Lupakan

Lupakan!

Posted on Tulis Komentar

Ketika pertama kali mengenal saham, mayoritas akan berpikir dan mengira bahwa kita semua harus memantau pergerakan saham setiap hari agar investasi kita sukses atau untung.

Setiap jam buka. Setiap hari. Setiap menit. Setiap detik.

Imajinasi itu mungkin datang karena seringnya kita diserbu dengan gambaran yang salah di media.

Ada berita saham di koran dengan foto grafik naik dan turun. 

Ada berita saham di televisi dengan ilustrasi kesibukan broker berdebat dengan partnernya.

Ada cerita bahwa mereka yang sukses di pasar saham adalah mereka yang didukung dengan peralatan komputer berlayar tiga atau lebih, peralatan yang pasti canggih dan mungkin dibeli dengan biaya mahal.

Menurut hemat saya. Lupakan itu semua. Lupakan.

Tak ada relevansi kehebohan memantau saham setiap hari dengan keuntungan investasi.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebagai indikator kinerja seluruh saham yang ada di Bursa Efek Indonesia, bergerak dari 5.226,95 menjadi 6.299,54 atau naik +20,52% selama 5 tahun terakhir (2015 – 2019).

Pikirkan apakah layak segala kerumitan memantau, memelototi monitor-monitor tersebut, dan melakukan analisis dengan mengaplikasikan berbagai macam teori matematika dan statistik rumit itu sepadan dengan keuntungannya? 

Saya punya angka lain untuk membandingkannya.

Kinerja ini datang dari sebuah portofolio investasi dengan strategi pasif mirip investasi berkala. Portofolio tabungan saham anak saya. Saya memberi daftar beberapa perusahaan bagus. Lalu dia memilih perusahaan-perusahaan yang dikenalnya. Ada peretail modern, ada bank swasta yang profitable, dan terakhir produsen cemilan favoritnya. Saya tidak mempengaruhi pilihannya.

Selama periode yang sama, portofolio investasi saham yang dilakukan dengan membeli dan simpan saja itu meraih keuntungan +94,04%.

Dari membandingkan kedua angka itu, saya ingin mengajak Anda untuk berpikir, mari lupakan! Lupakan segala persepsi bahwa untuk sukses di investasi saham itu harus dengan segala kerumitannya.

Sudah, lupakan saja!



Ini adalah salah satu tips yang kami kirim kepada pendaftar Tips Investasi Harian setiap pagi. Kami tidak akan menerbitakan seluruh tips di website. Daftar agar tidak ketinggalan.

Tinggalkan Balasan