Global Mediacom (BMTR)

BMTR

PT Global Mediacom Tbk (BMTR) adalah perusahaan yang tercatat di sektor perdagangan, jasa, dan investasi. Perusahaan saat ini fokus di bidang media. Entitas awal perusahaan berdiri pada 1982. Awalnya bernama PT Bimantara Citra Tbk, dulunya merupakan gurita bisnis keluarga Cendana melalui tangan Bambang Trihatmodjo. Setelah pengalihan kepemilikan ke grup Bhakti pada 2002, pada 2007 perusahaan berganti nama menjadi PT Global Mediacom Tbk. Global Mediacom menguasai 69,5% saham PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) dan 66,5% saham PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY). MNC Sky Vision adalah dikenal sebagai penyedia siaran televisi satelit berbayar Indovision, Top TV, dan OkeVision. Perusahaan juga mempunyai anak usaha di bidang new media, home shopping, dan infrastruktur media. Pemegang saham BMTR adalah PT Bhakti Investasi Tbk (BHIT) 39%, PT Bhakti Investasi Tbk melalui UBS Singapura 9,91%, dan dan publik 51,09%.

Analisa Fundamental

Analisa ringkas di bawah merujuk pada data laporan keuangan tahunan yang diterbitkan perusahaan. BMTR belum melaporkan laporan keuangan interim K1-2013. Harga saham BMTR ketika tulisan ini disiapkan ditutup di harga Rp2.500 per lembar.

Prospek Jangka Panning

Kinerja yang bagus dan terlihat ada peningkatan. Laba bersih turun pada 2009, tapi kemudian bisa diperbaiki di tahun-tahun selanjutnya.

 

BMTR-labarugi

Perusahaan mampu meningkatkan dan menjaga margin laba hingga 14,55% pada 2012 lalu.

BMTR-marginlaba

Pertumbuhan BMTR terlihat fluktuatif. Pertumbuhan pesat pada 2010 terjadi karena kinerja 2009 perusahaan sesungguhnya turun, sehingga peningkatannya sangat fantastis.

BMTR-pertumbuhan

Rata-rata ROA lima tahun terakhir 3,36%. Rata-rata laba dibanding ekuitas (ROE) lima tahun 6,45%. Catatan ROA dan ROE tahun 2012 adalah 6,5% dan 12,36%.

BMTR-rasiolaba

Sruktur dan Kekuatan Keuangan

Meski kinerja tahunannya meningkat stabil, peningkatan aset signifikan hanya terlihat pada 2012 saja, hal ini tercermin dalam lima tahun aset perusahaan naik 45,74%. Sementara itu dalam rentang waktu sama: liabilitasnya juga naik 41,93%, dan ekuitas naik 49,37%. Bagi saya hal ini kurang menarik karena banyak bisnis lain yang peningkatan aset, penurunan liabilitas dan kualitas peningkatan ekuitasnya jauh lebih baik.

BMTR-neraca

Aset lancar dibanding hutang lancar terpelihara di atas skala 2 (dua), saya kira cukup bagus. Rasio hutang jangka panjang dibanding aset lancar juga di bawah skala 0,3, sangat bagus. Sementara itu DER perusahaan selalu terjaga di bawah 1.

BMTR-rasiokeuangan

Perilaku Manajemen

Dalam lima tahun ada pembagian dividen empat kali. Dividen terakhir yang ditetapkan pada RUPS pada 30 April 2013 lalu sebesar Rp24 per lembar saham. Dividen ini setara dengan yield 0,96% dibanding harga saham terakhir. Seperti induknya BHIT, ada beberapa konversi saham karyawan dan manajemen pada 2011 dan 2012. Ada beberapa right issue pada 2004 dan pada tahun ini (detailnya belum diumumkan). Juga ada penerbitan saham baru tanpa hak memesan bagi pemilik saham lam.

Valuasi dan Penutup

Rasio PER BMTR saat tulisan ini disiapkan di posisi 26,89. Sementara itu PBV 3,32. Rasio PEG di kisaran 0,35. Valuasi menggunakan metode arus kas terdiskon sederhana yang bisa diperoleh investor, harga wajar saham BMTR di posisi Rp606-Rp1.688, dengan asumsi pertumbuhan antara 12%-15%, dividen antara 10%-30% laba, dan EPS pesimis hingga paling optimis.

Menurut saya, saham BMTR di harga terakhir ini sudah terlalu mahal. Apalagi melihat kemungkinan dilusi yang terjadi dari aksi konversi saham melalui opsi saham bagi karyawan dan manajemen. Juga adanya peluang dilusi dari penerbitan saham baru tanpa hak memesan terlebih dahulu.

Sanggahan: analisa fundamental hanya membahas data yang tersedia dari publikasi laporan keuangan. Analisa bersifat kuantitatif dan sangat ringkas, tidak bersifat menyeluruh dan tidak termasuk bahasan bisnis, sektor, maupun analisa mikro perusahaan. Angka valuasi bukan merujuk pada angka seharusnya, bukan angka realistis, juga bukan angka prediksi naik/turun harga saham. Harga saham selalu fluktuatif sesuai keinginan pasar. Gunakan tulisan ini sebagai edukasi dan diskusi saja. Penulis tidak menjamin kebenarannya. Tulisan ini bukan merupakan saran investasi, silakan hubungi jasa investasi profesional untuk mendapatkan nasihat investasi. Segala keputusan investasi adalah tanggungjawab Anda sendiri. Penulis tidak mempunyai posisi investasi dan tidak berencana berinvestasi di emiten ini hingga 72 jam setelah tulisan ini dimuat

Tinggalkan Balasan