9 Tahun Bolasalju

9 Tahun Bolasalju

Posted on

Bolasalju ulang tahun pada 1 Desember 2019 lalu. Selamat ulang tahun ke-9 Bolasalju, usia menginjak remaja. Namun kami rasanya baru memulai pada 2017 lalu. Ikuti kilas balik setahun terakhir dan juga soal perubahan penting Ide Bolasalju ke depan.


https://www.youtube.com/watch?v=LUo2-El-aY8


Kilas Balik 2019

Sejak 2010, saat di Indonesia belum banyak situs dengan label “value investing”, kami sudah berusaha mempraktikkan filosofi investasi nilai dengan berbagi langkah nyata investasi. Pembaca tahu bagaimana kami belajar, melakukan kesalahan, menikmati kesuksesan, dan berapa keuntungan kami. Hingga sekarang pun Anda bisa memantau kinerja kami berdasarkan langkah investasi nyata dalam berbagai portofolio. Kami percaya prinsip walk the talk, menganut paradigma investasi yang konservatif dengan perspektif jangka panjang, serta proses evaluasi dan belajar terus menerus akan menyelamatkan dan memberi keuntungan bagi kita semua. Itulah prinsip dasar dari kegiatan dan layanan kami yang akan kita pegang ketat.

Dari masa anonim sejak 2010 hingga 2013, lalu aktif lagi pada 2016 hingga layanan komersil sejak 2017, Bolasalju telah menerbitkan 954 artikel. Jumlah artikel banyak tapi kami rasa masih sedikit mengingat kami sudah menerbitkan hingga 478 artikel hingga akhir 2013. Kami memang sudah berdiri sejak 2010, tapi kami sesungguhnya baru mulai. Inilah kilas balik Bolasalju.

Edukasi

  • Artikel: Kami telah menerbitkan 63 artikel selama tahun 2019. Variasi artikel mulai dari pengumuman, edukasi, transkrip podcast, dll.
  • Analisa: Sejumlah total 27 analisa telah dipublikasi setahun terakhir. Kami berharap bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas analisa, khususnya setelah ada rencana perubahan konsep analisa untuk Ide Bolasalju (baca juga bawah).
  • Podcast: Kami mempublikasikan podcast Investor Cerdas sejak Oktober 2018, sebuah medium publikasi melalui audio di internet yang bisa diakses melalui Apple Podcasts, Spotify, dan Google Podcasts. Podcast ini sudah berjalan setahun lebih dengan mempublikasikan total 53 episode hingga 16 Desember 2019. Kami mendapat respon yang baik dari pendengar, termasuk lebih dari 6.000 followers di Spotify dan ribuan di platform lainnya. Terima kasih tidak terhingga kami mendapat kehormatan bisa mewawancarai beberapa tokoh investasi Indonesia termasuk Pak Budi Hikmat dari Bahana TCW dan Pak Winston Sual dari Panin Asset Management. Dan tentu saja, terima kasih terbanyaka kepada pendengar podcast.
  • Kelas Offline: Selama 2019 kami mengadakan dua kali kegiatan kelas offline, yaitu di Semarang dan Jakarta. Ini juga pengalaman dan model baru edukasi yang kami coba. Semoga ke depan kami semakin bisa lebih baik menyelenggarakan kelas seperti ini.
  • Kelas Online: Kami membuka kelas online menabung saham sejak akhir tahun 2018 dan memperbaiki materinya pada awal tahun. Kami akan berusaha meningkatkan kualitas materi, penyajian, dan kuantitas kelas sehingga misi edukasi kami bisa berjalan lebih baik lagi.
  • Webinar: Format baru edukasi dan komunikasi investasi. Kami telah mencoba webinar perdana pada 22 Desember 2019 lalu.
  • Kegiatan: Pada 2019 kami berpartisipasi dalam Indonesia Value Investor Forum 2019 pada Juli 2019 di Jakarta. Founder Bolasalju diundang menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan ini bersama pembicara lainnya. Ini adalah pengalaman pertama kami berpartisipasi dalam kegiatan publik. Silakan didengar obrolan kami dengan penyelenggara di episode podcast ini.

Membership

  • Ide: Kami menerbitkan 9 ide (bagian analisa dengan keputusan menjadi ide investasi) selama setahun ini. Jumlah yang tidak banyak, karena kami fokus untuk mengejar kualitas dan kinerja. Selain itu, kami konsep ide berasal dari analisa dengan alasan value yang rasional dan punya batas pengaman yang cukup.
    • KINERJA: Ide Bolasalju memperoleh kinerja 8,21% hingga hingga November 2019, atau sekitar 12,37% (hingga per 23 Desember 2019). Karena saat ini belum berakhir, saya kira belum waktunya mengevaluasi kinerja.
    • IDE LOLOS: Salah satu saham dalam Ide, yaitu IDE #06 BTPS (Bank BTPN Syariah) telah melampaui target harga yang kami tetapkan pada 25 April 2019 lalu dengan perolehan kinerja total +52,97% atau rata-rata keuntungan 42,51%. Jika seseorang tetap menyimpan sahamnya, seperti yang saya pribadi lakukan hingga sekarang, di harga terakhir Rp4.240 (23/12/2019), investor bisa memperoleh keuntungan total 168,4%. Kami akan terus berusaha mencapai pencapaian target dengan fokus kinerja jangka panjang.
  • Perubahan Membership dan Ide Bolasalju mulai 2020: Sejak dimulai pada 2017, konsep keanggotaan bergeser dari akses analisa terproteksi hingga Ide Bolasalju sejak Mei 2018. Seperti diumumkan dalam artikel Perubahan Mekanisme Ide Bolasalju Mulai 1 Januari 2020, konsep analisa dan Ide akan berubah mulai tahun depan. Perubahan membership adalah:
    • Analisa Terproteksi (hanya member yang bisa membaca analisa kami), akan menyajikan analisa saham, sektor, industri, dan lainnya terkait investasi.
    • Ide Bolasalju, yaitu analisa-analisa yang kami tetapkan bisa menjadi sebuah ide investasi. Dengan konsep ini jumlah Ide Bolasalju akan makin banyak. Analisa bisa lebih ringkas dan lebih pendek. Kami tidak harus menetapkan apakah ada langkah investasi atau tidak.
    • Portofolio Virtual Ide Bolasalju, ini adalah semacam portofolio dengan dana awal Rp100 juta untuk melakukan langkah investasi virtual dari Ide Bolasalju yang tersedia. Dengan mengikuti Portofolio Virtual dan Ide Bolasalju pelanggan akan bisa belajar dan mendapat inspirasi sebagai pertimbangan langkah investasi. Portofolio dimulai dengan modal dana virtual Rp100 juta dan tidak ditambah lagi. Semua biaya, kerugian, keuntungan akan menjadi faktor kinerja. Biaya komisi dan pajak juga akan dikalkulasi. Jadi mirip langkah nyata.
    • Perbedaan dengan konsep sebelumnya:
      • Sebelumnya setiap “langkah investasi” (mirip beli/jual) harus didukung oleh sebuah analisa. Masalahnya kadang persiapan membuat analisa bisa memakan waktu (kadang berbulan-bulan) dan seringkali kita tertinggal harga saham yang keburu naik.
      • Mulai 2020 analisa untuk Ide Bolasalju hanya akan meliput analisis tentang emiten apakah punya preposisi value atau tidak.
      • Kami berharap dengan perubahan konsep ini secara obyektif: (1) kami bisa menerbitkan Ide Bolasalju lebih banyak tanpa harus mengambil posisi investasi. (2) Anggota Premium bisa membaca lebih banyak Ide Bolasalju
      • Langkah portofolio virtual ini mirip dengan apa yang kami lakukan selama 2010-2013, namun menggunakan konsep virtual, sehingga bisa berbeda gaya investasi dan posisi dengan posisi investasi pribadi kami.

Layanan Lain

Kami juga mengelola akun portofolio mitra dalam skema managed account. Tapi kami tidak menawarkan layanan ini ke publik dan sifatnya masih terbatas. Portofolio mitra juga dipantau dalam kinerja.


Kami berharap perubahan konsep membership mulai 2020 bisa memberi edukasi dan inspirasi bagi investor yang ingin belajar dan mempraktikkan langkah investasi dengan paradigma value investing secara lebih percaya diri. Learn and practice value investing with confidence.


Dari semua uraian di atas tentu masih ada kekurangan yang bisa dirasakan pembaca, pendengar, pelanggan, peserta, dan mungkin rekanan kami. Kami mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga kami terus bisa meningkatkan kualitas layanan dan edukasi ke depan.

Terima Kasih

Terima kasih telah menjadi pembaca, pengunjung, pendengar, peserta kelas offline/online, pelanggan, pengikut Facebook, Twitter, YouTube, dan khususnya menjadi member Bolasalju—sejak awal hingga 9 tahun ini. Karena Anda kami bisa terus berkarya, berbagi, dan tentu saja terus belajar memperbaiki diri kami agar kita semua bisa menjadi investor sukses.

Tidak ada banyak perubahan tata letak di website Bolasalju pada tahun ini. Mungkin kita coba tahun depan untuk memperbaiki beberapa hal. Kami masih berusaha menyempurnakan layanan keanggotaan, memperbanyak artikel, analisa, dan memperbaiki konten dan konsep kelas online.

Jika ada pertanyaan, keluhan, kritik, dan pertanyaan. Jangan sungkan untuk mengontak kami.

Selamat Berlibur!

Selamat liburan kepada Anda semua. Selamat Natal bagi yang merayakan. Selamat Tahun Baru 2020!

Semoga kesuksesan, kesehatan, dan kebahagian menyertai kita semua.