Semen Indonesia (SMGR)

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, sebelumnya bernama PT Semen Gresik (Persero) Tbk, merupakan perseroan yang bergerak di bidang industri semen. Diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957 oleh Presiden RI pertama, perseroan memproduksi semen dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen per tahun.

Profil

  • Terdaftar di bursa sejak 8 Juli 1991
  • Jumlah saham beredar 5,93 miliar lembar
  • Pemegang saham perusahaan adalah: Pemerintah RI (Menteri Keuangan) 51,01%%; dan publik 48,99%. Sejumlah 78% dari saham publik dimiliki oleh institusi asing.
  • Kontak:
    • Alamat: The East Tower, 18th Fl., Jln. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Kav. E.3.2 No. 1, Jakarta – 12950
    • Telpon: (021) 526-11745, (031) 398-17312
    • Situs: http://semenindonesia.com
    • Surat-e: corp.sec@sg.sggrp.com

Perseroan memproduksi semen utama tipe Portland Tipe II-V dan semen campur. Semen Indonesia adalah gabungan dari Semen Padang, Semen Gresik, dan Semen Tonasa, dengan ruang lingkup seluruh wilayah Indonesia. Perseroan mempunyai kepemilikan 69% di Thang Long Cement, dan mengoperasikan pabrik di Vietnam. Juga 69% kepemilikan di An Phu Cement. Beberapa anak usaha perseroan memproduksi beton, mengelola kawan industri, kontraktor, perdagangan umum, memproduksi bahan pendukung konstruksi, serta anak usaha yang beroperasi di pertambangan.

Konstribusi segmen non-semen hanya menyumbang 2,9% persen dari seluruh total pendapatan, meski kenaikannya cukup menarik, di atas 20%. Pasar perseroan terbesar di Jawa sebesar 46,9%, luar Jawa 48%, dan luar negeri 5,2%.

Analisa Fundamental

Analisa ringkas diolah dari data Laporan Keuangan Tahunan 2011-2015 dan Laporan Keuangan September 2016. Beberapa statistik jangka panjang seperti CAGR, rata-rata, atau pertumbuhan statis, dalam jangka lima tahunan. Klik grafik untuk melihat versi lebih besar.

Sruktur dan Kekuatan Keuangan

Laju pertumbuhan majemuk disetahunkan (CAGR) selama periode 5 tahun berturut-turut adalah: aset 14,18%; liabilitas 16,25%; dan ekuitas 13,43%.

Per September 2016, rasio lancar tercatat 1,44 kali; sementara itu rasio liabilitas terhadap ekuitas (DER) tercatat 0,42 kali; rasio liabilitas jangka panjang terhadap aset lancar adalah 0,48 kali.

Dari rasio-rasio di atas, menurut hemat saya, struktur keuangan SMGR cukup kuat, meski dalam jangka panjang liabilitas tumbuh lebih besar dibanding aset dan ekuitasnya.

Laba

Rata-rata laju pertumbuhan majemuk disetahunkan (CAGR) masing adalah: pendapatan 10,47%; laba bruto 7,29%; laba operasional 2,83%; dan laba bersih 2,87%.

SMGR adalah pemimpin pasar perusahaan semen di bursa dengan penjualan tahunan 50% dari seluruh penjualan tahunan perusahaan semen.

Persediaan dan Arus Kas

Selama periode 2011-2015: akumulasi arus kas operasi positif Rp29,59 triliun, akumulasi arus kas untuk investasi minus Rp4,84 triliun, dan arus kas untuk pendanaan minus Rp2,55 triliun. Bisa kita hitung arus operasinya jauh lebih besar dibandingkan kombinasi investasi dan pendanaan. Sementara itu porsi investasi dibanding operasi juga kecil.

Penutup

Aksi Korporasi

Perseroan tak pernah absen mengirim dividen untuk pemegang sahamnya. Ada sekali right issue pada 1995 dan pemecahan saham pada 2007.

Harga Saham dan Dividen

Sebagai BUMN, tiap tahun perseroan rajin mengirim dividen untuk pemegang sahamnya, yang mayoritas dimiliki oleh pemerintah Republik Indonesia. Sekitar 40%-50% laba disebar sebagai dividen, dengan kupon diskon per tahun rata-rata di posisi 2,74%.

Saham SMGR ketika tulisan ini disiapkan ditutup di harga Rp9.100,- per lembar.

  • Price Earning Ratio (PER) posisi 12,00 kali
  • PBV pada posisi 1,90
  • PEG 1,94
  • Menilik PER di posisi 12 kali, investor cukup berharap pertumbuhan laba tahunan 12% saja akan membuat SMGR menjadi investasi yang menarik. Sayangnya CAGR laba jangka panjangnya di kisaran 2,87%, jadi masih jauh dari harapan. Hal ini bisa dikonfirmasikan dari PEG yang hampir mencapai 2 kali, jadi sahamnya saat ini sudah dijual cukup mahal.
  • Saya kira SMGR adalah saham yang sudah mapan, pertumbuhan dan luas lingkup usahanya sudah terbentuk, sehingga saya kira ruang tumbuhnya terbatas (tidak seperti perusahaan baru). Bisa dianalogikan ruang tumbuh SMGR akan seiring dengan perkembangan rencana infrastruktur Indonesia. Sebagai BUMN konsistensi dividennya cukup menarik, dengan kupon rata-rata 2,71% dalam lima tahun terakhir. Selama lima tahun terkhir, ruang gerak saham SMGR di kisaran 14-19 laba per sahamnya. Bila Anda tipe investor yang cukup puas dengan pendapatan dividen dari saham mapan dengan jaminan pemerintah RI sebagai mayoritas pemegang sahamnya, saya kira SMGR cukup pantas menjadi investasi di harga Rp9.100 per lembar (12 kali laba) hingga Rp11.450 (15 kali laba). Nanti ketika sahamnya dijual mendekati 19 kali laba, Anda bisa melepas sebagian, lalu membelinya lagi ketika rasio labanya masuk batas bawah. SMGR akan menjadi investasi yang cukup menjaga portofolio Anda, meski dalam sejarah krisis, saham SMGR juga pernah dijual di kisaran 9.81 laba pada 2009, setelah sebelumnya dijual di kisaran 18 kali laba pada 2008.
  • Memegang sebagian kecil saham mapan akan cukup menjaga kesehatan portofolio investasi di masa sulit. Memang tidak harus SMGR, karena masih banyak saham mapan lainnya, misalnya: JSMR untuk di sektor infratstruktur dan INDF di sektor makanan, GGRM di rokok, dan masih banyak saham lainnya. Komposisi saham mapan bagi investor konservatif, rasionya bisa dijaga 30%-60% dari portofolio. Bagi investor agresif bisa dijaga 10%-30% portofolio.
  • Sejak penutupan 2010 hingga harga terakhir, saham SMGR naik 21,19% saja. Bisa kita lihat, itulah risiko memegang saham mapan, ruang pertumbuhan sahamnya pun terbatas. Tapi menjajikan hal-hal lain yang saya sebut di atas tadi.

 

Peringkat Bolasalju™ adalah pengukuran kualitas investasi dengan tiap kategori menandakan penilaian paling rendah dengan skala 1 hingga skala 4 tertinggi.

Sanggahan: Hak Cipta © 2017 Bolasalju, untuk seluruh materi analisa, data, grafis, dan teks. Materi faktual diperoleh dari sumber resmi yang dipercaya kebenarannya dan disediakan tanpa jaminan apa pun. PENERBIT TIDAK BERTANGGUNGJAWAB ATAS KESALAHAN ATAU KEKURANGAN DI SINI. Publikasi ini khusus untuk kepentingan pembaca/pelanggan sendiri, non-komersil, penggunaan pribadi. Tidak ada bagian dari tulisan ini yang boleh direproduksi, dijual kembali, disimpan, atau ditransmisikan dalam bentuk cetak, elektronik, atau bentuk lain, atau digunakan untuk menciptakan atau memasarkan segala bentuk publikasi cetak dan elektronik lainnya, jasa atau produk.

Ini bukan saran investasi. Segala keputusan investasi adalah tanggungjawab Anda sendiri. Penulis tidak mempunyai posisi investasi dan tidak berencana berinvestasi di emiten ini hingga 72 jam setelah tulisan ini dimuat.

Logo dan gambar produk-produk adalah milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, ditangkap layar dari Laporan Tahunan yang dipublikasikan perseroan.

Tinggalkan Balasan