Asuransi Dayin Mitra (ASDM)

ASDMAsuransi Dayin Mitra Tbk (ASDM) adalah sebuah perusahaan asuransi umum.

  • Didirikan sejak 1982
  • Tercatat di bursa sejak Desember 1989 (sangat lama!)
  • Mempunyai 10 kantor cabang di: Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Bandar Lampung, Bandung, Makassar, Denpasar, Samarinda, dan Solo.
  • Mempunyai 4 kantor pemasaran: Cirebon, Balikpapan, dan Tangerang.
  • Produk asuransi: Dayin Rumah, Rayin Mobil, Dayin Usaha, Dayin Travelmate, dan Dayin Media.
  • Memperoleh penghargaan Best General Insurance 2011-2012 oleh Majalah Media Asuransi untuk kategori ekuitas 100-250 miliar
  • Susunan pemegang saham: PT Equity Development Investment Tbk 74,25%, PT Mandiri Maju Perkasa 8,09%, dan masyarakat 17,66%.

Analisa Fundamental

Analisa di bawah merujuk pada data laporan keuangan K3-2012 yang diterbitkan perusahaan dan juga laporan tahunan. Harga saham ASDM pada penutupan 15 Januari 2013 di posisi Rp730 per lembar.

Prospek Jangka Panjang

ASDM-marginlaba

Pengukuran prospek diukur berdasarkan kriteria-kriteria berikut:

  • Tidak ada defisit dalam 5 tahun terakhir: terpenuhi (dengan catatan). Pada 2007 perusahaan pernah membukukan laba usaha negatif 2 miliar, tapi karena ada pendapatan dari investasi, jadilah laba bersih masih positif.
  • Pertumbuhan laba: ada kenaikan laba lebih besar, setidaknya rata-rata lima tahunan 17%, Graham menentukan 30% untuk investor defensif: terpenuhi. Rata-rata kenaikan laba selama lima tahun terakhir (termasuk proyeksi 2012) adalah 64,73%. Lumayan tinggi bahkan dibanding emiten asuransi lainnya. Empat tahun buku terakhir (2008-2011), ASDM selalu mencatatkan kenaikan laba bersih di atas 50%.

ASDM-growth

  • Rasio pengembalian atas aset (ROA) selama lima tahun rata-rata 3,46%. Ada perbaikan kenaikan ROA secara konsisten, meski persentasenya sedikit. ROA 2011 (tertinggi) tercatat 6,59%.
  • Sementara itu perbandingan pengembalian atas ekuitas (ROE) selama lima tahun terakhir rata-rata tercatat 8,08%. Dari tahun ke tahun ROE ASDM mengalami pertumbuhan cukup stabil.

Sruktur dan Kekuatan Keuangan

ASDM-neracafinansial

Kriteria pengukuran melihat parameter berikut:

  • Aset lancar setidaknya 2 kali hutang lancar: tidak dihitung (karena emiten finansial).
  • Hutang sebaiknya tidak lebih dari 2 kali ekuitas (DER kurang dari 2x): terpenuhi (dengan catatan). Rata-rata DER perusahaan selama lima tahun terakhir ada 1,35. DER 2011 tercatat 1,26 sementara DER 2012-P tercatat 1,67. Bila kita ingat Keputusan Menteri Keuangan No. 424/KMK.06/2003, Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi setiap saat wajib memenuhi tingkat solvabilitas paling sedikit 120 % (seratus dua puluh perseratus) dari risiko kerugian yang mungkin timbul. Maka menurut aturan ini perusahaan belum memenuhi persyaratan solvabilitas.

Perilaku Manajemen

Perusahaan selalu membagikan dividen selama lima tahun terakhir, dan menurut sejarah memang demikian. Jumlah dividen terakhir sebesar Rp52,5 per lembar saham atau setara yield 7,19%. Lumayan tinggi. Apakah faktor dividen ini yang menggerogoti ekuitas perusahaan? :)

Valuasi

  • PER kurang dari 15x: terpenuhi. Merujuk EPS K3-2012 yang disetahunkan sebesar 132,29, maka PER tercatat 5,52.
  • Harga saham: kurang dari 120% nilai buku (PBV kurang dari 1,2): terpenuhi. Kapitalisasi pasar: Rp140 miliar. Nilai buku perusahaan: Rp156 miliar. Maka harga saham dibanding nilai buku tercatat 0,9x.
  • Kriteria investasi Margin of safety (MoS) rata-rata 30% untuk perusahaan mapan, MoS di atas 50% untuk perusahaan berkembang: terpenuhi.
    • Menggunakan metode valuasi Ben Graham, harga wajar ASDM dengan asumsi pesimis—EPS 113,54—harganya di posisi Rp1.809 (diskon 147% dari harga saat ini) hingga asumsi optimis—EPS 132,29—harganya di posisi Rp2.108 (diskon 188%).
    • Menggunakan metode Arus Kas Terdiskon (Discounted Cash Flow), dengan asumsi pesimis—pertumbuhan 12%, rasio pembagian dividen 10% dari laba, dan EPS 113,54—harga wajarnya di posisi Rp935 (diskon 28,15% dari harga saat ini), dengan asumsi optimis—pertumbuhan 15%, rasio pembagian dividen 30% dari laba, dan EPS 132,29—harga wajarnya di posisi Rp1.740 (diskon 138,42% dari harga saat ini).
    • Menggunakan valuasi PEG yang dikenalkan Peter Lynch, dengan PER 5,52 dan pertumbuhan EPS rata-rata selama lima tahun sebesar 65%, maka rasio PEG ASDM tercatat 0,09. Angka ini menunjukkan indikasi harga saham masih sangat memadai dibanding potensi pertumbuhan yang ada.

Penutup

Kinerja emiten masih menarik, tapi bila dibandingkan emiten asuransi lainnya rasanya biasa saja. Satu faktor pengukur yang saya gunakan adalah pertumbuhan aset dan ekuitas. Aset ASDM tumbuh 77% selama lima tahun (2007-2011). Sementara itu ekuitas tumbuh 40,38%. Artinya perusahaan kurang begitu berhasil menaikkan nilai buku perusahaan.

Dalam rentang waktu sama selama lima tahun, sebagai pembanding: 1) ABDA asetnya tumbuh 309% dan ekuitasnya tumbuh 285%; 2) AMAG asetnya tumbuh 188% dan ekuitas tumbuh 280%; 3) bahkan AHAP pun aset tumbuh 180% dan ekuitas tumbuh 141%. Jadi, kalau rata-rata pertumbuhan laba ASDM cukup bagus, lalu di mana hasil pertumbuhan itu tercermin? Nilai buku atau ekuitas adalah jiwa dari keberhasilan sebuah usaha. Bila usaha lima tahun tapi modal awal hanya tumbuh 40%, sementara pesaing bisa tumbuh ratusan persen lebih, apa guna? Kemungkinan sahamnya bisa tidak tumbuh pula.

Melihat catatan di atas saya kira kekuatan keuangan perusahaan perlu dipertanyakan dan dikritisi. Menggunakan parameter perusahaan umum DER memang kurang dari 2, tetapi ini adalah perusahaan asuransi, faktor hutang seharusnya kecil. Bila ada hutang besar, itu perlu dipertanyakan komposisi dan kepentingannya untuk apa. Ingat, valuasi fantastis tidak berguna bila ekuitas tidak tumbuh optimal, atau aset tidak bertambah, sehingga kekuatan keuangan perusahaan justru melemah.

Hal lain, menurut laporan BEI, secara volume perdagangan saham ASDM pada posisi 355 dari 463 emiten terdaftar. Ini termasuk peringkat menengah-belakang dan tidak likuid. Jumlah transaksi selama setahun saja nilainya tercatat Rp4 miliar saja. Jadi, bila tertarik sektor asuransi, menurut saya lihat dan pelajari pesaing ASDM terlebih dahulu.

Emiten ini diusulkan oleh @djatigumilang. Terima kasih.

Sanggahan: analisa fundamental hanya membahas data yang tersedia dari publikasi laporan keuangan. Analisa ini tidak bersifat menyeluruh dan tidak termasuk bahasan bisnis, sektor, maupun analisa mikro perusahaan. Angka valuasi bukan merujuk pada angka seharusnya, bukan angka realistis, juga bukan angka prediksi naik/turun harga saham. Harga saham selalu fluktuatif sesuai keinginan pasar. Angka ini adalah kalkulasi menggunakan berbagai formula yang diciptakan oleh orang yang disebutkan di atas. Gunakan tulisan ini sebagai edukasi dan diskusi saja. Penulis tidak menjamin kebenarannya. Tulisan ini bukan merupakan saran investasi, silakan hubungi jasa investasi profesional untuk mendapatkan nasihat investasi. Segala keputusan investasi adalah tanggungjawab Anda sendiri. Penulis tidak mempunyai posisi investasi dan tidak berencana berinvestasi di emiten ini hingga 72 jam setelah tulisan ini dimuat.

Tinggalkan Balasan