[caption id=“attachment_690” align=“alignright” width=“300” caption=“Tampilan situs KSEI dengan informasi singkat saham AALI (klik untuk memperbesar)"][/caption]

Mendapatkan informasi mutakhir itu penting. Pada jaman dulu usaha mendapatkan informasi ini bisa memerlukan usaha dan uang banyak. Jadi beruntunglah investor pada jaman ini. Ada beberapa broker yang mempublikasikan laporan dan analisis mereka tentang perusahaan secara gratis. Namun publikasi broker biasanya terbatas, selain karena faktor terbatasnya jumlah periset, juga cakupan perusahaan yang perlu dianalisis dari seluruh perusahaan di bursa (400-an lebih) membuat analis harus fokus, biasanya hanya perusahaan yang terdaftar pad adaftar LQ45. Syukurlah masih banyak sumber informasi alternatif lainnya. Untuk mendapatkan informasi ini pun kita tidak perlu keluar uang lagi. Ada data dan rekaman keuangan  perusahaan, rasio-rasio penting dalam valuasi saham, analisis, grafik historis saham, dan lain-lain.

Berikut adalah alat dan website yang membantu untuk kegiatan investasi:

Portal IDX: http://www.idx.co.id

Ini adalah pusat informasi bagi investor pasar modal di Indonesia. Di sinilah rumah Bursa Efek Indonesia (BEI), salah satu institusi yang mengatur bursa saham di Indonesia di bawah pengawasan Bapepam-LK. Anda bisa mendapatkan banyak informasi di situ ini, mulai dari: sejarah bursa saham Indonesia, informasi BEI, Informasi perusahaan tercatat, pengumuman dan dokumen perusahaan, riset Pefindo, juga panduan berinvestasi saham. Sebelum masuk investasi saham pastikan menengok portal ini. Apalagi kalau sudah masuk dunia saham, situs inilah yang selalu saya buka hampir tiap hari hanya untuk mencari informasi seputar investasi yang saya kelola, apakah ada pengumuman korporasi, dividen, dan sebagainya. Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan (tahunan dan triwulan) juga bisa didapatkan di sini.

Untuk membuka informasi saham tertentu, masukkan kode atau nama perusahaan di kotak pencarian. Berikut contoh tampilan informasi saham Indofood (INDF) pada halaman Pengumuman:

[caption id=“attachment_687” align=“aligncenter” width=“300” caption=“Tampilan informasi saham Indofood di situs BEI (klik untuk memperbesar)"][/caption]

KSEI & KPEI: http://www.ksei.co.id dan http://www.kpei.co.id

Dua lembaga ini adalah bagian dari Self Regulatory Organization termasuk BEI. Dua lembaga ini membantu BEI dalam penyimpanan dan penyelesaian efek. Di sinilah perputaran uang transaksi di bursa diolah. Meski agak bersimpangan, beberapa informasi di BEI juga ada di KSEI dan KPEI. Tapi mungkin mereka akan saling melengkapi. Di KSEI inilah kita bisa mendapatkan fasilitas AKSes, yaitu sebuah sistem untuk mengecek keakuratan transaksi yang kita lakukan, apakah benar broker kita menyetorkan/melakukan transasksi sesuai dengan yang kita lakukan.

Reuters Stocks: http://www.reuters.com/finance/stocks/

Ini adalah sumber informasi utama saya untuk mendapatkan data emiten secara ringkas dan cepat. Cara pemakaiannya cukup memasukkan kode saham di kotak pencarian.  Misalnya untuk mencari data PT Univeler Tbk, kita tahu kodenya UNVR. Sebagai kode di sistem Reuters, kita perlu menambahkan .JK, maka  kode lengkapnya akan jadi UNVR.JK. Alamat lengkapnya akan menjadi sepert ini:

http://www.reuters.com/finance/stocks/overview?symbol=UNVR.JK

Di halaman itu kita mendapatkan banyak informasi, tapi yang penting adalah informasi pada halaman Overview, halaman Charts, dan halaman Finance. Data Reuters juga bisa diakses melalui applikasi iPhone mereka, namun fasilitas dan kemudahannya kurang bagus.

[caption id=“attachment_689” align=“aligncenter” width=“300” caption=“Tampilan informasi situs saham Reuters menampikan saham Unilever (klik untuk memperbesar)"][/caption]

Yahoo Finance Stocks: http://finance.yahoo.com/

Ini adalah sumber informasi kedua saya untuk melihat harga saham secara aktual dan mudah. Untuk membuka halaman data saham, tata caranya mirip dengan Reuter, kita harus tambahakan kode .JK pada akhir kode saham. Jadi untuk membuka halaman informasi saham Unilever alamat lengkapnya akan seperti ini:

http://finance.yahoo.com/q?s=UNVR.JK

Selain itu ada fasilitas alert, yaitu pengingat bila saham mencapai harga tertentu. Syaratnya kita harus menjadi anggota Yahoo.  Di halaman informasi saham tersebut, lihat menu kanan bawah, di bawah Toolbox. Klik menu Set Alert for UNVR.JK untuk membuat pengingat. Di halaman pengingat ini kita bisa membuat banyak pengingat.

Aplikasi Stocks di iPhone

Bagi pengguna iPhone atau iPod Touch, Apple menyediakan aplikasi Stocks yang sangat berguna untuk memantau harga saham secara aktual. Selain itu aplikasi ini juga mempunya tampilan grafik sejarah saham yang menarik, caranya miringkan iPhone/iPod Touch posisi mendatar, lalu sentuh layar ke kiri-kanan mengikuti periode yang diinginkan. Kode yang dimasukkan sama dengan kode Yahoo di atas.

[caption id=“attachment_686” align=“aligncenter” width=“480” caption=“Contoh tampilan aplikasi Stocks di iPhone”][/caption]

Aplikasi Bloomberg di iPhone dan iPad.

Aplikasi ini adalah favorit saya di iPhone dan iPad. Aplikasi ini juga punya sejarah grafik saham. Ada juga faislitas untuk memantai keuntungan investasi kita, meski sangat sederhana. Grafiknya lumayan panjang, sampai lima tahun. Pada informasi saham, miringkan alat, maka kita bisa melihat grafik sejarah harga saham. Kode yang dimasukkan agak beda, yaitu memakai akhiran :IJ, jadi untuk Unilever akan menjadi UNVR:IJ. Contoh tampilan aplikasi Bloomberg:

[caption id=“attachment_688” align=“aligncenter” width=“320” caption=“App Bloomberg di iPhone menampilkan saham PT Telkom”][/caption]

Itulah sekilas situs dan alat penunjang investasi yang saya ketahui. Bila ada informasi dan alat lain, saya akan memutakhirkan halaman ini atau membuat tulisan baru.

Selamat berinvestasi.


Diterbitkan: 9 Jun 2011Diperbarui: 9 Feb 2022