Yth Pembaca Blog BolaSalju.com,

Sesuai dengan niat awal pendirian blog ini dimaksud sebagai catatan dan rekam jejak saya pribadi dalam berinvestasi khususnya di pasar modal. Rekam jejak dan catatan ini saya kira akan berguna pada waktu 5 atau 10 tahun mendatang ketika saya akan mengevaluasi kinerja investasi saya, apakah saya memang telah sesuai dengan platform dan cita-cita rencana keuangan yang ingin saya capai. Jadi saya ulang, cita-cita dan pendirian blog ini adalah murni untuk tujuan pribadi semata. Namun, karena blog ini sifatnya publik, saya menyadari bahwa ada orang lain yang membaca blog ini.

Dalam pandangan saya, isi blog ini nanti akan bervariasi, mulai dari catatan, pikiran, rekaman transaksi, dan hal-hal lain yang mungkin belum saya pikirkan saat ini. Perihal pemuatan transaksi dan hubungannya dengan emiten tertentu, sekali lagi saya mengingatkan agar pembaca menengok kembali halaman Disclaimer yang telah saya tulis beberapa bulan lalu dan belum berubah hingga saat ini, berikut kutipannya:

Saya tidak bertanggungjawab terhadap kesalahan orang lain yang diakibatkan mengikuti isi blog ini, namun saya bertanggungjawab terhadap kesalahan yang dilakukan saya sendiri. Kesuksesan orang akibat mengikuti blog ini tidak berarti terkait dengan isi blog ini melainkan karena keputusan dari orangnya masing-masing.

Setiap orang bertanggungjawab terhadap keputusan investasi masing-masing. Saya hanya senang bisa mengungkapkan pandangan-pandangan saya tentang dunia investasi dan semoga itu berguna bagi orang lainnya, secara langsung atau tidak langsung.

Sebagaimana secara sekilas telah saya ungkapkan dalam tulisan-tulisan di blog ini secara terpotong-potong dalam berbagai tulisan dan belum terangkai dalam sebuah halaman utuh, pandangan dan horizon investasi saya adalah berikut:

  • Teladan investasi saya adalah Benjamin Graham dan murid terpandainya Warren Buffett
  • Horizon investasi saya adalah jangka panjang
  • Visi investasi saya cenderung konservatif dan lebih mencari margin pengaman terbaik
  • Menghindari rugi sejauh-jauhnya
  • Basis gaya investasi saya adalah investasi nilai
  • Meski tidak menutup mata pada ambil untung jangka pendek, tapi saya tidak akan dan tidak ingin mencoba gaya investasi jangka pendek
  • Saya tidak akan dan tidak ingin mencoba short-selling
Meski demikian, karena saya masih belajar, ada kalanya langkah transaksi saya di pasar modal masih salah dan terlalu spekulatif. Tapi saya memetika pelajaran dari langkah-langkah kesalahan saya sebelumnya, seperti pada akhir 2010-an dahulu, dan saya berusaha mengindarinya dalam langkah investasi berikutnya. Saya akan selalu berusaha secara jujur, terbuka, dan secepatnya untuk memuat langkah-langkah investasi yang saya lakukan di pasar modal. Pembaca bisa mengecek performa, perilaku, watak investasi saya melalui catatan-catatan di kategori Transaksi secara langsung dan gamblang. Kalau saya membeli, saya pasti akan mencatakannya. Kalau saya menjual, saya akan melaporkannya beserta perhitungan realisasi rugi/untung. Di waktu mendatang, saya juga akan melaporkan performa tahunan investasi, agar saya dan pembaca bisa belajar dari sana.

Sekali lagi, dalam blog ini saya ingin mengajak pembaca untuk berinvestasi, bukan berspekulasi. Berinvestasi adalah mempercayai apa yang kita belanjakan PASTI untung, dengan menjaga pembelian pada harga yang DIPERCAYAI MURAH dan menjualnya pada harga yang DIPERCAYAI MAHAL. Saya lihat ada banyak komentar masuk di blog ini dan banyak yang bernada spekulatif. Untuk itu, tugas saya dalam mengingatkan pembaca sudah saya laksanakan dalam tulisan ini. Ingat, secara statistik langkah-langkah spekulatif selalu berbuah buruk, ia akan susah untuk keluar bila rugi, dan ia akan berbuah keuntungan yang tidak seberapa bila performa saham menunjukkan ke angka yang lebih baik.

Demikian pengingat dari saya. Tulisan ini juga mengingatkan saya kembali agar saya tidak spekulatif.

Salam berinvestasi!

-Bola Salju


Diterbitkan: 6 May 2011Diperbarui: 9 Feb 2022