Referensi Resmi Regulator Bursa Indonesia

Untuk mendapatkan informasi data saham, dianjurkan untuk selalu menggunakan sumber referensi resmi terlebih dahulu. Sebagai sumber inti, sumber referensi resmi bisa dijamin keakuratannya. Data dari sumber resmi itu tersedia gratis. Asal Anda punya internet pasti bisa memanfaatkannya setiap saat.

Portal IDX

http://www.idx.co.id

Inilah rumah Bursa Efek Indonesia (BEI), salah satu institusi yang mengatur bursa saham di Indonesia. Anda bisa mendapatkan banyak informasi di situs ini: sejarah bursa saham Indonesia, informasi BEI, Informasi perusahaan tercatat, pengumuman dan dokumen perusahaan, riset Pefindo, panduan berinvestasi saham, juga pengumuman korporasi, dividen, dan sebagainya. Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan (tahunan dan triwulan) juga bisa didapatkan di sini.

Untuk membuka informasi saham tertentu, masukkan kode atau nama perusahaan di kotak pencarian. Berikut contoh tampilan informasi saham Indofood (INDF) pada halaman Pengumuman:

Tampilan informasi saham Indofood di situs BEI (klik untuk memperbesar)

KSEI & KPEI

http://www.ksei.co.id dan http://www.kpei.co.id

Bagian dari triumvirat Bursa Efek Indonesia, KSEI dan KPEI adalah bagian dari Self Regulatory Organization yang mengatur bursa ini. Maka, menengok dua situs ini juga perlu. Dua lembaga ini membantu BEI dalam penyimpanan dan penyelesaian efek. Meski agak bersimpangan, beberapa informasi di BEI juga ada di KSEI dan KPEI.

Beberapa halaman dari KSEI yang berguna:

  • AKSes — ini adalah portal untuk mengecek aset investasi dan dana kelolaan kita. Kalau diibaratkan kita menyuruh broker sebagai pelaksana jual beli, AKSes adalah gudang kita. Melalui gudang ini kita bisa mengecek apa broker benar-benar melaksanakan apa yang kita perintahkan, baik jual/beli saham, atau menyimpan dana di rekening kita. Selalu cek gudang investasi Anda secara rutin.
  • Pengumuman Pembagian Dividen Tunai
  • Pengumuman RUPS/RUPO — Rapat Umum Pemegang Saham/Rapat Umum Pemegang Obligasi
  • Pengumuman Distribusi Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD atau rights issue)