Posted on 4 Komentar

7 Tahun Bolasalju.com

Selamat ulang tahun ke-7 Bolasalju.com!

Aneh rasanya mengucapkan ulang tahun kepada sebuah entitas yang kau ciptakan sendiri. Entitas, seperti makhluk hidup, ada lahir, besar, dan kemudian mati. Jangan berpikir macam-macam dulu. Kita putar ulang sejenak apa yang terjadi selama tujuh tahun berlalu.

1 Desember 2010. Malam mendekati pukul sembilan, dia mantapkan klik beli domain bernama bolasalju.com ini. Semua karena keputusan mantap untuk berinvestasi mandiri dan terinspirasi dari Snowball, biografinya Warren Buffett.

Tanpa mengungkap identitas, Bolasalju.com dia rencanakan untuk berbagi kegiatan investasinya. Kenapa saham A menarik, bagaimana cara riset, kapan membeli, apa alasan jual, apakah untung atau rugi. Semua terbuka.

Anda akan tahu alasan dia menyembunyikan identitasnya saat itu. Tidak punya latar pendidikan keuangan. Tidak punya sertifikasi pasar modal dari tanah air atau dari luar negeri. Dia jelas tak punya posisi di sebuah institusi keuangan.

Dia mungkin merasa malu. Ataukah tidak percaya diri? Tapi kenapa dia tetap memberanikan diri dan yakin membuat situs investasi bolasalju.com? Apakah dia terlalu naif bahwa dunia investasi tak sesederhana yang dibayangkannya?

Seorang programmer dan desainer mantap berinvestasi saham sendiri. Seperti mimpi.

Tapi dia tidak melulu bermimpi. Dia bukan orang spekulatif dan cenderung takut rugi. Dia  bermimpi bisa menggelindingkan dana keluarga agar menjadi besar, seperti efek bola salju. Dia tak mau dana keluarga hanya untuk spekulasi belaka.

Satu-satunya jawaban adalah karena dia percaya investasi nilai. Paradigma sederhana membeli saham di bawah nilai intrinsiknya, lalu menjualnya jika sudah melampaui nilainya. Ia percaya keyakinan ini akan membawanya selamat di dunia investasi.

Setelah itu menjadi sejarah yang diwakili oleh angka-angka ini:

  • Total 478 artikel telah terbit sampai akhir 2013
  • Hampir 300 artikel terbit setelahnya
  • Ada sekitar 270-an artikel terproteksi (analisa dan riset)
  • Berawal dari 13 ribu pengunjung setahun pada 2010
  • Terakhir kami pantau sudah 28 ribu tayang per bulan. Sebulan saja!
  • Pada akhir tahun ini kami akan memecahkan rekor 1 juta tampilan

Dari proyek iseng, ingin berbagi, hingga menjadi seperti ini. Rasanya berkahnya tak terkira bagi dia. Bolasalju memberinya pelajaran berhaga, juga persahabatan dengan banyak orang. Dia juga mendapat banyak ilmu: dari tak tahu laporan keuangan hingga berusaha mencari kecurangannya. Selain berkah investasinya sendiri.

Terima kasih telah menjadi pembaca, pengunjung, pelanggan, pengikut Facebook, Twitter, YouTube, dan khususnya menjadi member Bolasalju—sejak awal hingga 7 tahun ini.

* * *

Sangat nyaman rasanya bercerita diri sendiri memakai kata ketiga.

Saya Arif Widianto, pendiri dan pengelola Bolasalju, mengucapkan terima kasih kepada Anda, salah satu angka yang menyumbang sejuta titik pengalaman berharga selama 7 tahun ini.

Setahun terakhir banyak perubahan di Bolasalju.com.

Sejak April lalu ada skema berbayar di Bolasalju untuk memberi kesempatan pembaca mendukung Bolasalju. Terima kasih sudah menjadi member. Nama-nama member akan selalu kami ingat sebagai pendukung awal kami.

Sudah 7 bulan sistem membership berjalan. Tampaknya upaya ini tak mampu untuk mendukung operasional Bolasalju. Ada biaya hosting, yang saya kira terjangkau. Juga ada biaya lisensi sistem. Biaya yang tak bisa dihitung adalah biaya sumberdaya IT dan riset, yang selama ini saya terjun sendiri. Sementara itu saya tetap harus bekerja untuk menghidupi keluarga.

Namun, jangan khawatir, Bolasalju belum mati. Sampai detik ini saya yakin dia belum akan saya matikan.

Saya tetap tertarik menekuni dunia investasi saham. Menjadi investor nilai. Apalagi ada mimpi mengelola hedge fund kecil-kecilan. Ah mimpi lagi..

Jadi, gimana Bolasalju selanjutnya? Tak usah dipikirkan dulu. Yang pasti kami tetap ingin memenuhi janji kepada member sampai langganan selesai. Ijinkan kami berpikir sebulan lagi. Semoga awal tahun depan sudah ketemu bagaimana caranya.

Mari bergembira dulu. Mari rayakan hari ulang tahun Bolasalju yang tahun ini berbarengan dengan hari lahir Nabi Muhammad SAW. Selamat Maulid Nabi. Selamat Ulang Tahun ke-7 Bolasalju.com.

Salam,

Arif Widianto
Arif Widianto, dari Jepara

4 komentar di “7 Tahun Bolasalju.com

  1. Semoga di usia 7 Tahun ini Bolasalju semakin sukses dan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk cerdas berinvestasi.

    1. Terima kasih pak Sugiyanto.

  2. Maju terus ya Pak Arif.. Semoga bola salju semakin sukses dan semakin menginsipirasi.. Amiin.. 🙂

    1. Terima kasih, pak Hermawan.

Komentar ditutup.