Sumber Informasi Investor Indonesia Edisi 2019

Posted on

Mencari sumber informasi yang cepat, informatif, dan tepat adalah salah satu tugas investor agar sukses dalam kegiatan investasinya. Berikut adalah komplikasi beberapa sumber informasi investor per tahun 2019, baik yang tersedia gratis dan berbayar.

Sumber Informasi Utama: Regulator Mandiri Bursa Indonesia

Sumber utama informasi yang bisa dimanfaatkan investor Indonesia secara terbuka tentu saja adalah situs triumvirat lembaga regulator mandiri (self regulator) yang mengatur bursa di Indonesia, yaitu: Bursa Efek Indonesia, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI). Dari ketiga situs, yang paling sering dikunjungi tentu saja situs Portal IDX dan KSEI.

Berikut adalah kompilasi beberapa sumber informasi yang paling berguna menurut saya:

  • IDX: Informasi perusahaan di IDX, contohnya Profil UNVR. Di halaman ini Anda bisa ikuti pengumuman, iklan, publikasi laporan keuangan, laporan tahunan, data direksi, serta informasi dan alamat perusahaan. Tips: ganti kode saham di akhir alamat untuk perusahaan lainnya.
  • IDX: Informasi laporan keuangan dan tahunan di IDX
  • IDX: Informasi Prospektus Perusahaan Terbuka yang baru tercatat
  • KSEI: Pengumuman Aksi Korporasi Perusahaan (Coporate Action). Halaman utama adalah data pengumuman dividen, namun investor bisa menelusuri informasi lainnya seperti: RUPS, saham bonus, stock split, reverse split, dan lainnya.
  • Situs perusahaan. Silakan lihat informasi perusahaan, kemudian kunjungi situsnya di sana.

Media

Bisnis

Masih jadi rujukan utama saya karena liputannya yang cukup mendalam, tidak hanya mengejar kecepatan berita. Fokusnya juga berbeda dengan media lainnya. Bisnis sering mendapat iklan publikasi dari emiten. Harga langganan mulai dari Rp1 juta per tahun.

Kontan

Media bisnis dari Kompas ini adalah sumber media kedua yang cukup komprehensif. Dibanding Bisnis, data mentah yang disajikan Kompas jauh lebih banyak. Harga langganan mulai dari Rp1,2 juta per tahun.

Investor

Anggota grup Beritasatu dari grup Lippo ini juga menjadi salah satu rujukan investasi, khususnya harian Investor Daily dan Majalah Investor. Harga langganan mulai dari Rp480 ribu per tahun (harian) dan Rp240 ribu per tahun (majalah).

Tempo

Grup media ini dikenal berintegritas, independen, dan terkenal berani mengusung isu kontroversial dan penting. Memuat isu politik, sosial, dan ekonomi. Meski tidak langsung seputar investasi, arsip Tempo adalah gudang berharga informasi untuk mendapatkan informasi kredibel soal perusahaan, tokoh, dan Indonesia. Harga langganan paket Gold (koran dan majalah) mulai dari Rp550 ribu per tahun.

Situs Penunjang dan Data

Stockbit: contoh emiten Indofood, https://stockbit.com/#/symbol/INDF

Perkembangan startup investasi ini sangat pesat. Berawal dari media sosial untuk bertukar gosip dan info emiten. Stockbit sekarang menyediakan data keuangan emiten dan juga layanan perantara brokerage, meski saat ini hanya dengan Sinarmas Sekuritas. Beberapa data keuangan penting hanya tersedia untuk akun Pro. Akun gratis juga bisa mendapatkan layanan notifikasi untuk memantau emiten. Layanan Stockbit bisa diakses via website dan applikasi mereka yang didesain dengan cantik. Kekurangannya, website terasa agak lambat.

Yahoo Finance Stockshttp://finance.yahoo.com/

Ini adalah sumber informasi kedua saya untuk melihat harga saham secara aktual dan mudah. Keunggulan Yahoo Finance ada di Chartnya yang bisa menelusuri hingga data beberapa tahun terakhir. Dan, masih gratis.

Quotes WSJ: https://quotes.wsj.com/ID/XIDX/UNVR

Ini adalah sumber informasi data saham alternatif dari media asing Wall Street Journal untuk mengkonfirmasi beberapa data lain yang barangkali berguna. Data finansial historis beberapa tahun masih tersedia gratis tanpa perlu login.

Sponsor

Bolasalju.com

Yup, kami menyediakan edukasi sejak 2010. Ada ebook panduan dasar investasi, artikel edukasi, dan podcast. Gratis. Kami juga menyediakan layanan berbayar berupa keanggotaan, data kompilasi screening saham value, dan juga kelas investasi online dan offline. Semoga kami bisa memperbaiki dan meningkatkan layanan agar semakin berkembang dan makin baik.