Bursa Sepekan Bolasalju

Bursa Sepekan 12 Februari 2018

Terbit

Bursa Sepekan Bolasalju

Bursa Sepekan adalah rangkuman berita emiten dan hal-hal terbaru seputar pasar saham yang penting untuk investor jangka panjang. Saham terkait: PADI, perumahan, dan umum.

Musim Pajak 2018


Akhir Maret 2018 ini adalah batas akhir lapor SPT Tahunan Pajak perseorangan. Bagaimana dengan pajak transaksi saham dan dividen Anda?

Baca panduan: Pajak Transaksi Saham dan Dividen Perusahaan Publik

Rangkuman Berita 5-9 Februari 2018:

  • 7/2 – PT Minna Padi Investama Sekuritas Tbk (PADI) bakal untuk melakukan penambahan modal perusahaan melalui aksi korporasi penawaran umum terbatas dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Sumber: IQPlus
  • 9/2 – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendesak lembaga keuangan nonbank untuk menyerap produk investasi Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP), lantaran hingga akhir 2017 tingkat sekuritisasi pada KPR hanya mencapai 1%. Sumber: Gatra (arsip)
    Komentar:  Membaca berita ini saya seperti dejavu. Seperti yang pernah diceritakan di The Big Short dan Too Big To FailIni di Indonesia. Kejadiannya mirip saat pemerintah AS membentuk badan untuk membantu likuiditas bank kreditor rumah. Gencarnya pertumbuhan dan keserakahan pemain industri ini akhirnya menghempaskan sektor properti di sana.Berimajinasi dikit deh: semua agunan aset sudah disekuritasasi. Tak ada aset bagus yang disekuritasisasi. Penjual sekuritasisasi aset pingin jual apalagi? Masak mereka menganggur. Obligasi nilainya ribuan trilyun ini lho. Komisinya ampun, manisnya gula kalah deh. Bagaimana tidak menggoda. Dibuat lah aset-aset lain yang mirip, dibungkus lagi, digulung lagi, bila perlu yang jelek-jelek juga bisa dijual. Mirip CDS-CDO-subprime mortgage. Bom!

    We’re not afraid to grow. But if take this measure, it’s just too greedy to reach something without learning from the past.

  • 9/2 – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengancam akan menghentikan perdagangan saham 15 emiten yang sejak 2015 belum melaporkan kinerja keuangan, bahkan BEI juga mengancam akan mensuspensi transaksi emiten yang belum merilis kinerja keuangan per akhir September 2017. Sumber: IQPlus
    Komentar: kenapa tidak dihapus dari perdagangan saja? Merepotkan. Aturan harus tegak. Ini bisnis seperti bisa. Delisting juga tidak mempengaruhi perusahaan. Pengaruhnya tentu terasa ke pemegang saham yang rugi telah masuk ke saham-saham mereka. Regulator harus berani ambil keputusan yang tidak menyenangkan agar bursa lebih stabil.
  • 9/2 – Otoritas Jasa Keuangan menyebutkan kredit bermasalah (NPL) perbankan di Bali tahun 2017 mencapai 3,42 persen atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional yang mencapai 2,59 persen. Sumber: antara

Aktivitas Pasar Tak Wajar (Unusual Market Activity):

  1. [06 Feb 2018] Peng-UMA-0008/BEI.WAS/02-2018 (IBFN)
  2. [06 Feb 2018] Peng-UMA-0009/BEI.WAS/02-2018 (INRU)
  3. [25 Jan 2018] Peng-UMA-0007/BEI.WAS/01-2018 (ENRG)

Suspensi:

Bolasalju Sepekan:

 

Numpang Promosi:

 

✓ Saham Pilihan Untuk Investasi Berkala


Beli

Metode investasi berkala adalah strategi investasi yang bisa dilakukan siapa saja dengan usaha minimal dan gampang dilaksanakan. Saham Pilihan Untuk Investasi Berkala dilengkapi hasil simulasi selama 10 tahun di 10 saham.

✓ Lembar Kerja Kinerja Investasi Model Reksadana

Beli

Produk digital (diunduh atau download) ini berisi berkas lembar kerja (spreadsheet) yang bisa digunakan secara langsung untuk mencatat kinerja investasi dengan memakai model reksadana untuk investasi saham. Langsung dan praktis