Catatan Kopdar Perdana Bolasalju

Posted on

Pada Sabtu, 11 Agustus 2018, Bolasalju sukses menggelar acara kopi darat (kopdar) perdana di Gedung Wisma 76, Slipi, Jakarta. Lancarnya acara ini karena partisipasi dan dukungan peserta.

Saya berangkat dari Stasiun Jurangmangu, Tangerang Selatan, sekitar pukul 7:45 WIB. Kereta tidak terlalu penuh, namun kami harus berdiri sepanjang perjalanan. Turun di Stasiun Palmerah, saya dan tim—istri dan anak saya—menuju ke Gedung 76 dengan menumpang taksi. Kami sampai di sana sekitar pukul 08:30 WIB, lalu mengecek kesiapan ruangan.

Dua peserta datang sebelum pukul 09.00 WIB. Saya berkenalan, ramah tamah, karena acara memang informal. Obrolan kita berubah cepat ke topik investasi. Kemudian satu per satu peserta datang. Berkenalan. Lanjut ngobrol. Peserta yang baru bergabung langsung tertarik diskusi yang sedang berjalan. Peserta datang dari Jakarta, Bandung dan terjauh datang dari Balikpapan, Kalimantan Timur. Ada yang dari Kuningan, Jawa Barat, datang langsung menumpang kereta subuh. Tak terasa obrolan berjalan hangat dan lancar hingga waktu menunjukkan pukul 10.00 WIB. 

Dengan tim Bolasalju 3 orang, total 10 orang hadir di Acara Kopdar pertama ini. Peserta Kopdar akhirnya mengenal pemilik portofolio saham anak dan editor YW. Dari kuota semula 18 orang, satu orang yang mendaftar hadir dan membayar biaya partisipasi tidak bisa datang karena ada acara keluarga. Sembilan orang lainnya membatalkan hadir karena satu dan lain hal.

Tepat pukul 10.00 WIB saya memperkenalkan diri. Saya cerita latar belakang, proses berkenalan dengan dunia investasi, proses belajar, hingga bagaimana atau kenapa memutuskan membuat Bolasalju.

Setelah itu satu per satu peserta saya beri kesempatan memperkenalkan diri. Acara mengalir santai. Terasa dekat. Penuh tawa. Serius, jika membahas investasi. Namun tetap ceria. Sebagai moderator dan penjawab diskusi, saya mempersilakan masing-masing peserta cerita perjalanan investasinya, berapa persen keuntungan dan kerugiannya. Saya tak lupa bertanya bagaimana akumulasi hasil investasinya selama ini. Seru!

Ada peserta yang sudah mengikuti Bolasalju sejak 2011-2012. Ada yang baru tahun lalu. Enam peserta adalah pelanggan Bolasalju. Hanya satu yang bukan, itu pun pembaca lama Bolasalju. Dari awal saya ingin acara Kopdar ini bersifat informal. Komunikasi dua arah. Saya merasa dekat dengan para peserta.

Pengalaman berinvestasi saham peserta sangat bervariasi. Mayoritas sudah lama, sih. Tapi ada juga yang tingkat pemahamannya masih pemula. Saya salut dengan semangat peserta untuk selalu belajar. Jika ingin sukses berinvestasi memang harus terus belajar, setiap saat. Saya juga banyak belajar dari diskusi dengan peserta. Ada yang pernah meraih keuntungan 500%, juga 200%. Ada dua peserta mengaku rugi besar di AISA. Ada yang pernah untung besar, lalu rugi besar, hingga nilai investasi seperti semula. Ada yang masih rugi. Hal yang menggembirakan ternyata semua sudah berpandangan ala value investor. Saya tak perlu meyakinkan apa-apa kepada mereka.

Latar belakang mereka pun beragam, ada yang baru lulus kuliah, ada yang pegawai negeri, bahkan ada yang sudah mengelola dana investasi sendiri. Luar biasa!

Saya merasa terhormat bisa bertemu dengan peserta secara langsung, tidak hanya lewat email atau maya. Mereka yang hadir adalah pembaca dan pelanggan yang selama ini membaca, mengapresiasi, belajar, memberi usulan, mengkritik, mengkoreksi publikasi Bolasalju selama 8 tahun kami hadir menyajikan edukasi dan riset. Saya senang mendengar cerita sukses peserta. Saya juga apresiasi mereka yang cerita tentang kegagalannya berinvestasi. Saya banyak belajar bagaimana memahami masalah dalam operasi kegiatan investasi, dari pemula hingga lanjut. Saya terharu mendengar kesan peserta terhadap Bolasalju. Saya berterima kasih atas harapan dan usulannya.

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 WIB. Sebelum keluar ruangan tak lupa kami mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan.

Setelah keluar ruangan, acara mengobrol masih dilanjutkan di luar ruangan, yaitu di kantin yang letaknya di luar ruang pertemuan. Acara makan sambil ngobrol berlangsung hingga tak terasa 2 jam. Rasanya belum cukup namun kami sepakat membubarkan diri pukul 14.00 WIB. Bolasalju mengucapkan terima kasih kepada peserta Kopdar Perdana Bolasalju.

Peserta Kopdar Perdana

Semoga kami bisa mewujudkan harapan dan usulan peserta agar Bolasalju bisa menghadirkan edukasi dan riset investasi lebih bermutu yang bisa menjangkau segala kalangan, dari pemula hingga lanjutan—sesuai dengan misi Bolasalju membantu masyarakat Indonesia dalam membuat keputusan investasi yang cerdas, menguntungkan, dan berkelanjutan.

Seperti saya bilang ke peserta, kami di Bolasalju berbisnis kebahagiaan, peserta untung Bolasalju juga tumbuh, kita semua bahagia investasi kita tumbuh bersama.

Sampai ketemu dalam acara offline Bolasalju di lain kesempatan.


Diedit oleh YW