[caption id=“attachment_269” align=“alignnone” width=“500” caption=“Sebuah Iklan "Bisnis Saham" yang sangat menjanjikan”][/caption]

Di harian Kompas edisi kemarin, saya menemukan iklan bisnis saham seperti di atas. Nama perusahaan, foto, nama sistem, dan mungkin nama branding sengaja saya hitamkan agar tidak mengarah ke seseorang atau sistem tertentu. Yang ingin saya angkat di tulisan ini adalah, andaikan Anda orang awam dan tidak pernah mengetahui apa dunia saham sebelumnya, apakah Anda terpikat dengan iklan tersebut?

Coba kita ulas apa saja yang ditawarkan iklan itu:

  • Anda ingin jadi milyuner? Menurut Bloomberg, banyak orang menjadi jutawan melalui bisnis saham dibanding bisnis lainnya. Catatan saya: perhatiankan kata bisnis saham.
  • Pelajari rahasia berbisnis saham bersama training centre yang bisa menghasilkan uang secara konsisten.
  • Seminar dengan support sistem terbaik di Indonesia dan 6 negara yang menyediakan software untuk (menebak, tambahan saya):
    • saham apa yang harus dibeli
    • harga masuk dan keluar yang jelas
    • penghasilan yang konsisten
  • bergabung dan jadilah member trader professional yang menghasilkan profit tanpa cemas
Baiklah, sebagai seorang investor yang hati-hati dan konservatif, mari kita ulas klaim-klaim tersebut.

Ingin Jadi Milyuner

Sebagai investor hati-hati, salah satu indikator bahwa suatu penawaran mulai tidak masuk akal adalah kesombongan dan pengakuan bahwa mereka bisa membuat orang kaya. Ben Graham, maha investor yang menjadi guru Warren Buffett, yaitu salah satu orang terkaya di dunia, tidak pernah menjanjikan bisa mengubah kliennya menjadi orang kaya. Investor yang hati-hati dan konservatif selalu tahu setiap usaha penuh resiko. Benar bahwa kita harus selalu berpikir pesimis sebelum mengetahui setiap hal. Kita baru boleh yakin setelah mendapatkan data dan angka yang kita percayai.

Ingatlah janji-janji muluk bergaya investasi, peluang bisnis, kerjasama, dan macam-macam istilah lainnya yang menjadikan Anda orang paling kaya di dunia. Sesungguhnya mereka yang menawarkan hal-hal seperti itu kebanyakan tidak benar.

Bisnis Saham

Kemudian pemakaian istilah bisnis saham, sesungguhnya ini salah kaprah. Saham itu bukan bisnis. Investasi saham sesungguhnya memang melibatkan aktivitas jual beli. Seperti aktivtas jual beli lainnya, seseorang yang sukses atau untung adalah yang membeli di harga murah dan menjualnya di harga mahal. Tetapi apakah saham bisa dikatakan bisnis, menurut saya ini kategorisasi yang kurang tepat. Bisa jadi jual-beli (atau investasi) saham itu masuk bisnis, tapi dikatakan bisnis menurut saya bisa membawa kesalahkaprahan belaka dan menyesatkan. Katakan saham sebagai sebuah instrumen investasi, bukan bisnis.

Penghasilan Konsisten

Ingatlah wahai umat manusia, setiap orang dan lembaga yang selalu menjanjikan keuntungan dan penghasilan konsisten adalah hampir selalui mendekati hal-hal yang bersifat penipuan dan kecurangan. Tidak ada seorang manusia pun yang yakin dirinya bisa selalu untung dalam setiap usahanya!!

Sistem dan Software yang Unggul

Mereka bilang sistem atau software ini akan tahu saham apa yang bisa dibeli? Mereka bilang sistem atau software mereka akan bisa bilang kapan bisa keluar atau masuk pada harga saham.

Sama seperti hal penghasilan yang konsisten, ini adalah kebohongan belaka. Para analis yang paling pintar pun sesungguhnya tidak tahu apakah suatu saham akan naik atau turun, bagaimana gerombolan ini bisa mengetahuinya. Lihatlah disclaimer yang selalu ditulis dalam setiap laporan analis yang bisa kita baca tiap hari, mana ada yang bisa memastikan kapan pastinya harga suatu saham atau siapa yang bisa menentukan saham apa yang akan naik atau turun pada hari ini.

Sama seperti hal-hal di atas sebelumnya, orang atau lembaga yang selalu mengatakan kepastian SELALU TERBUKTI cenderung mendekati penipuan atau kecurangan.

Kesimpulan

Tak usah mempercayai iklan tersebut. Dan kalau ada keluarga yang bertanya, jawablah seperti saya berusaha menjawab di atas.

Anda masih tidak yakin? Karena siapa sih saya, dengan latar belakang dan identitas tak jelas. Tapi baiklah, pikirkan dengan akal sehat dan dalam-dalam. Setiap usaha manusia membutuhkan kerja keras, pikiran, dan juga modal. Kalau ada orang atau lembaga yang bilang bisa menghasilkan uang bermilyar-milyar dalam waktu singkat, biasanya mereka adalah penipu. Ingat kasus “investasi forex” atau “investasi” atau “bisnis-bisnis” lain yang selalu menjanjikan keuntungan secara konsisten? Mereka biasanya penipu atau sindikat pengeruk uang masyarakat. Percaya mana Anda pada orang yang mengingatkan Anda berhati-hati atau orang yang menjanjikan Anda untung banyak dalam waktu singkat?

Salam berinvestasi secara hati-hati dan konservatif!


Diterbitkan: 7 Jan 2011Diperbarui: 9 Feb 2022