hal yang ingin kamu lakukan tahun depan, hari ini mulailah tulis apa yang kamu kerjakan 1 tahun terakhir. Daftar lengkap. Selengkapnya. Segala pencapaian dari keluarga, pekerjaan, relasi, pendidikan, hingga kinerja investasimu.

Sudah ditulis? Pencapaianmu setahun lalu bagus, kan?

Jika kamu bukan pemalas, kamu akan menemukan beberapa hal menarik. Ternyata kamu melakukan banyak pekerjaan berharga tahun lalu. Kamu mencapai banyak hal yang seharusnya patut dibanggakan. Kinerja investasimu mungkin tidak bisa mengalahkan mereka yang terbaik, tapi kamu di jalur yang tepat (on the right track).

Kalau kamu tidak menemukan catatan menarik selama setahun terakhir, kamu dalam kondisi yang berbahaya. Evaluasi dirimu. Evaluasi fokusmu. Evaluasi bagaimana cara kamu hidup dan bekerja.

Temukan Target Baru

Sekarang, ini yang penting setelah kamu melupakan resolusi. Dari daftar pencapaianmu itu, evaluasi satu per satu, mana dari beberapa hal itu yang bisa kamu tingkatkan.

Mungkin kamu bisa menambah baca 2-5 buku tahun ini dari 20 buku pada tahun lalu. Jumlah yang masuk akal, kan? Mungkin kamu bisa belajar laporan keuangan tahun ini. Mungkin kamu mulai belajar valuasi. Atau, kamu ingin mencoba lebih sabar tahun ini. Dan mungkin kamu bisa mencoba banyak hal lainnya.

Ingat, kuncinya tidak menaikkan target terlalu ambisius. Buatlah target yang positif, dengan jumlah rasional, dan kemungkinan besar kamu bisa mencapainya.

Sebenarnya trik tidak melupakan resolusi sepenuhnya, kan? Tapi kita meraihnya dengan cara terbalik. Psikologi pencapaian akan mengubah pola pikir. Mencapai sesuatu akan jauh lebih membahagiakan daripada melihat beberapa kegagalan.

Menjadi Lebih Positif, Lebih Bahagia

Lalu, setiap hari, setiap awal pekan, setiap bulan, ulang lagi proses ini menjadi pecahan-pecahan kecil pekerjaan yang bisa diraih, yang masuk akal dilaksanakan, yang rasional untuk diraih.

Kegagalan mewujudkan resolusi memberi perasaan negatif kepada seseorang. Kegagalan itu akan menambah citra negatif dirinya bahwa ia tidak bisa melakukan sesuatu. Bahwa ia akan gagal.

Setiap pekerjaan kecil yang kamu selesaikan akan membuatmu tambah bahagia. Setiap keberhasilan kecil akan membuatmu ketagihan untuk mengerjakan pekerjaan kecil lainnya. Hal ini berkorelasi positif terhadap psikologi seseorang dalam jangka panjang.

Seorang Jenderal pernah bilang bahwa ia memerintahkan anggota marinir untuk selalu merapikan kamar tidurnya setiap pagi saat ia bangun karena itu akan mengubah perasaannya sepanjang hari.

Hal kecil bisa mengubah banyak hal. Hal kecil bisa mengubah nasibmu.

Kamu akan lebih mudah meraih pencapaian kecil daripada mencoba ingin melompat terlalu tinggi.


Be a new you. Sampai ketemu tahun depan!

Dan jangan lupa share artikel ini untuk orang yang kamu kasihi.

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Tinggalkan Balasan