Setelah tahu pentingnya menentukan kriteria perusahaan yang bisa dipilih sebagai investasi, masalah lain adalah bagaimana cara kita bisa menyaring empat ratus lebih emiten yang ada di Bursa Efek Indonesia tersebut sesuai kriteria-kriteria tersebut? Investor tentu ingin cara yang mudah dan efisien, apalagi di era komputerisasi dan pusat data yang sudah terintegrasi ini, apa mungkin ini dilaksanakan?

[caption id=“attachment_2078” align=“aligncenter” width=“500” caption=“Screener FT”][/caption]

Ternyata bisa. Bila sekuritas Anda menyediakan fasilitas seperti itu, Anda bisa memanfaatkannya. Bagi investor yang sekuritasnya tidak punya fasilitas seperti itu (seperti sekuritas saya), ada cara murah dan juga mudah, yaitu memakai fitur Screener yang disediakan oleh situs FT.com (Financial Times). Ini adalah fasilitas gratis dari FT, alias tersedia tanpa syarat. Syarat minimal hanya terdaftar sebagai anggota di situs tersebut. Paling tidak hingga tulisan ini ditulis masih gratis. Jadi manfaatkan saja. Tulisan ini akan memandu para pembaca yang awam dengan fasilitas ini.

1. Buka situs Screener FT yang beralamat di: http://markets.ft.com/screener/customScreen.asp Tampilannya seperti gambar di atas.

2. Dari layar utama halaman Screener itu Anda bisa melakukan dua hal ini:

  • Memilih menggunakan Screener terdefinisi
  • Atau memasukkan parameter Screener Anda sendiri
3. Menggunakan Screener Terdefinisi

Klik menu tautan “FT predefined screens” atau gunakan alamat ini: http://markets.ft.com/screener/predefinedScreens.asp

Di halaman ini Anda akan menjumpai beberapa pilihan penyaringan saham menggunakan parameter terdefinisi dari beberapa investor terkenal, pilihannya tak kurang dari Benjamin Graham, Warren Buffett, metode GAARP, dan kriteria Martin Zweig. FT hanya menyediakan empat saringan terdefinisi ini karena mereka terbukti sebagai parameter penyaringan saham berbasis indikantor fundamental yang unggul. Sebenarnya Buffett tidak pernah menulis kriteria-kriteria khusus pilihan sahamnya. Kriteria di FT ini dibuat berdasarkan interpretasi editor FT atas pilihan saham Buffett, juga dari komentar dan tulisannya yang selama karir investasinya.

Kali ini kita coba menggunakan parameter Warren Buffett, klik menu tautan View Screen Criteria.

4. Memasukkan Parameter Penyaringan

Dalam menggunakan kriteria terdefinisi atau kriteria Anda sendiri, tata cara memasukkan parameter atau mengeditnya hampir sama. Jadi Anda bisa menggunakan petunjuk ini untuk kedua menu di atas.

4.1 Parameter Regional Focus

[caption id=“attachment_2081” align=“aligncenter” width=“490” caption=“Pilih Fokus Regional Indonesia”][/caption]

Anda harus mengatur fokus penyaringan hanya di area Indonesia. Caranya, klik menu Asia Pacific. Kotak daftar negara di kanan kemudian akan berisi nama-nama negara di Asia Pasifik. Lalu klik Indonesia. Lihat contoh gambar di atas. Hasil akhirnya adalah peta Indonesia akan berisi tanda titik merah dan juga daftar saham Cumulative Matches akan berubah menjadi 436 (jumlah emiten BEI pada saat tulisan ini dibuat).

4.2 Fokus Sektor

[caption id=“attachment_2082” align=“aligncenter” width=“500” caption=“Pilihan Sektor”][/caption]

Bila Anda menggunakan parameter terdefinisi, biasanya pilihan sektor akan terisi otomatis. Bila Anda menggunakan pilihan sendiri, silakan pilih sektor pilihan. Misalnya, untuk menghindari emiten perbankan, maka Anda bisa mengabaikan sektor finansial tapi pilih sektor lainnya. Bila Anda memilih sektor tertentu, maka hasil kumulatif emiten pilihan otomatis akan termutakhirkan berdasarkan pilihan tersebut. Contoh, dengan menggunakan kriteria terdefinisi dari Buffett, ternyata pilihan emiten turun menjadi cuma 410 saja dari total 436 emiten yang ada.

4.3. Parameter Emiten Lainnya

Bila Anda menggunakan kriteria penyaringan terdefinisi, Anda bisa melupakan hal ini karena yang Anda lakukan hanya mencontoh penyaringan saja. Bila Anda menggunakan kriteria sendiri atau ingin mengubah kriteria terdefinisi agar sesuai dengan kriteria yang  Anda inginkan, silakan ubah kriteria-kriteria yang ada di bagian ini.

[caption id=“attachment_2083” align=“aligncenter” width=“500” caption=“Pilihan Kriteria Penyaringan Lainnya”][/caption]

Ada dua cara untuk mengubah kriteria penyaringan parameter ini:

  • Menggunakan tetikus (mouse), silakan gerakkan tombol pegangan (slider) yang ada di kriteria tersebut. Lihat panah pada tulisan Gerakkan di atas. Kriteria kiri adalah batas minimal. Batas kanan adalah batas maksimal. Angka nominal batas minimal dan maksimal akan langsung ditunjukkan di layar. Pada tampilan di atas kriteria kapitalisasi pasar adalah minimal 104,7 M  (million, atau jutaan Poundsterling) dan batas maksimalnya adalah 315,3 B (billion, milyar poundsterling). Anda bisa mengubah parameter basis kurs dengan menggunakan pilihan Pound, US Dollar atau Euro di atas.
  • Mengubah menggunakan teks, silakan isi langsung parameter di kotak isian. Pada contoh parameter Dividen Yield di atas, kriterianya adalah persen. Maka Anda bisa masukkan kriteria minimal 1 atau 1%, kriteria maksimal tidak diisi maka dianggap tidak ada. Artinya Screener akan mencari saham dengan dividend yield minimal 1%. Saham dengan dividend di bawah itu tidak akan ditampilkan.
Dari dua pilihan parameter terlihat jumlah emiten tersaring turun dari 410 menjadi 220 setelah masuk saringan kapitalisasi pasar. Lalu setelah disaring melalui dividen yield, jumlahnya turun lagi menjadi 84 saja.

4.4. Melihat Hasil Saringan

Bila Anda sudah yakin dengan semua kriterianya maka Anda bisa melihat hasilnya. Pastikan apakah semua kriteria tersebut sesuai dengan ekspektasi perusahaan yang Anda cari. Pastikan fokus Anda, apakah pada pertumbuhan jangka panjang, kriteria pertumbuhan jangka pendek, kriteria dividen, kriteria solvabilitas atau kemampuan bertahan perusahaan dari membayar hutang. Bila sudah yakin, klik tombol View xx Matches di bawah layar seperti di bawah ini. Bila kriteria yang ada masih kurang Anda bisa memasukkan kriteria tambahan lainnya.

[caption id=“attachment_2084” align=“aligncenter” width=“500” caption=“Melihat hasil penyaringan saham”][/caption]

Contoh hasil saringan emiten terlihat seperti di bawah ini:

[caption id=“attachment_2085” align=“aligncenter” width=“500” caption=“Contoh hasil saringan saham menampilkan dua perusahaan”][/caption]

Sekali lagi, ini hanya contoh. Saya tidak merekomendasikan Anda untuk memilih dua saham yang tampil di atas, yang kebetulan keduanya masuk dalam portofolio investasi saya. Dengan cara ini Anda bisa mendapat gambaran bahwa menyeleksi saham bisa dilakukan dengan cara murah dan mudah.

Penutup

Penyaringan saham adalah satu tahap untuk mendekatkan diri pada perusahaan pilihan. Tahapan lain yang paling penting adalah meriset saham tersebut, mencari fakta, data, profil, dan cerita dari perusahaan tersebut. Semua untuk melihat potensi dan juga menghapus keraguan akan investasi Andadi perusahaan tersebut.

Selamat menyaring saham pilihan dan selamat berinvestasi!


Diterbitkan: 19 Apr 2012Diperbarui: 9 Feb 2022