Membicarakan seorang Warren Buffett memang tak ada habisnya. Legenda investasi kita ini belum lama menyatakan dengan tegas tidak tertarik emas dan lebih memilih saham. Buffett pernah bilang ia lebih suka memegang 9 perusahaan setara Exxon, dimana nilainya setara dengan seluruh emas di bumi beserta cadangannya yang belum diambil.

Nah, kegiatan lain yang suka saya lakukan adalah memperhatikan bagaimana pergerakan portfolio Warren Buffett. Tidak. Saya belum ingin masuk bursa Amerika kok. Tetapi dari mempelajari portfolio Buffett saja kita bisa belajar banyak tentang cara dan strategi investasinya. Kali ini kita coba lihat bagaimana portfolio Buffett di akhir 2011. Ternyata ada banyak perkembangan baru di sana. Apa saja ya? Mari kita lihat.

Seperti kita ketahui, Buffett dikenal enggan berdekatan dengan perusahaan berbasis teknologi. Tapi di masa tuanya, tampaknya toleransi dengan perusahaan teknologi semakin cair. Pada 2006, Li Lu, value investor dari Cina, mengenalkan Berkshire dengan perusahaan pembuat baterai dan kemudian mobil elektronik BYD di Cina. Ini perkenalan awal Buffet dengan teknologi.

Pada 2011 perkenalan Buffett dan Berkshire semakin banyak dengan teknologi, terlihat dari posisi besarnya pada akhir 2011 lalu. Mungkin ini juga disebabkan sedikitnya saham-saham Amerika yang murah, atau juga karena pengaruh dan bisikan beberapa manajer investasi lain. Meski saya ragu Buffett bisa dipengaruhi karena ia selalu menganalisa sendiri saham-sahamnya dan keputusan selalu darinya sediri. Kecuali para manajer investasi itu bisa memberinya tawaran yang benar-benar menarik. Baru-baru ini ia membeli dan menambah posisi di beberapa saham berbasis teknologi, seperti IBM (11%), Intel (24%), dan DirecTV. Dia juga menambah beberapa saham lain yang baru seperti DaVita dan Liberty Media. Uniknya ia melepas total kepemilikannya di Exxon, mungkin karena peluang dan bisnis yang terlihat banyak tantangan dari sisi politik dan ekonomi. Tapi Buffett masih memegang kepemilikan favoritnya yang terbesar di Coca Cola, yang nilainya sekarang sudah 14 milyar dolar, padahal ia membelinya beberapa puluh tahun lalu pada harga 1 milyaran.

Sumber berita: TheStreet Portfolio Buffet: Daftar Saham Warren Buffett di GuruFocus

Ah itulah Buffett, selalu banyak hal yang bisa kita pelajari darinya. Selamat berakhir pekan!


Diterbitkan: 17 Feb 2012Diperbarui: 9 Feb 2022