Setelah berbagi dan menguji sendiri dari hasil perjalanan investasi riil, akhirnya kami bisa bagikan bahwa fokuslah ke enam hal ini agar investasi Anda tenang, nyaman, dan sukses.

Kurikulum Kursus Bolasalju intinya 6 tema berikut ini. Total durasi 9 jam lebih.

6 Hal Agar Sukses dan Tenang Berinvestasi Saham
6 Hal Agar Sukses dan Tenang Berinvestasi Saham

Awal Kursus ini dibentuk, kurikulum kami awalnya 5 tema. Jadi hanya nomor 1-4 dan 6.

Ini cerita kenapa hal itu berubah sejak tahun 2020-an.

Kami percaya lima materi (1-4) ditambah studi kasus yang pernah kami lakukan dari saham riil (materi 6) akan memberi edukasi yang cukup untuk berinvestasi saham jangka panjang.

Fokus kursus kami simpel: Jika Anda berjalan di prinsip investasi yang benar, maka Anda bisa berinvestasi saham dengan nyaman dan tenang.

Materi 1 & 2 mengajarkan prinsip dan kerangka kerja investasi ala Bolasalju.

Kami di Bolasalju mengajukan dua model pilihan investasi yang bisa dilakukan:

(1) Berinvestasi secara awam atau pasif. Hanya pilih saham-saham terkenal dan kuat. Diversifikasi. Buy and hold. Inilah yang terjadi di Portofolio Alpen. Alpen terbukti telah mengalahkan LQ45 sejak diinisasi.

(2) Berinvestasi secara aktif, cerdas, dan hati-hati. Inilah kaidah investasi nilai (value investing) ala Bolasalju yang cocok untuk mereka yang serius. Karena harapan return-nya besar, maka risikonya juga besar. Inilah yang kami lakukan di Portofolio Carstensz.

Maka, setelah paham prinsip berinvestasi, bekal lanjutan adalah: Anda harus bisa memahami laporan keuangan (materi ke-3) perusahaan dan tahu cara analisa dan melakukan valuasi (materi ke-4). Ada spreadsheet valuasinya juga.

Saat penyampaian materi kursus terjadilah crash 2020. Ada video kami di YouTube bahwa portofolio kami turun -42% di bulan itu.

Setelah itulah kami menambahkan materi Rencana & Alokasi Portofolio (materi ke-5). Ini materi unik yang pasti jarang Anda jumpai. Materi ini datang dari pengalaman kami mengarungi crash bursa Maret-April 2020.

Alhamdulillah, kami lancar mengarungi crash pandemi tahun 2020 itu. Porto keluarga pak Arif naik 26,43%. Di tahun 2021 kami membentuk Portofolio Carstensz.

Materi studi kasus (ke-6) menambahkan sentuhan analisa-analisa kami yang telah lolos dan bagaimana kami mengalaminya.

Fokuslah akan pembelajaran riil. Anda bisa mengujinya sendiri dengan dana pengujian investasi yang ketat, baik besarnya, tambahan dananya, serta strateginya. Dengan cara itu Anda bisa menghindari risiko jika perjalanan investasi tidak berjalan lancar. Belajarlah secara jujur dan serius dari pembelajaran Anda sendiri.

Karena mayoritas investasi saham akan sukses dalam jangka panjang, maka belajarlah selama minimal 5 tahun. Anda bisa mempelajarinya dari perjalanan model portofolio riil Bolasalju jika ingin menghemat dan mempercepat pembelajaran itu.

Itulah sekilas pengenalan materi Kursus Bolasalju sekaligu mengenalkan enam hal utama agar sukses dan tenang berinvestasi saham.

Itu semua bekal yang wajib bagi mereka yang serius. Apakah investor awam yang santai bisa berinvestasi saham dengan tenang dan nyaman? Tentu bisa, dengan sedikit batasan dan risikonya. Hal itu bisa dipelajari di model investasi cara pertama di atas atau apa yang kami lakukan di Portofolio Alpen.


Terima kasih bagi yang sudah mendaftar mentoring “Pede Berinvestasi Saham”. Program akan kami mulai 2 September 2024 dengan webinar pertama Sabtu, 7 September 2024.

Kita akan bahas dan diskusikan materi Kursus dan bagaimana kami berinvestasi di Alpen dan Carstensz via webinar dan Grup Telegram.


Diterbitkan: 28 Aug 2024Diperbarui: 28 Aug 2024