Tips Mencari Buku Termurah Di Toko Buku Online

Posted on

Terlalu banyak buku yang ingin dibeli, tapi ingin hemat? Berikut tips mencari buku termurah di seluruh toko buku online sedunia.

Investor sukses murid-murid Graham menghabiskan banyak waktu mereka untuk membaca dan berpikir. Charlie Munger pernah bilang, “Sepanjang hidup saya, saya tidak mengenal orang bijak (yang mempelajari bidang subjek luas) yang tidak membaca sepanjang waktu.”

Sebuah buku merekam tahunan perjalanan intelektual seseorang yang bisa dinikmati pembaca dalam satu kali baca. Anda seperti bisa “mencuri” secuil pengetahuan seseorang dari buku yang ditulisnya. Maka jelas, kebutuhan mencari buku sebagai bahan bacaan itu sangat penting.

Value investor selalu berhemat, kan?

Berkah Findbookprices.com

Dari berbagai situs online pembanding harga buku termurah, favorit saya hingga saat ini hanya situs findbookprices.com. Yup, langsung saja kunjungi situs itu dan tak perlu baca ulasan saya ini biar hemat waktu ?

Baiklah, bila Anda masih ada waktu, saya akan jelaskan secara ringkas beberapa keunggulan situs pencarian dan perbandingan harga buku online ini. Saya juga akan bagikan satu tips lainnya untuk mendapatkan buku digital diskonan. ?

Antarmuka Sederhana dan Langsung Bekerja

Lihatlah tampilannya seperti di bawah ini. Sederhana, jelas, dan it just works! Langsung kotak pencarian tanpa perlu basa-basi lagi. Sederhana dan ringkas, kan?

findbookprices.com
Halaman muka findbookprices.com

Pencarian yang Cepat, Akurat, dan Lengkap

Situs ini bisa mencari harga buku baru dan bekas dari berbagai toko buku online. Setelah Anda klik tombol “Go”, Anda akan langsung diberi dua kemungkinan hasil:

  • Jika Anda mencari judul, nama penulis, penerbit, atau kata pencarian lainnya, maka findbookprices.com akan menampilkan daftar buku yang ditemukan sesuai dengan pencarian tersebut.
  • Jika Anda mencari ISBN, jika ISBN itu valid, maka situs findbookprices.com akan menampilkan daftar harga buku dengan ISBN tersebut di berbagai situs online.
Hasil pencarian findbookprices.com judul buku
(1) Hasil pencarian findbookprices.com judul buku
Hasil pencarian findbookprices.com ISBNI
Hasil pencarian findbookprices.com ISBNI

Saya tidak tahu berapa toko buku yang mereka muat. Mereka hemat kata. Berbeda dengan beberapa situs lain, tapi saya tahu situs ini dari dulu. Entah berapa tahun lalu. Saya langsung suka dan tidak pernah berpaling ke lain situs. Saya bisa menemukan amazon, bookdepository, alibris, betterworldbooks, ebay, dan banyak lagi. Saya kira cukup lah.

Dan situs ini memang akurat. Saya pernah menemukan buku investasi bekas seharga di bawah Rp150.000. Langsung saya pesan di toko buku yang disebutkan. Setelah selesai, saya iseng coba cari lagi di situs ini. Hanya selisih beberapa detik saja, dan benar buku yang termurah tersebut sudah tidak tampil lagi.

Harga dalam Rupiah, Termasuk Ongkos Kirim

Yup. Cukup akurat. Seperti judul. Anda bisa mengubah denominasi mata uang sesuai preferensi. Misalnya rupiah.

Asyiknya lagi harga tersebut sudah termasuk ongkos kirim.

Fasilitas Alert dan Wishlist

Tapi.. sayangnya harga buku yang ada masih terlalu mahal. Kapan ya ada yang jual lebih murah? Nah, jika Anda sabar untuk menunggu, caranya cukup mudah. Manfaatkan fasilitas alert atau wishlist di findbookprices.com.

Kedua menu ini sebenarnya sama saja. Menunya dipisah biar yang tidak familiar dengan satu istilah bisa mengakses tanpa ragu. Konsepnya sebenarnya Wishlist, tapi ada fasilitas wishlist dengan alert dalam batas harga sesuai keinginan Anda.

Untuk memanfaatkan fasilitas ini Anda harus mendaftar di situs findbookprices. Jangan khawatir, situsnya menurut saya aman. Saya tidak pernah menerima spam. Saya hanya menerima email sesuai alert saja.

Pertama, klik “Set Price Alert”.

Klik Set Price Alert
Klik Set Price Alert

Kedua, atur batas bawah harga buku tersebut bila Anda ingin diberi peringatan. Contoh di sini saya memberi batas bawah Rp500.000 untuk buku Poor Charlie’s Almanack. Jika ada yang menjual buku di bawah batas harga tersebut maka saya dapat notifikasi via email. Lihat tampilannya di bawah.

Atur batas harga yang Anda inginkan untuk buku itu
Atur batas harga yang Anda inginkan untuk buku itu

Berikut adalah contoh tampilan Wish List punya saya. Buku pertama “Damn Right!” adalah jenis wish list tanpa alert harga. Situs findbookprices akan menampilkan harga paling murah buku itu. Buku kedua dan selanjutnya ada pengaturan alert dengan batas harga bawah Rp150.000 dan Rp500.000.

Daftar alert yang saya pesan
Daftar alert yang saya pesan

Setelah mengatur alert, saat ada buku yang dijual lebih murah dibanding batas bawah harga yang Anda tentukan, Anda akan menerima alert soal buku itu via email.

Mudah kan cara pengoperasian situs ini?

Apakah Aman Memesan Buku-buku dari Toko Buku Tersebut?

Sejauh yang saya rasakan, saya hanya pernah memesan di tiga toko buku. Semuanya saya kira aman. Toko buku online biasanya menyediakan pembayaran kartu kredit dan/atau paypal.

Situs pertama adalah Amazon. Situs paling terkenal dengan waktu pengiriman terserah kita, asal ada duit bisa 3-4 hari sampai ?

Situs kedua adalah bookdepository.com untuk alternatif membeli buku baru yang biasanya lebih murah dibanding Amazon. Ingat, saya bilang “biasanya”, kadang mahal juga sih. Enaknya situs ini harga sudah termasuk ongkir dengan waktu pengiriman ekonomis (2-4 minggu). Via pos. Paling hanya bayar jasa pos (bukan cukai/pajak karena buku sekarang bebas pajak.

Situs ketiga adalah betterworldbooks.com. Ini adalah situs terakhir yang saya baru coba tahun lalu. Situs ini menjual buku baru dan bekas. Awalnya saya ragu. Tapi demi buku bekas bermutu murah seharga Rp150.000, akhirnya saya beranikan pesan. Saya pernah beli buku ternyata pengirimnya perpustakaan di kota Amerika. Ternyata situs ini punya misi dana pembelian buku juga disumbangkan kembali untuk pengadaan buku yang disumbangkan melalui berbagai lembaga. Asyik kan?

Cara Lain Termurah, Baca Buku Digital

Buku kertas memang lebih mahal. Mau dipakai logika atau cara bagaimana pun, pasti lebih mahal.

Buku digital jelas pilihan yang lebih murah. Nah ada satu trik jika Anda mengincar buku digital tertentu. Syaratnya Anda bisa membaca via Kindle dan memakai Goodreads. Anda pun harus menghubungkan Goodreads dan akun Amazon.

Karena Goodreads sudah dimiliki oleh Amazon, maka saya kira ada manfaatnya ? Kadang tanda “wants to read” atau currently-read di Goodreads bisa memicu sesuatu di Amazon. Tunggu sampai Amazon memberi tahu Anda bahwa buku didiskon seharga $1,99 hingga $2,99. Saya nggak tahu apa asumsi ini benar atau tidak, tapi saya sering mendapat diskonan seperti itu. Banyak sekali buku bagus saya beli setara Rp14.000 hingga Rp50.000. Saya juga yakin Amazon mengaplikasi teknologi untuk memberi rekomendasi ke pelanggannya.

Lumayan, kan?

Penutup

Demikian sekilas cara mencari buku termurah dari seluruh dunia. Saya lupa di mana saya membaca tentang situs ini. Yang jelas dari tokoh teknologi terkenal. Saya baca di buku atau wawancara dia. Maka saya senang berbagi siapa tahu Anda belum tahu situs ini.


Disclaimer: artikel ini dibuat tanpa pesanan dan tekanan dari seluruh situs yang disebutkan. Saya punya akun afiliate di situs bookdepository. Artinya, jika Anda membeli dari situs tersebut, saya mungkin dapat komisi sepersekian persen dari nilai penjualannya. Saya bilang mungkin karena jumlahnya sedikit dan entah kapan bisa cukup untuk beli buku ?